2 Cara Mudah Membuat GIF di HP

0

Kamu tahu apa itu GIF? GIF merupakan Singkatan dari “Graphics Interchange Format.” GIF sendiri merupakan format file gambar yang umum digunakan untuk gambar di web dan sprite dalam program perangkat lunak. 

Kalau kamu membuka media sosial seperti Twitter ataupun membuka situs 9gag, kamu pasti sering melihat foto ataupun gambar bergerak. Nah, foto ataupun gambar bergerak itulah yang dinamakan GIF.

GIF sering digunakan untuk menampilkan gambar bergerak atau animasi dengan ukuran yang minimalis. Biasanya gambar-gambar yang dijadikan GIF adalah gambar-gambar lucu, yang bisa digunakan orang untuk mengekspresikan perasaan mereka melalui gambar bergerak atau GIF.

ads by posciety

GIF memiliki kombinasi warna lebih sedikit dibanding JPEG, tetapi mampu menyimpan grafis dengan latar belakang transparan ataupun dalam bentuk animasi sederhana.

GIF sendiri dibuat oleh Steve Wilhite pada tahun 1987, bahkan sebelum perusahaan dan website Google dibentuk, GIF sudah ada terlebih dahulu. GIF awalnya dibuat sebagai cara untuk mengompresi atau memperkecil ukuran dari sebuah gambar.

Berikut beberapa kegunaan atau fungsi dari GIF, diantaranya adalah:

1. GIF cocok untuk gambar dengan pinggiran garis yang tajam (seperti logo) dengan batasan jumlah warna. Format GIF menggunakan kelebihan dari teknik lossless data compression, yang bisa mempertahankan ketajaman pinggiran garis. Sehingga sangat cocok untuk sebuah logo.

2. Format GIF dapat digunakan untuk menyimpan sprite data dengan warna terbatas untuk permainan.

3. Format GIF digunakan untuk animasi sederhana dan klip film dengan resolusi yang rendah.

Dulu memang untuk membuat GIF membutuhkan software khusus dan caranya pun cukup sulit. Namun sekarang, dengan perkembangan teknologi, kamu bisa membuat GIF dengan mudah. Kamu bisa membuat GIF melalui HP kamu.

Buat kamu yang ingin mengetahui bagaimana cara mudah membuat GIF di HP, Berikut kami berikan 2 cara mudah membuat GIF di HP, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Google Foto

Di Aplikasi buatan Google ini, selain kamu bisa melihat dan menyimpan foto, kamu juga bisa membuat album foto, membuat fim dari foto, membuat kolase foto, serta membuat animasi atau GIF dari foto.

Biasanya jika kamu mempunyai HP Android, Google foto sudah terinstall secara otomatis di HP kamu. Hal ini dikarenakan, Android merupakan software buatan Google. Namun, jika di HP kamu belum ada Google Foto, kamu bisa mengunduhnya di Google Play Store. 

Dan berikut langkah-langkahnya:

1. Silahkan install atau update terlebih dahulu aplikasi Google foto di HP kamu

2. Jika sudah silahkan buka aplikasinya, lalu pilih Galeri

3. Silahkan cari minimal 2 foto untuk dijadikan GIF, tekan dan tahan foto tersebut hingga muncul tanda centang biru. Lalu pilih ikon (+) yang berada di atas

4. Lalu pilih Animasi

5. Akan muncul GIF dari foto yang sudah kamu pilih

6. Untuk melihatnya di file Manager, kamu bisa mencari di Penyimpanan Internal -> DCIM -> Google Photos.

2. Menggunakan Aplikasi Pembuat GIF, Editor GIF

Aplikasi ini bisa kamu dapatkan secara gratis di Google Play Store. Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan di aplikasi Pembuat GIF, Editor GIF ini, diantaranya adalah:

1. Mengedit GIF yang sudah ada

2. Merubah gambar atau foto menjadi GIF

3. Merubah Video menjadi GIF

4. Membuat GIF langsung dari kamera HP

5. Membuat GIF dari rekaman layar.

Untuk caranya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Pembuat GIF, Editor GIF

2. Jika sudah silahkan buka aplikasinya, lalu pilih Izinkan

3. Kamu akan masuk ke menu utama, Untuk kali ini kami ingin mengubah foto menjadi GIF, maka pilih Gambar ke GIF

4. Silahkan pilih minimal 2 foto yang akan dijadikan GIF, caranya tekan dan tahan pada foto tersebut. Lalu pilih ikon (✓) diatas

5. Kamu bisa mengedit GIF tersebut, jika sudah selesai pilih ikon (✓)

6. Kamu bisa memilih resolusi yang digunakan, lalu pilih Ok

7. Jika sudah, akan terlihat detail dari GIF tersebut. GIF tersebut sudah tersedia di gallery HP kamu.

Nah itulah 2 cara mudah membuat GIF dari HP. Sekarang kamu bisa membuat GIF dengan mudah menggunakan salah satu dari dua cara diatas, selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya