11 Cara Mudah untuk Menjaga Kesehatan Mental

0

Mental adalah hal-hal yang berkaitan dengan batin dan watak manusia. Dengan kata lain, kesehatan mental adalah kondisi ketika batin dan watak manusia dalam keadaan normal, tenteram, dan tenang, sehingga dapat menjalankan aktivitas dan menikmati kehidupan sehari-hari.

Kesehatan mental adalah kesejahteraan yang menjangkau aspek emosional, psikologis, dan sosial seseorang. Kesehatan mental penting di setiao menapaki fase kehidupan, mulai dari kanak-kanak sampai dewasa.

Dengan mental yang sehat, seseorang jadi terampil dalam menangani stres, menjalin relasi dengan orang lain, serta merampungkan persoalan. Kesehatan mental yang prima juga bisa menjaga suasana hati tetap positif, sehingga kualitas hidup secara keseluruhan jadi lebih baik.

ads by posciety

Namun, terkadang kesehatan mental kerap luput dari perhatian. Padahal, kondisi mental yang sehat menjadi salah satu kunci untuk menjaga kesehatan tubuh serta terhindar dari berbagai penyakit.

Dilansir dari halodoc.com dan alodokter.com, ada beberapa langkah sederhana bisa diterapkan untuk meningkatkan kualitas kesehatan mental. Dengan melakukan perubahan ini, maka dapat dipastikan hal ini memengaruhi semua aspek kehidupan. Berikut ini langkah-langkahnya:

Berpikir dan Katakan Hal-Hal Positif pada Diri Sendiri

Penelitian menunjukkan bahwa cara kamu berpikir tentang diri sendiri dapat memiliki efek yang kuat pada kejiwaan kamu. Ketika kita mamandang diri kita dan hidup kita secara negatif, maka kita juga merasakan efek negatifnya. Sebaliknya, jika membiasakan diri menggunakan kata-kata yang membuat lebih positif, maka hal ini membuat kamu lebih optimis.

Pola pikir positif dapat membuat kamu lebih percaya diri, memperbaiki suasana hati, dan bahkan mengurangi kemungkinan berkembangnya kondisi seperti hipertensi, depresi, dan gangguan terkait stres lainnya. Berpikir positif bukan berarti kamu mengabaikan situasi hidup yang tidak menyenangkan.

Hargai Diri Sendiri

Untuk menjaga kesehatan mental, kamu bisa mulai dengan menghargai dirimu sendiri terlebih dahulu. Mulai sekarang, biasakanlah untuk memperlakukan dan melihat diri sendiri dengan positif.

Lakukanlah hal-hal yang bisa membuatmu bahagia, misalnya dengan meluangkan waktu untuk hobi dan me time. Bersyukur atas hal-hal baik yang terjadi dalam hidupmu juga bisa membantumu untuk menghargai diri sendiri dan membandingkan dirimu dengan orang lain, ya.

Melakukan Journaling Mengenai Hal-Hal yang Patut Disyukuri

Rasa bersyukur dikaitkan dengan peningkatan kesejahteraan, kualitas kesehatan mental, serta kebahagiaan. Cara sederhana untuk meningkatkan rasa bersyukur adalah membuat jurnal dan menuliskan berbagai hal yang patut disyukuri setiap harinya.

Secara umum, merenungkan rasa terima kasih juga efektif, tetapi kamu perlu berlatih secara teratur untuk mendapatkan manfaat jangka panjang. Temukan sesuatu untuk disyukuri dan nikmati perasaan tersebut dalam hatimu.

Rutin melakukan journaling tentu bukan hanya bermanfaat menata hidup dan rencana menjadi lebih baik. Aktivitas ini ternyata menjadi salah satu cara menjaga kesehatan mental, loh!

Menulis journaling sangat penting dalam membantu mengidentifikasi pembicaraan diri otomatis negatif dan menemukan akar kecemasan. Menulis journaling terbukti membantu kamu mengelola stres dan kecemasan kamu.

Fokus pada Satu Hal pada Satu Waktu

Fokus pada satu tujuan mampu melepaskan emosi negatif atau sulit dari pengalaman masa lalu yang membebani. Mulailah dengan membawa kesadaran bahkan untuk hal-hal sederhana seperti mandi, makan siang, atau berjalan pulang.

Menetapkan tujuan dan target dapat membuat hidupmu lebih terarah. Hal ini pada akhirnya juga dapat membantu menjaga kesehatan mental. Cobalah untuk menuliskan target dan tujuanmu, naik tujuan sehari-hari maupun tujuan jangka panjang. Namun, ingat. Tulis secara realistis serta sesuaikan dengan waktu dan beban tugas yang kamu miliki.

Di samping itu, memberi perhatian pada sensasi fisik, suara, abu, atau rasa dari pengalaman ini membantu kamu untuk fokus. Ketika pikiran kamu terbang melayang hingga menyebabkan kamu overthinking, maka bawa saja kembali ke apa yang kini kamu tengah lakukan.

Olahraga

Tubuh akan melepaskan endorfin yang membantu menyingkirkan stres dan meningkatkan suasana hati kamu sebelum dan sesudah berolahraga. Itulah sebabnya olahraga adalah cara penangkal stres, kecemasan, dan depresi yang ampuh. Carilah cara-cara kecil untuk menambah aktivitas olahraga, seperti naik tangga, atau jalan kaki ke tempat yang dekat.

Untuk mendapatkan manfaat yang maksimal, lakukan olahraga setidaknya 30 menit setiap hari, dan coba melakukannya di luar ruangan. Dengan olahraga di luar ruangan, kamu menghirup udara di luar yang bisa membantu meredakan stres. Selain itu, paparan sinar matahari jga membantu tubuh menghasilkan vitamin D, yang meningkatkan tingkat serotonin di otak.

Tubuh yang aktif bergerak tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tapi juga berkontribusi positif pada kesehatan mental. Aktif bergerak dapat meningkatkan harga diri, memotivasi diri sendiri, dan mengubah kimia di otak menjadi lebih positif.

Makanlah Makanan yang Enak & Bergizi

Selain memberi nutrisi yang dibutuhkan, makan lezat dan sehat juga menyehatkan otak. Karbohidrat (dalam jumlah sedang) meningkatkan serotonin, bahan kimia yang terbuka memiliki efek menenangkan pada suasana hati. Sementara itu, makanan kaya protein membantu kamu tetap waspada.

Sayur-sayuran dan buah-buahan dipenuhi dengan nutrisi yang memberi makan setiap sel tubuh, termasuk yang memengaruhi bahan kimia otak yang mengatur suasana hati. Sertakan makanan dengan asam lemak tak jenuh ganda Omega-3 (ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, dan biji rami). Nutrisi ini dapat meningkatkan suasana hati dan mengembalikan integritas struktural pada sel-sel otak yang diperlukan untuk fungsii kognitif.

Kurangi menkonsumsi kafein berlebih karena dapat meningkatkan kecemasan. Orang memiliki ambang batas yang berbeda untuk berapa banyak kafein yang dapat mereka toleransi. Jika kamu menyadari bahwa kafein dapat membuat gelisah atau cemas, pertimbangkan untuk menguranginya.

Terbukalah pada Seseorang dengan Cara Sosialisasi

Cara menjaga kesehatan mental selanjutnya adalah sosialisasi. Dukungan sosial dari teman dan keluarga sering dianggap efektif untuk menghilangkan stres pikiran. Ambil bagian dalam sebuah kelompok pertemanan membuat kamu juga dianggap bisa membantu dalam masa-masa sulit. Atau kamu bisa mengikuti berbagai kegiatan baru, agar kamu memiliki kesempatan untuk bertemu orang-orang baru.

Orang dengan hubungan sosial yang baik terbukti lebih mampu mengatasi stres dan memelihara kesehatan fisik maupun mentalnya. Inilah alasannya mengapa kamu perlu meluangkan waktu bersama orang-orang terdekat, seperti keluarga dan sahabat.

Mengetahui bahwa kamu dihargai oleh orang lain adalah penting untuk membantu kamu berpikir lebih positif. Belajar terbuka kepada orang lain, yang membuat kamu lebih mampu berpikir positif dan semakin mengenal diri sendiri.

Membantu Orang Lain

Membantu orang lain tidak hanya bermanfaat bagi orang yang kamu bantu saja, tetapi juga membawa manfaat bagi diri sendiri.

Penelitian menunjukkan bahwa membantu orang lain memiliki efek menguntungkan pada perasaan kamu tentang diri sendiri. Bersikap membantu dan ramah adalah cara yang baik untuk membangun harga diri. Makna yang ditemukan dalam membantu orang lain memperkaya dan memperluas hidupmu.

Melakukan kegiatan sukarela atau beramal misalnya, dapat membuatmu merasa lebih baik dan lebih berguna dalam hidup. Selain itu, membantu orang lain juga bisa menghindarkan kamu dari rasa kesepian. Semua hal ini pada akhirnya apat membantu menjaga kesehatan mental.

Istirahat

Pada saat-saat semua pekerjaan terasa seperti terlalu banyak, menjauhlah, dan lakukan apapun kecuali hal yang membuatmu semakin stres, setidaknya sampai kamu merasa sedikit lebih baik.

Terkadang hal terbaik untuk dilakukan adalah latihan pernapasan sederhana. Tutup mata dan ambil 10 tarikan nafas dalam-dalam. Untuk masing-masing tarikan napas, hitung sampai empat saat menarik napas, tahan selama 4 hitungan, dan buang nafas untuk empat hitungan. Hal ini bekerja baik untuk membantu kamu melewati stres.

Kelola Stres dengan Baik

Suka atau tidak, stres adalah bagian dari kehidupan kita sehari-hari, sehingga hal ini hampir tidak mungkin untuk dihindari. Kendati demikian, kamu bisa belajar untuk mengelola stres dengan baik.

Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengelola stres antar lain dengan berjalan santai di luar ruangan, menonton film, mendengarkan lagu dan menulis kejadian sehari-hari di buku harian. Cara-cara tersebut bisa membuat pikiranmu lebih tenang dan kamu bisa melihat hidup dengan lebih positif. Dengan begitu, stres yang kamu alami juga bisa mereda.

Tidur Tepat Waktu

Pada dasarnya, manusia membutuhkan tidur karena pada saat itulah tubuh bekerja memperbaiki segala jenis kerusakan, baik dalam hal fisik maupun mental.

Sejumlah besar penelitian menunjukkan bahwa kurang tidur memiliki efek negatif yang signifikan pada suasana hati. Kurang istirahat dan tidur dapat membuat kamu menjadi cepat marah, tidak sabar, sulit berkonsentrasi, murung, stres, dan depresi. Terlalu sedikit tidur juga dapat membuat kamu terlalu lelah melakukan hal-hal yang diinginkan dan menjadi tidak produktif.

Coba tidur pada waktu yang teratur setiap hari. Hindari bermain gadget sebelum waktu tidur dan membatasi minuman berkafein untuk pagi hari.

Nah, seperti itulah langkah-langkah dalam menjaga kesehatan mental. Kamu bisa menerapkan langkah-langkah di atas ke dalam kehidupanmu sehari-hari. Cara menjaga kesehatan mental seperti yang disebutkan tidaklah sulit dilakukan, kamu hanya memerlukan menerpakannya secara bertahap dan penuh ketelatenan dalam menerapkannya supaya mendapatkan manfaat jangka panjang.

Namun, jika kamu merasa kesulitan melakukan hal-hal tersebut atau telah mengalami berbagai gejala gangguan mental yang sulit bagimu, hendaknya pergi ke psikolog atau psikiater untuk mendapatkan penanganan khusus.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya