2 Cara Mudah Mengetahui IMEI di HP Realme

Kegunaan Handphone (HP) di jaman sekarang ini sudah menjadi sangat vital. Tidak dapat dipungkiri hampir semua orang di dunia setidaknya membutuhkan HP untuk kehidupan mereka. Lewat HP, kamu bisa bekerja, berkomunikasi dengan orang lain, bermain game, mendengarkan musik, dan masih banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan menggunakan HP.

Perkembangan perusahaan pengembang HP pun saat ini sangat berkembang dengan pesat. Jika dulu persaingan perusahaan pengembang HP di dominasi oleh Nokia, Samsung, BlackBerry. Saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan pengembang HP yang tersebar di seluruh dunia seperti salah satunya adalah merk HP Realme dari China, yang merupakan bekas anak perusahaan dari perusahaan HP ternama lainnya di China, Oppo.

Seperti yang sudah disebutkan, perusahaan Realme sendiri dulunya merupakan bekas anak perusahaan dari Oppo. Namun, pada tahun 2018 Realme memisahkan diri dari Oppo dan berdiri sebagai perusahaan independen. HP Realme terkenal sebagai HP ataupun Smartphone yang canggih, memiliki desain unik, dan memiliki berbagai variasi harga mulai dari murah hingga yang mahal.

Di Indonesia sendiri, HP Realme cukup populer dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan seperti pelajar, pekerja, orang tua. Karena memang Realme memiliki variasi harga sehingga bisa menyesuaikan kantong dari masyarakat.

Perdagangan HP di Indonesia sebenarnya cukup bebas, HP bisa dibeli masyarakat Indonesia dari dalam maupun luar negeri. Syarat utama HP bisa digunakan di Indonesia adalah HP tersebut harus terdaftar nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI).

Jika kamu membeli HP dari distributor resmi di Indonesia pastinya tidak akan ada masalah mengenai nomor IMEI tersebut, karena HP tersebut pastinya sudah terdaftar nomor IMEI nya sehingga bisa diperdagangkan secara bebas di Indonesia. 

Namun, jika kamu membeli HP dari luar negeri, kamu harus pastikan bahwa HP tersebut sudah terdaftar nomor IMEI nya, ataupun jika belum terdaftar, kamu harus mendaftarkannya sendiri. Jika tidak maka HP tersebut tidak bisa digunakan di Indonesia.

Apa itu IMEI ?

Bagi yang belum tahu nomor IMEI adalah nomor identitas khusus yang digunakan untuk mengidentifikasi sebuah HP. Dengan adanya nomor IMEI, membuat HP tersebut merupakan HP legal dan resmi. Sedangkan HP yang tidak memiliki nomor IMEI di Indonesia dianggap sebagai HP ilegal atau yang biasa disebut dengan HP Black Market (BM). 

Mudahnya adalah nomor IMEI ini diibaratkan sebagai nomor Kartu Tanda Penduduk (KTP). Sebagai orang Indonesia, kamu yang sudah berusia 17 tahun keatas diwajibkan untuk membuat dan memiliki KTP, sebagai pertanda bahwa kamu merupakan Warga Negara Indonesia (WNI) yang legal. Sedangkan di HP, HP kamu diwajibkan  terdaftar nomor IMEI nya, sebagai pertanda bahwa HP kamu merupakan HP yang legal.

Pemerintah Indonesia sendiri sudah memblokir HP-HP yang tidak memiliki IMEI di Indonesia sejak tahun 2020 lalu. Jadi HP-HP tersebut tidak bisa digunakan di Indonesia.

Cara Cek IMEI di HP Realme

Nah bagi kamu yang memiliki HP Realme, dan ingin mengecek apakah nomor IMEI HP kamu sudah terdaftar, kamu bisa gunakan 2 cara mudah cek IMEI di HP Realme. Dan berikut kami berikan 2 cara cek IMEI di HP Realme, diantaranya adalah: 

A. Menggunakan Panggilan Telepon

Untuk cara pertama ini, kamu bisa mengecek IMEI kamu menggunakan panggilan telepon, caranya adalah:

1. Buka aplikasi Telepon di layar depan ataupun di daftar aplikasi

2. Lalu di keyboard, ketikkan *#06#

3. Jika HP kamu sudah terdaftar IMEI nya, akan terlihat 2 nomor IMEI HP kamu.

B. Menggunakan Pengaturan

Untuk cara kedua, kamu bisa mengecek IMEI kamu menggunakan pengaturan di HP Realme kamu, caranya adalah:

1. Buka Pengaturan di HP Realme kamu, dengan di layar depan, tarik kebawah layar, lalu di pojok kanan atas di bawah status baterai, pilih ikon Pengaturan (Segitiga 6 sisi kecil). Atau cari Pengaturan di daftar aplikasi

2. Lalu scroll ke bawah hingga menemukan Tentang ponsel, pilih Tentang ponsel

3. Lalu pilih Status IMEI & IP

4. Jika HP kamu sudah terdaftar IMEI nya, akan terlihat 2 nomor IMEI HP kamu.

Nah itulah 2 cara cek IMEI di HP Realme. Jika kamu mempunyai HP Realme dan ingin mengecek nomor IMEI kamu, kamu bisa gunakan salah satu dari 2 cara diatas, selamat mencoba.

HPIMEIRealme
Komentar (0)
Tambah Komentar