10 Ide Menyenangkan untuk “Me Time”

Dalam sebuah studi oleh British Journal of Psychology, para ilmuwan menemukan bahwa orang yang sangat cerdas akan kurang puas jika mereka menghabiskan lebih banyak waktu dengan teman-temannya. Dengan kata lain, menghabiskan waktu berkualitas dengan diri sendiri baik untuk kesehatan mu secara keseluruhan dan menghasilkan kepuasan hidup yang lebih besar. Ketika kamu melakukan sesuatu sendiri, kamu dapat melangkah dengan kecepatan mu sendiri, berpikir dan merenung, menemukan hal-hal baru tentang diri mu, dan meningkatkan harga diri mu.

Jika dalam semua hubungan yang kamu miliki dalam hidup mu, mungkin tampak mustahil untuk mendapatkan waktu sendirian—tetapi penting untuk memberi ruang bagi dirimu untuk beberapa waktu. Berikut ini adalah 10 ide menyenangkan untuk “me time” yang setidaknya harus kamu lakukan sekali seumur hidup:

1. Menatap Bintang-Bintang

img: skyatnightmagazine

Langit terbuka bertabur bintang merupakan pemandangan yang baik untuk menempatkan segala sesuatunya ke dalam perspektif. Ambil selimut dan pergilah ke tempat di mana kamu akan memiliki penglihatan terbaik. Alih-alih menjalankan daftar tugas mu untuk hari berikutnya atau mengkhawatirkan pertengkaran yang kamu alami dengan pasangan atau teman mu, cobalah untuk bersantai dengan berfokus pada keindahan di atas mu.

2. Melihat Matahari Terbit

Setiap orang berhak memulai hari dengan sesuatu yang indah. Apakah kamu harus mendaki bukit terdekat untuk mendapatkan pemandangan cakrawala yang indah atau hanya bersantai di halaman belakang rumah mu dengan secangkir kopi yang baru diseduh, meluangkan waktu untuk menyendiri dengan pikiran mu bisa menjadi cara sempurna untuk mempersiapkan hari yang panjang.

3. “Menonton” Orang-Orang

Bawa segelas kopi dan pergilah ke suatu tempat di kota yang padat lalu lintas pejalan kaki—taman favorit mu, museum seni lokal, atau bahkan kafe yang sering kamu kunjungi. Biarkan imajinasi mu saat memperhatikan apa saja yang terjadi pada orang-orang yang berjalan melewati mu, atau pun gaya pakaian mereka yang mungkin menginspirasi mu, dan sebagainya.

4. Mencoba Olahraga Baru

Baik itu bersepeda, kickboxing, berkuda, atau apapun, kemungkinan ada kelas olahraga berkelompok yang sangat ingin kamu coba. Meskipun kamu datang sendirian, kamu akan merasakan manfaat berdasarkan bukti dari berolahraga dengan kelompok, seperti efek positifnya pada ikatan sosial, toleransi rasa sakit, dan kinerja atletik. Apa artinya? Lebih banyak kalori yang terbakar dari tubuh mu, dan juga lebih banyak checklist yang sudah kamu buat untuk hal yang ingin kamu lakukan.

5. Solo Travel

Ambil petunjuk dari Eat, Pray, Love dan rencanakan perjalanan solo. Di akhir film, Julia Roberts menemukan cinta dalam hidupnya karena dia menghabiskan bagian pertama film berkeliling dunia sendirian untuk menemukan dirinya sendiri. Tidak masalah seberapa jauh kamu pergi (cobalah staycation!) atau apa yang kamu lakukan saat berada di sana, selama kamu sedikit menantang diri sendiri, menciptakan beberapa kenangan, dan bersenang-senang saat melakukannya.

6. Jelajahi Kampung Halamanmu Seperti Turis

Ketika kamu telah tinggal di suatu tempat sepanjang hidup mu, mungkin sulit untuk melihat hal-hal yang membuat daerah mu benar-benar istimewa. Berpura-puralah seperti turis selama sehari di kampung halaman mu sendiri dengan meneliti daerah untuk mengetahui hal menarik apa yang dimilikinya, restoran terbaiknya, dan taman terbaiknya. Berkeliling daerah mu dengan rencana untuk melihat segala sesuatu (atau sebanyak yang kamu bisa) yang membuatnya istimewa. Kamu akan melihatnya dengan cara yang belum pernah kamu lakukan sebelumnya.

7. Spa

Sementara penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengkonfirmasi manfaat dari spa / pijat, bentuk perawatan diri ini dapat membantu mu untuk menurunkan kecemasan, depresi, dan sakit kepala, menurut Pusat Nasional untuk Kesehatan Pelengkap dan Integratif.

8. Merapikan Ruangan

Jika ruangan mu menjadi tidak dapat dikenali di bawah gunungan mainan, pakaian, dan perlengkapan kebersihan, inilah saatnya untuk mengaturnya. Kekacauan dapat menyebabkan stres dan memengaruhi produktivitasmu, jadi pastikan kamu memberi diri mu waktu sendiri untuk membersihkan diri. Plus, tugas membersihkan itu jauh lebih meditatif daripada yang kamu sadari. Tatalah ruanganmu dengan ide tata ruang yang kreatif dan fresh misalnya dengan menambahkan air mancur mini di dalam ruangan.

9. Lakukan Kebaikan

Kamu, walaupun sendirian, dapat membuat dampak besar pada kehidupan orang lain. Bahkan jika kamu secara tidak langsung—atau tidak pernah—melihat dampak yang kamu buat, kamu akan tetap yakin bahwa kamu telah membuat perbedaan. Bisa dengan membagikan kue kepada orang yang melewati rumahmu, atau berbagi kepada orang lain seperti yang dilakukan Baim Wong—tentu jika kamu memiliki lebih banyak uang untuk dibagikan.

10. Luangkan Waktu untuk Merenungi Agama

Baik itu di tempat ibadah atau di bawah pohon di halaman belakang rumah mu, renungkan tentang keimanan, agama, Tuhan, dan tujuan hidup—dan galilah pikiran agar kamu mengetahui dan menyadari hal-hal atau nasihat agama yang sebelumnya tidak pernah kamu anggap serius. Hal-hal yang mungkin kamu lewatkan, akan menjadi penerang di kala kamu sedang membutuhkan suatu petunjuk di saat-saat tertentu dalam hidup. Kegiatan ini juga akan membantumu untuk lebih tenang, fokus, dan bangkit kembali dengan perasaan yang lebih positif.

11. Hiatus

Matikan ponsel, komputer, TV, dan lainnya sehingga kamu dapat menyendiri dengan pikiranmu. Sebenarnya, ini adalah sesuatu yang harus kamu lakukan sendiri secara teratur. Manfaatnya untuk memberimu ruang menghirup udara segar dari kehidupan nyata, dibandingkan kehidupan dunia maya.

MatahariMe TimeRelax
Komentar (0)
Tambah Komentar