3 Cara Mudah Menutup Aplikasi Secara Paksa di Laptop

0

Saat ini, laptop menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, dan pekerja di berbagai bidang. Sama halnya dengan komputer, di dalam laptop sendiri kamu bisa menginstal berbagai macam aplikasi.

Laptop merupakan salah satu perangkat yang paling banyak digunakan oleh orang di seluruh dunia. Laptop sendiri merupakan komputer kecil yang bisa digunakan dimana saja dan kapan saja, berbeda dengan komputer yang berukuran besar dan harus memerlukan sambungan listrik untuk menghidupkannya, maka dari itu laptop hadir sebagai bentuk kecilnya dari komputer sehingga bisa memudahkan segala urusan kita.

Saat ini, laptop menjadi perangkat yang sangat membantu pekerjaan manusia. Berbagai macam fungsi yang dimilikinya memudahkan urusan banyak orang, terutama para pelajar, dosen, mahasiswa, dan pekerja di berbagai bidang. Sama halnya dengan komputer, di dalam laptop sendiri kamu bisa menginstal berbagai macam aplikasi. Namun, terkadang ketika kamu membuka aplikasi tersebut, aplikasi tersebut tidak berjalan dengan baik sehingga muncul tulisan “Program Not Responding”. Apa sih maksud dari “Program Not Responding” tersebut dan apa saja penyebabnya?

Maksud dari tulisan tersebut adalah aplikasi yang saat ini kamu buka dan kamu gunakan sedang mengalami masalah, sehingga aplikasi tersebut tidak bisa berjalan dengan baik. Masalah dan penyebabnya pun ada berbagai macam, bisa aplikasi yang dibuka terlalu besar dan berat, sehingga RAM dan ROM dari laptop tidak bisa mendukung performa dari aplikasi tersebut. Bisa juga aplikasi yang kamu buka tersebut sudah rusak atau crash, sehingga aplikasi tersebut tidak berjalan dengan baik, selain itu bisa juga karena laptop kamu terkena virus sehingga aplikasi tersebut tidak bisa berjalan.

ads by posciety

Salah satu cara mengatasinya adalah menutup aplikasi yang tidak merespon tersebut secara paksa. Lalu bagaimana cara menutup aplikasi tersebut secara paksa? Berikut kami berikan 3 cara yang bisa kamu gunakan untuk menutup secara paksa aplikasi yang tidak merespon, diantaranya adalah:

Menggunakan Task Manager

Hal ini merupakan cara yang paling mudah dan cepat untuk menutup secara paksa aplikasi di laptop, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama silahkan buka Task Manager dengan menekan kombinasi keyboard Ctrl+Shift+Esc. Lalu akan terbuka tampilan dari Task Manager, lihat ada beberapa aplikasi yang aktif berjalan

2. Cari aplikasi yang mengalami masalah tersebut dan klik kanan di aplikasi tersebut, lalu pilih End Task. Secara otomatis aplikasi tersebut akan tertutup.

Menggunakan Windows Powershell

Windows Powershell biasanya digunakan oleh pemrogamer untuk perintah pemrograman mereka. Windows Powershell ini termasuk kedalam Command Line Interface atau CLI. Selain digunakan untuk pemrograman, Windows Powershell memiliki fungsi lainnya yakni menutup program aplikasi secara paksa. Dan berikut langkah-langkah menutup secara paksa aplikasi menggunakan Windows Powershell, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama, silahkan buka Run dengan menekan kombinasi keyboard Windows+R, lalu ketikkan Powershell, lalu klik Ok

2. Selanjutnya akan terbuka tampilan dari Windows Powershell, untuk mengetahui aplikasi yang sedang berjalan, silahkan ketik get-process dan akan terlihat program aplikasi yang sedang berjalan

3. Untuk menutup secara paksa aplikasi, silahkan ketikkan kill -processname (nama program atau aplikasi) lalu tekan Enter. Sebagai contoh, kami ingin menutup aplikasi Google Chrome. Maka perintah yang digunakan adalah kill -processname Chrome lalu tekan Enter. Secara otomatis aplikasi tersebut akan tertutup secara paksa.

Menggunakan Command Prompt

Command prompt merupakan sebuah program windows yang digunakan sebagai interpreter perintah DOS. Sama seperti Windows Powershell, Command Prompt juga biasa digunakan oleh pemrogamer untuk perintah pemrograman mereka. Selain itu, fungsi lain dari Command prompt adalah menutup aplikasi secara paksa. Berikut kami berikan langkah-langkah menutup secara paksa aplikasi menggunakan Command prompt, diantaranya adalah:

1. Pertama-tama, silahkan buka Run dengan menekan kombinasi keyboard Windows+R, lalu ketikkan cmd, lalu klik Ok

2. Selanjutnya akan muncul tampilan utama dari Command prompt, untuk mengetahui program aplikasi yang sedang berjalan, silahkan ketikkan tasklist

3. Selanjutnya untuk menutup aplikasi secara paksa, ketikkan taskkill /im (nama program) lalu tekan Enter. Sebagai contoh kami ingin menutup aplikasi Google Chrome, maka perintah yang digunakan adalah taskkill /im Chrome.exe lalu tekan Enter

4. Jika terdapat tulisan Succes, maka aplikasi tersebut telah tertutup secara paksa.

Nah, itulah 3 cara menutup aplikasi secara paksa, sekarang jika kamu mengalami masalah aplikasi kamu tidak merespon, jangan panik, kamu bisa menggunakan salah satu dari 3 cara diatas. Selamat mencoba.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya