11 Fakta Unik Iwan Bule : Mulai dari Masa Lalu, Penghargaan, Hingga Soccer Camp di Sukabumi

PSSI telah memiliki Ketua Umum Baru. Pada Kongres Luar Biasa PSSI di Hotel Shangri-la, Sabtu (2/11) menetapkan Komisaris Jenderal Polisi Mochammad Irawan yang lebih akrab disapa Iwan Bule sebagai Ketua Umum PSSI periode 2019-2023.

Dalam prosesnya, Iwan Bule menang mutlak atas 10 kandidat lainnya. Pria yang juga menjabat sebagai sekretaris Lembaga Ketahanan Nasional itu meraih 82 suara dalam pemungutan suara tersebut.

11 Fakta Unik Iwan Bule

Dirangkum dari Liputan6.Com dan Detik.Com, berikut ini fakta-fakta menarik tentang Iwan Bule:

Pejabat Tinggi di Kepolisian

Di bidang kepolisian, sosok Iwan Bule sendiri termasuk pejabat tinggi. Ia berpangkat Komisaris Jendral Polisi Mochamad Iriawan.

Pria lulusan Akademi Kepolisian 1984 ini tercatat pernah menangani kasus terkenal, yakni pembunuhan kontroversial Nasrudin Zulkarnaen oleh tersangka Ketua KPK Antasari Azhar.

Awali Karier dari Bawah Hingga Menjadi Pejabat Tinggi Kepolisian

Mengawali karier sebagai Kapolres Tegal Polda Jateng pada 2001. Jalan karier sosok bernama Komjen. Pol. Drs. Mochamad Iriawan, S.H., M.M., M.H. ini sendiri terbilang melesat dengan cepat.

Iwan Bule juga pernah menjabat di Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya berpangkat Komisaris Besar Polisi tahun 2008.

Pernah Jadi Kapolda NTB dan Jawa Barat

Tercatat sukses menjabat di Polda Metro Jaya, karier Iwan Bule terus menanjak naik. Pada tahun 2012 ia menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat. Lalu pada tahun 2013 beralih menjabat sebagai Kapolda Jawa Barat.

Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional

Tahun 2018, Iwan Bule didaulat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional. Lembaga Ketahanan Nasional, disingkat Lemhannas, adalah Lembaga Pemerintah Non Kementerian Indonesia yang bertugas melaksanakan tugas pemerintahan di bidang pendidikan pimpinan tingkat nasional, pengkajian strategik ketahanan nasional dan pemantapan nilai-nilai kebangsaan.

Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat

Iwan Bule juga pernah menjadi pejabat Gubernur Jawa Barat menjelang Pemilihan Kepala Daerah di Provinsi tersebut. Pada Juni 2018 lalu Komisaris Polri Mochammad Irawan resmi dilantik sebagai Pejabat (Pj) Gubernur Jawa Barat menggantikan Ahmad Heryawan yang habis masa jabatannya.

Penghargaan Nasional dan Internasional

Tercatat bahwa Iwan Bule telah mendapatkan 15 penghargaan nasional dan internasional. Yakni Bintang Bhayangkara Nararya, SL. Ksatria Bhayangkara, SL. Operasi Kepolisian dan dua penghargaan internasional yaitu UNTAC Medals di Kamboja serta UNCRO Medals di Kroasia.

Dewan Penasihat Persib Bandung

Sosok Iwan Bule bukanlah orang baru dalam sepakbola Tanai Air. Tahun 2009, Iwan Bule pernah menjabat sebagai Dewan Penasihat Persib Bandung. Ia juga aktif sebagai pelindung di PSSI Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat.

Bahkan, nama Iwan Bule sendiri diusulkan oleh Asosiasi Provinsi (Asprov) Jawa Barat pada April 2019.

Jadi Ketua Umum PSSI 2019-2023

Iwan Bule terpilih melalui KLB PSSI dan menang mutlak usai meraih 82 suara dari total 86 voter yang diundang di Kongres Luar Biasa (KLB) Pemilihan PSSI di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (2/11). Dua pesaingnya yang tersisa, Rahim Soekasah dan Arif Putra Wicaksono tidak mendapat suara.

Belum Seminggu Menjabat, Langsung Lakukan Gebrakan

Iwan Bule langsung membuat gebrakan usai 4 hari memimpin federasi. PSSI mengumumkan pisah jalan dengan Simon pada Rabu (6/11/2019). Pelatih asal Skotlandia itu akan menjalani tugas terakhirnya melatih skuat Garuda saat melawan Timnas Malaysia di Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia, 19 November mendatang.

Setelah menelan empat kekalahan di Kualifikasi Piala Dunia 2022, Indonesia akhirnya memecat Simon. Pertandingan melawan Malaysia di Kuala Lumpur akan menjadi momen perpisahan eks pelatih Bhayangkara FC itu membesut tim Merah Putih.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada Simon atas kerja sama selama ini. Semoga laga melawan Malaysia kita mendapatkan hasil yang positif,” kata Iwan Bule dalam situs resmi PSSI.

Akan Membangun Soccer Camp

PSSI dikabarkan telah mendapatkan lokasi yang rencananya disiapkan untuk membangun soccer camp. Hal tersebut diungkapkan Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan yang menyebut lahan tersebut berada di daerah Cikidang, Sukabumi – Jawa Barat.

Nantinya, disana akan ada lapangan latihan serta asrama untuk penggawa tim nasional. Lahan itu merupakan milik dari salah satu anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI Pieter Tanuri. Pria yang akrab disapa Iwan Bule itu mengaku akan meninjau lapangan tersebut apakah cocok dijadikan soccer camp.

“Salah satu Exco yakni Pak Peter (Tanuri) akan menyiapkan tanah entah nanti dicicil atau hibah saya belum tahu. Itu luasnya delapan hektar di Cikidang, Sukabumi,” kata Iwan Bule di Kantor PSSI, Gedung Fx Sudirman, Jakarta, Selasa (5/11/2019) malam.

Bertekad Memberantas Mafia Bola

“Saya sudah terlalu banyak mendapatkan penghargaan dari negara, bintang tiga, tiga kali jadi kapolda, Plt. Gubernur Jawa Barat. Kali ini saya pertaruhkan reputasi saya untuk memimpin PSSI.” Kata Iwan Bule kepada Detik.Com.

Terkait mafia bola dan pengaturan skor pertandingan yang kerap dikeluhkan, Iwan Bule memastikan dirinya akan meningkatkan intensitas kerja sama dengan Satgas Anti Mafia Bola.

“Pokoknya, kalua masih ada pengurus yang macam-macam saya tidak akan melindungi, bahkan akan saya injek-injek kalian,” dia menegaskan.

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi