16 Tipe Kepribadian MBTI

Apakah kamu seorang introvert atau ekstrovert? Adakah kebiasaan yang menjadi ciri khas dirimu atau sifat unik yang berbeda dengan kebanyakan orang di sekitarmu? Nah, kamu bisa menemukan yang mana tipe kepribadian mu dari 16 tipe kepribadian diciptakan oleh Isabel Myers dan Katharine Briggs, pengembang penilaian MBTI®. Myers dan Briggs menciptakan tipologi kepribadian untuk membantu orang menemukan kekuatan mereka sendiri dan memahami dengan lebih baik tentang bagaimana kepribadian orang-orang yang saling berbeda.

Ketika kamu menemukan tipe kepribadian mu sendiri, kamu akan memahami lebih jelas mengapa kamu melakukan hal-hal yang kamu lakukan. kamu akan percaya pada kekuatan mu dan lebih mampu membuat keputusan yang sesuai dengan sifat sejati mu.

Pengelompokkan kepribadian adalah sistem pengkategorian kepribadian orang menurut kecenderungan mereka untuk berpikir dan bertindak dengan cara tertentu. Pengelompokkan kepribadian mencoba menemukan cara yang paling luas dan paling penting di mana orang saling berbeda, dan memahami perbedaan ini dengan memilah orang ke dalam beberapa kelompok yang bermakna.

img: verywellmind

Teori kepribadian ini didasarkan pada karya psikolog Carl Jung, meskipun mereka memperluas idenya untuk menciptakan kerangka yang lebih lengkap dari pengelompokkan kepribadian. Myers dan Briggs mengusulkan bahwa ada empat dimensi kunci yang dapat digunakan untuk mengkategorikan orang:

  1. Introversi vs Ekstraversi
  2. Penginderaan vs. Intuisi
  3. Berpikir vs Merasa
  4. Menilai vs. Mempersepsi

Masing-masing dari empat dimensi digambarkan sebagai dikotomi, atau salah satu, atau pilihan antara dua gaya manusia. Myers dan Briggs menggambarkan ini sebagai “preferensi” dan mengusulkan bahwa setiap individu harus dapat mengidentifikasi gaya yang sesuai pada masing-masing dari empat dimensi. Jumlah dari empat gaya yang sesuai dengan seseorang menjadi tipe kepribadian mereka.

img: blo .designs

Myers dan Briggs berteori bahwa preferensi kita pada masing-masing dari empat dimensi akan bergabung untuk menciptakan pola yang dapat diprediksi dalam pemikiran dan perilaku, sehingga orang-orang dengan empat preferensi yang sama akan berbagi banyak kesamaan dalam cara mereka memandang kehidupan mereka, dari hobi yang mereka pilih hingga pekerjaan yang mungkin cocok untuk mereka.

Apa Arti dari 4 Dimensi dalam Tipe Kepribadian Ini ?

1. I/E: Introversi atau Ekstraversi

Dimensi I/E (Introversion / Extraversion) menggambarkan bagaimana seseorang mengelola energinya. Introvert mendapat energi dengan menghabiskan waktu tenang sendirian atau dengan kelompok kecil. Mereka cenderung lebih pendiam dan bijaksana. Ekstrovert lebih berenergi dengan menghabiskan waktu bersama orang-orang dan di lingkungan yang sibuk dan aktif. Mereka cenderung lebih ekspresif dan blak-blakan.

2. S/N: Penginderaan atau Intuisi

Dimensi S/N (Sensing / Intuition) menggambarkan bagaimana seorang individu memproses informasi. Sensor fokus pada panca indera mereka dan tertarik pada informasi yang dapat mereka lihat, dengar, rasakan, dan sebagainya secara langsung. Mereka cenderung menjadi pembelajar langsung dan sering digambarkan sebagai orang yang “praktis.” Intuitif fokus pada tingkat pemikiran yang lebih abstrak; mereka lebih tertarik pada teori, pola, dan penjelasan. Mereka sering lebih mementingkan masa depan daripada masa kini dan sering digambarkan sebagai orang yang “kreatif”.

3. T/F: Berpikir atau Merasa

Dimensi T/F (Thinking / Feeling) menggambarkan bagaimana orang membuat keputusan. Pemikir cenderung membuat keputusan dengan kepala mereka; mereka tertarik untuk menemukan pilihan yang paling logis dan masuk akal. Perasa cenderung membuat keputusan dengan hati mereka; mereka tertarik pada bagaimana suatu keputusan akan mempengaruhi orang, dan apakah itu cocok dengan nilai-nilai kehidupan mereka.

4. J/P: Menilai atau Mempersepsi

Dimensi J/P (Judging / Perceiving) menggambarkan bagaimana orang mendekati struktur dalam kehidupan mereka. Judgers menghargai struktur dan ketertiban; mereka menyukai hal-hal yang direncanakan, dan tidak menyukai perubahan di menit-menit terakhir. Perceivers menghargai fleksibilitas dan spontanitas; mereka suka membiarkan berbagai kemungkinan terbuka sehingga mereka dapat berubah pikiran.

Tipe Kepribadian MBTI

Langsung saja, berikut ini 16 tipe kepribadian MBTI yang mungkin ada yang sesuai dengan diri mu:

1. INFP / Penyembuh

INFP adalah idealis imajinatif, dipandu oleh nilai-nilai inti dan keyakinan mereka sendiri. Bagi seorang Penyembuh, “kemungkinan” adalah hal yang terpenting; realitas saat ini hanya kekhawatiran yang akan dilewati. Mereka melihat potensi untuk masa depan yang lebih baik, dan mengejar kebenaran dan makna hidup dengan bakat mereka sendiri.

2. INTJ / Mastermind

INTJ adalah pemecah masalah yang analitis, bersemangat untuk meningkatkan sistem dan proses dengan ide-ide inovatif mereka. Mereka memiliki bakat untuk melihat kemungkinan perbaikan, baik di tempat kerja, di rumah, atau dalam diri mereka sendiri.

3. INFJ / Konselor

INFJ adalah “pengasuh” yang kreatif dengan rasa integritas pribadi yang kuat dan dorongan untuk membantu orang lain menyadari potensi mereka. Kreatif dan berdedikasi, mereka memiliki bakat untuk membantu orang lain dengan solusi orisinal untuk masalah pribadi mereka.

4. INTP / Arsitek

INTP adalah inovator yang filosofis, terpesona oleh analisis logis, sistem, dan desain. Mereka disibukkan dengan teori, dan mencari hukum universal di balik semua yang mereka lihat. Mereka ingin memahami tema-tema pemersatu kehidupan, dengan segala kerumitannya.

5. ENFP / Pemenang

ENFP adalah pribadi yang berpusat pada orang lain dengan fokus pada kemungkinan dan antusiasme yang menular untuk ide, orang, dan aktivitas baru. Energik, hangat, dan bersemangat, ENFP senang membantu orang lain mengeksplorasi potensi kreatif mereka.

6. ENTJ / Komandan

ENTJ adalah pemimpin strategis, termotivasi untuk mengatur perubahan. Mereka cepat melihat ketidakefisienan dan mengkonseptualisasikan solusi baru, dan senang mengembangkan rencana jangka panjang untuk mencapai visi mereka. Mereka unggul dalam penalaran logis dan biasanya pandai berbicara dan cerdas.

7. ENTP / Visioner

ENTP adalah inovator yang terinspirasi, termotivasi untuk menemukan solusi baru untuk masalah yang menantang secara intelektual. Mereka penuh rasa ingin tahu dan pintar, dan berusaha memahami orang, sistem, dan prinsip yang mengelilingi mereka.

8. ENFJ / Guru

ENFJ adalah organisator yang idealis, didorong untuk mengimplementasikan visi mereka tentang apa yang terbaik bagi umat manusia. Mereka sering bertindak sebagai katalis untuk pertumbuhan manusia karena kemampuan mereka untuk melihat potensi orang lain dan karisma mereka dalam membujuk orang lain untuk mendukung ide-ide mereka.

9. ISFJ / Pelindung

ISFJ adalah “pengasuh” yang rajin, setia pada tradisi dan organisasi. Mereka praktis, penuh kasih, dan perhatian, dan termotivasi untuk menyediakan ruang bagi orang lain dan melindungi mereka dari bahaya kehidupan.

10 ISFP / Komposer

ISFP adalah penjaga yang lembut yang menikmati waktu saat ini dan menikmati lingkungan mereka dengan ceria, meski dengan antusiasme rendah. Mereka fleksibel dan spontan, dan suka mengikuti arus untuk menikmati apa yang ditawarkan kehidupan.

11. ISTJ / Inspektur

ISTJ adalah penyelenggara yang bertanggung jawab, didorong untuk menciptakan dan menegakkan ketertiban dalam sistem dan institusi. Mereka rapi dan teratur, luar dan dalam, dan cenderung memiliki prosedur untuk semua yang mereka lakukan.

12. ISTP / Pengrajin

ISTP adalah pengrajin yang jeli dengan pemahaman tentang mekanika dan memiliki minat dalam pemecahan masalah. Mereka memandang lingkungan sekitar dengan logika yang fleksibel, mencari solusi praktis untuk masalah yang dihadapi.

13. ESFJ / Penyedia

ESFJ adalah penolong yang teliti, peka terhadap kebutuhan orang lain dan dengan penuh semangat berdedikasi pada tanggung jawab mereka. Mereka sangat selaras dengan lingkungan emosional mereka dan memperhatikan perasaan orang lain dan persepsi orang lain tentang mereka.

14. ESFP / Penghibur

ESFP adalah penghibur lincah yang memikat dan melibatkan orang-orang di sekitar mereka. Mereka spontan, energik, dan suka bersenang-senang, dan menikmati hal-hal di sekitar mereka, baik itu makanan, pakaian, alam, hewan, dan terutama manusia.

15. ESTJ / Pengawas

ESTJ adalah tradisionalis yang pekerja keras, bersemangat untuk mengambil alih dalam mengorganisir proyek dan orang. Tertib, taat aturan, dan teliti, ESTJ suka menyelesaikan sesuatu, dan cenderung mengerjakan proyek dengan cara yang sistematis dan metodis.

16. ESTP / Dinamo

ESTP adalah pencari sensasi energik yang paling baik dalam hal memadamkan api, baik secara literal maupun metaforis. Mereka membawa rasa energi dinamis dalam interaksi mereka dengan orang lain dan dunia di sekitar mereka.

Itulah 16 tipe kepribadian MBTI dengan ciri-ciri mereka masing-masing. Sekarang, apakah kamu dapat menemukan yang mana kemungkinan adalah tipe kepribadianmu?

Kuis Kepribadian
Komentar (0)
Tambah Komentar