10 Ide Konten YouTube yang Paling Banyak Diminati

0

Apa yang membuat sebuah konten Youtube menjadi viral dengan ratusan ribu, bahkan jutaan penonton? Pernahkah kamu penasaran, kenapa satu video bisa mendapatkan lebih banyak penonton daripada video lainnya? Saya akan memberi tahumu sebuah rahasia kecil. Yaitu, tidak semua video YouTube itu sama! hehe…

Tapi itu benar. Ada berbagai jenis video Youtube dan beberapa jenis video berperforma lebih baik daripada yang lain, terlepas dari siapa yang merekam video tersebut. Menurut Mediakix, agensi pemasaran influencer teratas, 3 jenis video YouTube teratas adalah sebagai berikut:

Video Ulasan Produk

ads by posciety

Video ulasan produk adalah video di mana pengguna YouTube menguji suatu produk dan kemudian memberi pemirsa mereka gambaran tentang spesifikasi dan pengalaman mereka dengan produk tersebut. Video ulasan produk adalah video yang paling banyak dilihat. Think With Google memperkirakan bahwa 50.000 tahun video ulasan produk Youtube telah ditonton di ponsel saja dalam dua tahun terakhir.

Video How-To

Video How-to atau yang lebih dikenal dengan video tutorial ini dibuat oleh Youtuber yang ahli di bidang tertentu, dalam topik mulai dari fotografi hingga kimia, yang kemudian mengajari audiens mereka cara melakukan hal-hal tertentu. Jenis video populer lainnya, Think With Google memperkirakan bahwa pengguna 3x lebih mungkin menonton video tutorial Youtube daripada membaca instruksi produk yang sebenarnya.

Channel YouTube Posciety juga termasuk ke dalam kategori ini, channel-nya menyajikan video-video tutorial seputar teknologi yang sampai saat ini sudah memiliki subscriber lebih dari 26 ribu.

Vlog

Vlog adalah jenis video populer dan disebar luas yang dapat ditemukan di hampir semua saluran Youtube. Vlog biasanya melibatkan Youtuber yang berbicara di depan kamera tentang topik tertentu dan dapat berkisar dari video sederhana yang berfokus pada YouTuber hingga video yang dicampur dan diedit dengan animasi, gambar, dan banyak lagi.

Dengan membuat jenis video ini di YouTube, kamu dapat meningkatkan peluangmu untuk menumbuhkan subscriber dan, tentu saja, penghasilanmu.


Sekarang setelah kamu mengetahui lebih banyak tentang berbagai jenis video dan topik apa yang sedang hangat di Youtube, mari kita lihat 10 konten Youtube yang paling banyak diminati dan akan membantu mu meningkatkan jumlah subscriber dan pendapatan mu.

1. Video Ulasan Produk

Tidak mengherankan, ulasan produk berada di bagian atas daftar kami. Sebagai jenis video #1 yang paling banyak ditonton di YouTube, video ulasan produk dapat menarik banyak subscriber baru yang mungkin belum menemukan channel mu.

2. Video Peluncuran Produk

Video peluncuran produk adalah cara yang efektif bagi Youtuber untuk menggalang dukungan untuk produk mereka yang akan datang serta mendapatkan lebih banyak subscriber. Peter McKinnon, seorang fotografer di YouTube, mencapai lebih dari 300.000 viewers pada video peluncuran produknya untuk paket preset Lightroom barunya. Kamu juga dapat menambahkan tautan di YouTube ke produkmu, mirip dengan cara Peter menautkan ke toko Sellfy-nya, sehingga memudahkan subscriber menemukan produk mu dan menghasilkan penjualan yang lebih tinggi.

3. Video Pendidikan

Video pendidikan adalah jenis video yang berfokus dalam mendidik audiens mu tentang subjek atau topik tertentu. Agar kamu dapat merekam video pendidikan, kamu tentu harus terlebih dahulu memastikan bahwa kamu tahu apa yang kamu bicarakan. Orang ingin belajar dari para ahli–jika kamu hanya mengulangi informasi yang kamu temukan di Google, audiens mu akan tahu!

4. Video Petunjuk

Video petunjuk mirip dengan video pendidikan. Namun, video petunjuk berfokus pada cara melakukan tindakan tertentu atau menggunakan produk tertentu sedangkan video pendidikan berfokus pada pendidikan tentang topik atau bidang yang luas.

Video petunjuk sangat populer karena membahas masalah yang dialami penonton mu dan menyelesaikannya. Orang-orang akan selalu mencari konten yang membahas masalah mereka—lihat saja ada sebuah video tentang cara tertidur, yang telah dilihat oleh lebih dari 13 juta orang!

5. Video Favorit / Terbaik

Video Favorit/Terbaik menampilkan YouTuber yang memamerkan produk favorit mereka dan membandingkan serta mengulasnya satu sama lain. Video favorit/terbaik dapat berfokus pada produk favorit Youtuber bulan ini, minggu ini, atau sepanjang masa.

6. Video Unboxing

Video unboxing fokus pada Youtuber yang membuka kotak tertutup berisi peralatan dan produk yang diminati audiens-nya dan kemudian menjelaskan konten dari isi kotak tersebut kepada audiens mereka. Sesederhana itu, namun orang menyukainya!

7. Video Q&A

Video Q&A biasanya adalah video kompilasi dari pertanyaan umum yang kamu tanyakan atau yang ditanyakan dalam genre mu. Saat merekam video Q&A atau Tanya-Jawab ini, memberikan jawaban bernilai adalah satu-satunya kunci kesuksesan yang paling penting. Kamu ingin memberikan jawaban atas pertanyaan yang benar-benar membuat penasaran pemirsa. Pada saat yang sama, kamu ingin memberikan informasi yang berguna dan menarik yang tidak akan ditemukan penggemar mu di tempat lain. Sudut pandang mu unik, jadi pastikan semua orang mengetahuinya!

Jika digunakan dengan benar, video Q&A dapat bermanfaat untuk menjangkau basis penggemar mu yang ada, menghasilkan peningkatan keterlibatan yang kemudian dapat menghasilkan lebih banyak keuntungan melalui interaksi iklan. Jika video Tanya-Jawab mu tentang topik populer yang sering ditelusuri orang, video tersebut juga dapat menghasilkan subscriber baru!

8. Video Timelapse

Video timelapse hanya berfungsi untuk jenis channel tertentu, tetapi jika channel mu adalah salah satunya, maka itu bisa sangat efektif. Video timelapse fokus untuk menampilkan urutan pada kecepatan yang lebih cepat, membuat waktu tampak bergerak lebih cepat, oleh karena itulah istilah “lapse” digunakan.

9. Video Panduan Step-by-Step

Video panduan adalah video mendalam yang menampilkan YouTuber melakukan langkah demi langkah melalui jenis media tertentu, seperti film, video game, atau buku. Video panduan harus dirinci—ketika pemirsa menontonnya, mereka berharap untuk mempelajari topik tersebut dan mempelajari hal-hal baru yang tidak mereka ketahui sebelumnya.

Karena video panduan menarik penggemar setia, penggemar yang menonton video semacam ini cenderung membeli barang-barang seperti merchandise atau akses ke konten premium. Manfaatkan ini dengan menyediakan tautan produk mu atau iklan afiliasi!

10. Video Haul

Video haul adalah cara yang menyenangkan untuk membuat kontenmu dan audiens-mu menyukainya! Video Haul adalah video yang berfokus padamu yang menampilkan semua barang yang kamu beli saat berbelanja, seperti misalnya ada Youtuber yang mendapatkan ribuan likes pada video barang yang dia beli saat obral. Dengan membeli barang yang akan disukai audiens mu, kamu dapat menarik subscriber baru yang tertarik dengan barang yang kamu beli.

Nah, kita telah mengetahui 10 konten Youtube yang paling banyak diminati, yang memberikan lebih banyak penonton (viewers), subscriber, dan tentunya dapat menaikkan pendapatan mu. Apakah kamu sudah memulainya? Jika belum, apa rencana untuk konten Youtube mu, mungkinkah kamu akan mencoba dari 10 ide di atas? Selamat mencoba!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya