3 Langkah menambahkan user profile di chrome

0

Tahukah kamu? Kamu dapat menambahkan beberapa user profile di Chrome pada perangkat yang sama, masing-masing user dengan setelan, bookmark, dan temanya sendiri. Jika kamu memiliki akun yang berbeda, seperti akun kantor dan pribadi, kamu juga dapat menggunakan profil Chrome untuk memisahkan bookmark, ekstensi, dan setelan akunmu. Dengan user profile, kamu dapat memisahkan semua informasi Chrome, seperti bookmark, riwayat, sandi, dan setelan lainnya. Penambahan user profile ini ideal untuk:

  • Berbagi perangkat dengan orang lain.
  • Memisahkan akunmu yang berbeda, seperti akun kantor dan akun pribadi.

Penting diingat, untuk hanya bagikan perangkatmu dengan orang yang kamu percayai. Jika seseorang menggunakan perangkatmu, mereka dapat beralih ke profil Chrome lain di perangkat tersebut. Lalu, apa yang dapat dilihat orang lain saat kamu berbagi info di Chrome? Jika mereka membuka profil Chrome-mu, mereka dapat melihat info seperti situs web yang kamu kunjungi.

ads by posciety

Seperti yang telah diketahui, kamu hanya dapat memiliki satu profil Chrome di perangkat Android. Untuk mengizinkan orang lain menggunakan Chrome di perangkat Androidmu, kamu bisa tambahkan mereka ke perangkatmu. Kemudian, dengan menggunakan Chrome, profil dapat beralih ke pengguna itu. Di artikel ini, kita akan membahas 3 langkah menambahkan user profile di Chrome.

Kamu dapat berbagi perangkat dengan keluarga dan teman dengan membuat user profile untuk setiap orang. Setiap user profile memiliki ruang pribadi di perangkat untuk layar utama kustom, akun, aplikasi, setelan, dan lainnya.

Berikut ini 3 langkah menambahkan user profile di Chrome. Perlu diingat, untuk menambah atau memperbarui pengguna, kamu harus menjadi pemilik perangkatnya.

  1. Buka “Setting” di Chrome.
  1. Pilih nama pengguna > pilih “Add account to device” atau “Tambahkan akun ke perangkat”.
    Jika kamu tidak dapat menemukan setelan ini, coba cari “Pengguna” di Setting Chrome-mu.
  1. Isi form sign in Google dan klik “next” untuk masuk.
    Jika kamu tidak melihat salah satu opsi, artinya perangkatmu tidak dapat menambahkan pengguna.

Beres!

Itulah cara menambahkan user profile di Chrome. Apa yang dapat dibagikan dengan semua user profile yang menggunakan perangkat? Berikut ini:

  • Pembaruan untuk aplikasi yang dipasang oleh lebih dari satu pengguna perangkat
  • Beberapa pengaturan, seperti Wi-Fi dan Bluetooth

Apa yang tidak dapat dibagikan dengan semua user profile yang menggunakan perangkat:

  • File dan pesan, seperti teks, email, foto, musik, dan lainnya
  • Data dari aplikasi yang dipasang pengguna lain.

Nah, sampai di sini apakah kamu sudah memahami tentang user profile dan cara menambahkannya di Chrome? Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah tipe-tipe user profile yang penting untuk kamu ketahui:

  • User atau Pengguna
    Pengguna yang bukan pemilik perangkat adalah tipe profil untuk seseorang yang mungkin sering menggunakan ponselmu, seperti anggota keluarga. Semua pengguna memiliki ruang sendiri di perangkat untuk layar utama pribadi, kustom, akun, aplikasi, setelan, dan lainnya.
  • Guest atau Tamu
    Profil tamu ditujukan untuk seseorang yang menggunakan ponselmu untuk waktu yang singkat. Seperti pengguna, profil tamu memiliki ruang sendiri di perangkat, tetapi lebih mudah untuk menghapus ruang ini saat tamu selesai menggunakan perangkatmu.
  • Akun
    Akun memungkinkan kamu menggunakan layanan seperti Gmail dengan satu nama pengguna dan kata sandi. Seperti cara diatas, kamu bisa pelajari cara menambahkan akun pengguna ke Chrome.
  • Profil terbatas (hanya tablet)
    Profil terbatas memungkinkan kamu dapat mengontrol fitur dan konten apa yang dapat dilihat pengguna. Misalnya, kamu dapat membatasi ketersediaan konten dewasa. Pelajari lebih lanjut tentang profil yang dibatasi di situs resmi Google.

Profil Chrome tentu bukanlah hal baru—saat ini kamu bahkan dapat lebih mudah bertukar antar user profile Google untuk menyimpan ekstensi, aplikasi, riwayat, tema, dan bookmark yang dipersonalisasi untuk berbagai pengguna di komputer bersama; dan juga menyinkronkan pengaturan tersebut antar perangkat.

Saat ini, pembaruan baru juga mencakup perluasan ke fitur Daftar Bacaan Chrome, yang sebelumnya terbatas pada aplikasi iOS. Dimana sekarang, kamu dapat menyimpan artikel untuk dibaca nanti di Chrome versi Android dan desktop.

Sekian tentang user profile Chrome, tipe-tipenya, serta 3 langkah menambahkan user profile di Chrome. Mudah, bukan? Nah, jika kamu memiliki tips dan trik berguna lainnya di Chrome, silahkan tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya