10 Genre Film, Kamu yang Suka Nonton Harus Tau!

Hampir semua orang di dunia ini suka menonton film. Selain menghibur, menonton bisa membuat orang seperti masuk ke dalam dunia baru. Hal ini bisa menjadi terapi untuk mereka yang merasa penat dan lelah karena pekerjaan berat yang dijalani. Meskipun memiliki hobi menonton, sudahkah kamu tahu apa saja jenis genre film yang kerap kamu lihat ? Jika belum, baca uraian di bawah ini !

Macam-Macam Jenis Genre Film

1 Komedi

gambar 1 - genre movie komedi

Gaya humor dan lucu sangat ditekankan pada genre ini. Tujuan utama film adalah untuk menghibur dan membuat orang tertawa. Jalan ceritanya mudah dimengerti dan ringan. Contoh film komedi di antaranya adalah My Stupid Boss, Ngenest, dan Warkop DKI.

2 Action atau Laga

gambar 2 - genre action laga jackie chan

Cerita di dalamnya tidak jauh-jauh dari pertarungan dan adu kekuatan fisik. Pemain di dalamnya biasanya didominasi oleh pria. Untuk kamu yang tidak suka melihat orang berkelahi, disarankan untuk tidak menonton film ini. Contoh film action misalnya The Raid dan film-film Jackie Chan.

3 Horror

Genre ini adalah yang paling menakutkan. Di dalamnya berisi misteri, mistis, dan juga hantu. Saat ini horror sering dicampurkan dengan genre lain supaya tidak melulu menegangkan, misalnya saja film hantu Thailand seperti Pee Mak. Di Indonesia sendiri, film horror yang paling legendaris adalah yang diperankan oleh Suzzana.

4 Romance

Film romance selalu mengisahkan hubungan percintaan dan perjalanan dua orang pasangan menjadi satu dengan rintangan yang didramatisir. Ada Titanic yang diadaptasi dari kisah nyata, Heart yang pernah booming di tahun 2000-an, dan masih banyak lainnya.

5 Fantasy

Menceritakan dunia khayal dan selalu mengajak penontonnya untuk berimajinasi ke dunia lain. Salah satu film fantasy yang menyita perhatian dunia adalah Harry Potter, hingga pada sekuelnya yang ke tujuh masih menjadi film yang selalu mendapat penghargaan. Contoh lainnya adalah Avatar, The Hobbit, dan Percy Jackson.

6 Adventure

Mengangkat tema petualangan yang bisa mengajarkan penontonnya untuk tidak mudah menyerah dan selalu survive dalam menjalani kehidupan. Apapun halangan dan rintangan yang ada harus dihadapi hingga titik darah penghabisan. Beberapa film adventure terkenal adalah Into the Wild, Cast Away, In the Heart of the Sea, dan 127 hours.

7 Science Fiction

Jenis genre film ini menggabungkan antara ilmu pengetahuan dan hal lain yang bersifat fiksi atau tidak nyata. Bahkan seolah-olah setelah menontonnya, Kamu akan merasa lebih pintar. Beberapa film science fiction terkenal antara lain Interstellar, Balde Runner 2049, Gravity, dan Inception.

8 Musikal

Dalam film ini biasanya para pemain akan bernyanyi dan menari di bagian-bagian tertentu. Biasanya pada part konflik, anti klimaks, dan di akhir. Contoh film musikal adalah The Greatest Snowman dan La La Land, Another Cinderella Story, dan Dawai 2 Asmara milik Indonesia.

9 History

Pada genre ini, cerita yang diangkat merupakan peristiwa sejarah atau mengenai seseorang yang memiliki peran besar dalam sejarah. Misalnya adalah GIE, Sang Pencerah, Kartini, dan Jenderal Soedirman. Film-film tersebut memuat konten pendidikan, pengetahuan, dan nilai-nilai kehidupan yang nyata.

10 War

Sebagian besar jalan cerita pada genre war adalah mengenai peperangan. Berbeda dengan action yang mengandalakan kekuatan fisik, film-film war menyangkut kekuasaan dan perebutan wilayah. Contohnya adalah Merah Putih, Special Forces, Green Zone, dan American Sniper. Bahkan beberapa di antaranya diangkat dari sisa-sisa kisah sejarah.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi