3 Kampus Online Termurah dan Terbaik

0

Hari ini, sistem pendidikan online telah diberlakukan di seluruh dunia menyusul dampak dari pandemi. Meski sebenarnya ada beberapa kampus online yang telah memulainya lebih dulu, karena itu, kampus online kini menjadi pilihan bagus bagi kamu yang ingin mencoba pengalaman berbeda dengan belajar secara mandiri, disamping lebih mudah membagi waktu dengan pekerjaan, jika kamu juga bekerja. Nah, berikut ini daftar 3 kampus online terbaik dan termurah:

1. Universitas Terbuka

Universitas Terbuka atau UT telah dikenal sebagai salah satu Universitas yang menyediakan kuliah online yang termurah di Indonesia. Mahasiswanya tersebar di seluruh penjuru kota dari berbagai kalangan dan lapisan masyarakat. Dan kenapa kampus ini dinamakan Universitas Terbuka?

ads by posciety

Ini karena kampus tersebut menerapkan sistem pembelajaran jarak jauh (daring) dan terbuka, tanpa melakukan tatap muka melainkan menggunakan media. Yang dimaksud dengan “terbuka” yaitu bahwa para mahasiswanya dapat berasal dari kalangan manapun tanpa ada pembatasan usia, tahun ijazah, waktu registrasi, masa belajar, hingga frekuensi dalam mengikuti ujian. Sebagai syarat, para calon mahasiswa yang mendaftar hanya perlu menamatkan jenjang pendidikan menengah atas (SMA atau yang sederajat).

Bagi kamu yang sedang mencari kuliah online yang murah, Universitas Terbuka bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Karena UT menjadi salah satu Universitas dengan sistem kuliah online yang murah, yakni tidak lebih dari Rp 3 juta per-semesternya, dengan biaya kuliah yang sudah termasuk uang kuliah, registrasi ujian ulang, praktikum ulang, praktik ulang, registrasi karil, dan masih banyak lagi biaya lainnya yang disesuaikan dengan jenjang pendidikan yang ditempuh.

Ada dua program kuliah online yang ditawarkan oleh Universitas Terbuka, yaitu program sarjana atau diploma bagi mahasiswa di dalam negeri dan program sarjana dan diploma bagi mahasiswa yang berdomisili di luar negeri. Untuk program-programnya itu sendiri sebagai berikut:

  • Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Program Studi Matematika dan Program Studi Statistika
  • Program Studi Biologi dan Program Studi Teknologi Pangan
  • Program Studi Agribisnis
  • Program Studi Perencanaan Wilayah dan Kota
  • Fakultas Ekonomi
  • Program Studi Ekonomi Pembangunan dan Program Studi Manajemen
  • Program Studi Akuntansi
  • Program Studi Akuntansi Sektor Publik
  • Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik
  • Program Studi Ilmu Administrasi Negara
  • Program Studi Administrasi Niaga
  • Program Studi Ilmu Pemerintahan
  • Program Studi Ilmu Komunikasi dan Program Studi Sosiologi
    dan banyak lagi.

Jika kamu tertarik, silahkan kunjungi https://www.ut.ac.id/ untuk informasi yang lebih lengkap.

2. International Open University

Kampus online yang sebelumnya bernama Islamic Online University ini berpusat di Doha, Qatar. Ada sekitar lima ratus ribu mahasiswa yang terdaftar dari seluruh dunia di dalam berbagai program jurusan yang ditawarkan dengan biaya yang murah.

Perlu diketahui sebelumnya, bahwa sistem biaya perkuliahan ini kampus online ini cukup unik, karena setiap mahasiswa dikenakan biaya yang berbeda-beda tergantung kategori negara tempat dia berdomisili. Ada tiga kategori, yaitu Negara Sangat Maju dengan biaya $200/ semester, Negara Maju $150/ semester, dan Negara Berkembang $90/ semester. Maka untuk mahasiswa Indonesia cukup membayar $90 atau sekitar satu juta-an saja per-semesternya, murah, bukan?

Nah, untuk program yang ditawarkan di kampus ini sebagai berikut:

  • Bahasa Arab
  • Pendidikan
  • Psikologi
  • Administrasi Bisnis
  • Teknologi Informasi
  • Ekonomi Islam
  • Pendidikan Islam

Kabar baiknya, bagi kamu yang ingin mengambil Program Sarjana Studi Islam kini telah tersedia dalam bahasa Indonesia. Silahkan mengunjungi https://www.iou.edu.gm/ untuk informasi lebih lanjut.

3. University of People

Ada solusi yang ditawarkan University of The People (UoPeople) bagi kamu yang ingin kuliah dengan biaya murah. Universitas online yang terakreditasi di Amerika ini menyediakan kuliah gratis untuk sejumlah program studi berbasis online. Di antaranya yaotu, administrasi bisnis, ilmu komputer, dan studi kesehatan. University of People atau UoPeople membuka kesempatan itu bagi calon mahasiswa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Jenjang yang tersedia untuk ketiga jurusan tersebut, yakni gelar S1 dan gelar associate (di sini setara D2). Sementara, untuk S2 hanya tersedia untuk program MBA (Master of Business Administration). Gelar yang dikeluarkan UoPeople juga telah diakui di seluruh dunia, bahkan dengan cukup bagus.

Karena UoPeople dikelola bersama oleh universitas-universitas terkemuka di dunia, seperti Yale University, University of Oxford, Columbia University, UC Berkeley, dan New York University. UoPeople sendiri awalnya merupakan organisasi non-profit yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi orang-orang dari seluruh dunia untuk mendapatkan pendidikan tinggi.

Biaya yang perlu dikeluarkan mahasiswanya hanyalah pendaftaran sebesar $60, serta biaya setiapkali mengikuti ujian sebesar $100 untuk program S1 per-mata kuliah. Khusus program S2, biaya ujian dikenakan sebesar $200 per-mata kuliah. Tapi, jika kamu mengalami kendala biaya, UoPeople menawarkan berbagai program beasiswa yang dapat kamu apply. Silahkan kunjungi https://www.uopeople.edu/ untuk informasi selengkapnya.


Bagaimana setelah mengetahui informasi 3 kampus online termurah dan terbaik diatas? Adakah program pilihanmu di antara ketiga kampus tersebut? Dan apakah kamu akan mendaftar di salah satunya? Silahkan tulis komentarmu, semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya