14 Tips Untuk Menjadi Penulis Populer di Wattpad

0

Wattpad adalah komunitas pembaca dan penulis terbesar di dunia dengan 500 juta orang yang menggunakan platform ini di tahun 2020. Mungkin kamu pernah mendengar bahwa hanya 10% dari pengguna Wattapd yang merupakan penulis, sehingga 90% pembaca di sana selalu mencari cerita yang hebat.

Di sinilah Wattpad lebih unggul dari situs penulisan lain yang pernah kita gunakan di masa lalu di mana hanya penulis yang membaca dan mengomentari karya penulis lain. Tentu saja sudah bagus untuk terhubung dengan penulis lain, tetapi Wattpad menawarkan pengalaman unik untuk menarik banyak pembaca yang ‘real’.

Sebagai salah satu penulis lama di platform tersebut, Rowena Wiseman, telah membagikan 14 tips untuk menjadi penulis populer di Wattpad yang bisa kamu ikuti. Baca tipsnya berikut ini:

ads by posciety

  1. Miliki foto profil penulis yang bagus dan cover buku yang terlihat profesional. Tulis uraian singkat dan menarik untuk ceritamu. Sertakan sesuatu yang menarik tentang dirimu di halaman profilmu, serta tautan ke situs media sosial milikmu yang lain.
  2. Tulislah bab ceritamu secara terpisah, karena setiap bab yang dibaca atau dipilih seseorang sangat berarti! Jika kamu memiliki cerita pendek, pertimbangkan untuk menjadikannya sebuah koleksi–ini dapat menggabungkan vote yang kamu terima dan membantu peringkatmu di Wattpad.
  3. Follow beberapa orang dan perkenalkan dirimu di Klub.
  4. Pertimbangkan untuk membuat serial fiksimu dan memposting satu atau dua bab seminggu pada hari-hari biasa (Senin-Jum’at).
  5. Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana saat membaca, lihat daftar bacaan yang direkomendasikan untuk menemukan sesuatu yang sesuai dengan seleramu. Buat daftar bacaanmu sendiri–ini seperti perpustakaan pribadi, jadi setelah kamu menyimpan cerita di sana, kamu dapat membukanya lagi dengan mudah. Beri komentar dan vote pada cerita orang lain dan luangkan waktu di komunitas Wattpad–mereka sangat ramah!
  6. Jangan meminta orang untuk membaca karyamu, banyak pengguna menganggap ini sebagai perilaku yang buruk! Karena, jika mereka menemukan suatu cerita dan menyukai apa yang mereka lihat (seperti cover buku, dan tampilan awal) … mereka akan membacanya!
  7. Gunakan multimedia untuk mempromosikan ceritamu. Seperti banyak penulis yang telah membuat trailer dari beberapa buku mereka dan mempostingnya di sidebar. Sebagai contoh, dalam suatu novel sejarah, maka ditampilkan pula referansinya didasarkan pada gambar sejarah–memberikan pengalaman membaca di luar format teks normal. Rowena sendiri bahkan pernah mendengar penggemar Wattpad menggambar ilustrasi karakter yang mereka sukai dan penulis juga dapat mempostingnya!
  8. Sertakan ‘ajakan untuk bertindak’ di akhir setiap cerita. Mintalah pembaca untuk memberikan vote dan komentar serta memberitahu mereka di mana mereka dapat membaca atau membeli karyamu yang lain.
  9. Gunakan news feed ntuk melihat apa yang disukai ‘teman’ mu. Di Wattpad, penonton memiliki penonton, jadi jika seseorang mengomentari sebuah cerita, semua pengikutnya juga dapat melihatnya. Ini membantu kamu untuk menemukan apa yang mereka sukai. Tab notifikasi memberi tahumu apa saja yang terjadi pada ceritamu sendiri.
  10. Jika kamu melihat seseorang menyukai beberapa bab ceritamu, mampirlah ke halaman mereka dan ucapkan terima kasih. Jika mereka meluangkan waktu untuk berkomentar, tanggapilah! Menjadi orang yang mudah didekati dan ramah akan sangat membantumu menjadi populer di komunitas itu. Karena Wattpad adalah tentang interaktivitas.
  11. Perhatikan statistik pada ceritamu–ini adalah alat riset pasar yang berharga bagi para penulis. Kamu dapat melihat statistik bab demi bab tentang berapa banyak bacaan, vote, dan komentar yang kamu terima. Jika kamu, mungkin, kehilangan banyak pembaca di bab 4, maka itu memberi tahumu bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki.
  12. Jangan berharap menjadi populer dalam semalam. Seperti komunitas di mana-pun, butuh beberapa saat untuk menemukan orang yang berpikiran sama denganmu. Beri waktu, bersabarlah dan tetap berpikiran terbuka. Tidak perlu sombong di sana–ya, ada banyak cerita fiksi penggemar (fanfic), tapi tentu ada tempat untuk semua orang di Wattpad. Dan mungkin penulis yang lebih ‘ahli’ pun dapat belajar satu atau dua hal tentang budaya populer dari para remaja di sana.
  13. Setelah kamu membangun cukup banyak bacaan dan pengikut, hubungi stories@wattpad.com dan minta untuk dipertimbangkan sebagai daftar cerita ‘unggulan’. Jika kamu bisa masuk dalam daftar unggulan, maka mesin dari Wattpad sendiri yang akan bekerja dan kamu dapat duduk santai dan menyaksikan statistik pembaca ceritamu melambung.
  14. Gunakan platform jejaring sosialmu yang lain untuk mempromosikan karyamu di Wattpad. Seperti Rowena yang sering menge-tweet mikrofiksi miliknya atau menaruh tautan ke sana di Google+. Dia bahkan mendaftarkan novelnya sebagai buku Wattpad di Goodreads dan telah menerima sejumlah ulasan. Ini adalah dukungan lanjutan yang bagus di Goodreads sebelum diterbitkan oleh penerbit.

Sekarang, kamu telah mengetahui apa saja yang perlu dilakukan dari 14 tips untuk menjadi penulis populer di Wattpad. Oh iya, jika kamu telah mulai menulis di platfotm itu untuk waktu yang lama, mungkin ada juga tips lainnya yang bermanfaat untuk dibagikan di sini. Silahkan bagikan komentarmu, ya!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya