10 Tips membuat Landing Page Sempurna + Tingkat Konversi Yang Lebih Baik

Pertanyaannya adalah, Apakah Landing Page / Halaman Arahan kalian mengalami masalah ? Kenapa begitu penting Landing Page ?

Halaman Arahan sangat penting dalam website terutama pemasaran online. Bisa diibaratkan Conversion Rate / Tingkat Konversi adalah harta karun di suatu pulau dan Landing Page adalah perahunya. Jadi tingkat konversi tidak akan tercapai jika perahunya rusak, maka mari sempurnakan Landing Page kalian sekarang.

#Tips-1 “Tulisan Hebat”

Kata2 memiliki kekuatannya sendiri, sebuah pesan yang ditulis dengan kata2 yang tepat akan menempel pada prospek kalian. Desain pun dapat membantu meningkatkan tapi tulisan tetap menjadi hal utama.

Jadi, ikutilah peraturan KISS (Keep It Simple, Silly) dan jadikanlah copywriting yang lebih baik dengan :

  • Headline: Pendek dan Gagah atau Panjang dan Indah, terserah mau seperti apa.

Pastikan Headline cocok dengan link yang kalian arahkan kemana, jangan lupa harus relevan dan fokus.

  • Sub – Headline: Memperpanjang Headline Utama

Persuasif dan tetap fokus pada maksud dan tujuan, kalian dapat menempatkan sub-headline ini dibawah / diatas headline.

  • Daftar Fitur: Apakah Maksud / Produk Kalian

Jangan menjelaskan terlalu banyak, hanya buatkan sebuah daftar.

  • Daftar Manfaat / Keuntungan: Manfaat Apa yang Akan Didapatkan Pengunjung Kalian ?

Tulislah ini sebagai orang kedua, buatlah tulisan yang menonjol yang dapat menekankan apa keuntungan yang akan didapat.

#Tips-2 “Gambar”

Gambar bisa menjadi lebih dari sekedar dekorasi. Gambar mampu menambahkan aspek emosional dan tentu saja kalian harus menggunakan gambar disetiap produk / jasa yang ditawarkan.

Kenapa begitu? Karena isyarat visual lebih cepat membantu dibanding kata2 tertulis. Inilah sebabnya kenapa toko2 / jasa / website online sekarang banyak memperlihatkan gambar / video / live demo disetiap produknya.

Hati2lah dalam memilih gambar yang akan dipasangkan dengan tujuan / produk kalian, agar sempurna maka gambar tersebut harus:

  • Relevan

Perhatikan pencahayaan dalam sebuah gambar harus terlihat jelas, menarik perhatian dan jika menjual jasa maka harus gunakan gambar yang berhubungan dengan jasa apa yang diberikan.

  • Ukuran dan Kualitas

Sebuah gambar yang beresolusi tinggi ditampilkan di halaman akan memikat mata. Coba deh lihat bagaimana website Shutterstock melakukannya.

  • Realisme

Jika sebuah layanan / jasa, jangan sekali2 menggunakan gambar yang murahan / asal2an. Itu gak akan berhasil !

Nih lihat beberapa contoh gambar yang digunakan produk2 berikut, sekedar untuk inspirasi aja:

(lihat gambar)

(lihat gambar)

#Tips-3 “Form Tidak Membuat Rumit”

Tidak ada satupun manusia yang senang mengisi formulir 😀 Maka jika situs kalian memang memerlukan formulir silahkan gunakan bidang2 yang memang diperlukan saja pada formulir tersebut. Buat se-simpel mungkin, serius !

Biasanya, 3-4 kolom bidang saja pada sebuah form yang sempurna. Terlihat keren dan tidak merumitkan. Misalnya form pendaftaran Twitter: (lihat gambar).

#Tips-4 “Tombol Tindakan”

Tombol tndakan ini merupakan elemen tunggal yang membantu elemen2 lain pada halaman arahan.

Buatlah yang tebal, indah dan lain2 asal generik. Warnanya harus berbeda atau setidaknya lebih kontras dari warna dasar hamalannya.

Dalam pembuatannya sudah banyak yang menggunakan kata “Submit”, kalian bisa sesuaikan dengan tujuan atau mulai merubahnya dengan variasi lain tapi “Submit” juga tidak menjadi masalah. Misalnya coba dengan kata “Tekan Disini” atau yang lainnya.

Lihatlah beberapa contoh tombol tindakan yang bisa dijadikan inspirasi: (lihat gambar) (lihat gambar).

#Tips-5 “Desain Rapih”

Dengan desain yang rapih akan membuat pengunjung lebih fokus pada pesan kalian bukan malah diganggu dengan efek2 yang menjengkelkan dan pola2 yang tidak rapih.

#Tips-6 “Tanpa Navigasi”

Sudah banya diketahui orang dan sudah sering di uji dalam pembelajarannya oleh Hubspot untuk meyakinkan dalam menjaga navigasi pada website kalian. Baca selengkapnya hasil penelitian dan pengujian dari Hubspot.

Kalo males baca hasil penelitiannya, jadi gini: Pada dasarnya hapuslah link yang tidak penting di Landing Page, ini akan membuat lebih fokus pada pesan dan tujuan.

#Tips-7 “Faktor Kepercayaan”

Berikan kebijakan keamanan dan privasi pengunjung kalian. Berikan segel / sertifikat keamanan misalnya SLL / TLS seperti https://posciety.com (https) untuk menambah keyakinan pengunjung kalian terutama sebuah toko online, apa lagi kalo ada hal sensitif didalamnya misalnya kartu kredit. Jangan buat pengunjung cemas.

Testimonial produk / jasa dan ulasan, itu sangat penting dalam berbisnis. Jangan coba2 bermain dengan testimoni / ulasan palsu yang dibuat sendiri tapi tidak tahu cara mainnya. Itu akan berdampak buruk sekali untuk bisnis.

Pengunjung tidak sebodoh yang kalian pikir, bahkan mereka bisa berpikir lebih jauh dibanding yang kita sajikan.

Jika kalian mendapatkan ulasan atau testimoni yang bagus dari seseorang, usahakan untuk menampilkan nama perusahaan seseorang tersebut atau bahkan posisinya. Mereka akan senang banyak dikenali orang dan menambah keyakinan pengunjung bahwa pemberi testimoni adalah orang nyata bukan palsu. Misalnya seperti ini: (lihat gambar).

Lebih bagus lagi kalo bisa dikasih link pada namanya yang mengarah ke URL tertentu misalnya website pemberi testimonial. Hal ini biasanya menarik keinginan seseorang untuk menulis testimonial di website kalian dan berharap ada yang mengklik namanya yang mengarah ke URL websitenya misalnya.

Perlu diingat, ada beberapa perusahaan yang sukses dan menjadi besar karena testimonial palsu dan ada juga yang bangkrut karenanya. Think Twice !

#Tips-8 “Buatlah Lebih Banyak Target Landing Page”

Ini rumus matematika sederhana, semakin banyak Landing Page / Halaman Arahan yang kalian miliki, maka semakin banyak tingkat konversi yang didapat.

Lihat postingan dari Hubspot oleh Pamela Vaughan tentang bagaimana bisa tingkat konversi meningkat sampai 55% karena landing page.

Pada dasarnya, logika aja. Semakin banyak halaman arahan yang dimiliki maka akan semakin meningkat konversinya. Kenapa tidak dikerjakan ?

#Tips-9 “Berbagi Di Medsos”

Tombol Like dan Share akan menunjukkan keajaiban dengan memberi konversi yang tinggi tanpa kalian melakukan apapun.

Usaha kalian untuk tombol tindakan mungkin kurang berhasil tapi tombol media sosial akan lebih mungkin berhasil oleh orang2 lain / pengunjung kalian.

Untuk tombol share atau like ini sebetulnya cukup dengan menampilkan 4 sampai 5 media sosial saja, tapi kalopun mau lebih gak jadi masalah dan mau menampilkan jumlah share atau like nya pun tidak ada masalah dengan itu selama desain nya tidak rumit dan tidak mengganggu.

Nah, sekarang yang terakhir nih. Apa tuh?

#Tips-10 “Selalu Testing”

Percobaan dan Error adalah teman baik kalian, berkat mereka kalian akan menjadi lebih lebih lebih baik lagi seterusnya. Selalulah coba sebelum mempublikasikan dan setelah mempublikasikan. Perbaiki setiap kekurangan dan kerusakan dari hal yang terkecil bahkan tidak penting sekalipun sampai hal terbesar yang dirasa sulit untuk diperbaiki. Itu akan membuat bisnis kalian menjadi lebih baik !!

#Semangat

Segala sesuatu akan terasa sulit dihari pertama, selalu mencoba dan terus berjuang !

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi