3 Langkah Mudah Membuat Kursus Online di WordPress Menggunakan LearnPress

0

Kursus online bukan lagi sesuatu yang asing bagi kita sekarang. Apalagi setelah pandemi, dengan banyaknya penyedia kursus online, ditambah sistem pembelajaran online dari sekolah, membuat kita semakin familiar dengan konsep online ini.

Selain itu, bisnis kursus online juga dinilai profitable seiring dengan berjalannya tren ini. Nah, apakah kamu tertarik untuk mencoba membuat kursus online sendiri? WordPress bisa menjadi tempat yang bagus untuk memulai. Dikutip dari wpbuffs, berikut ini 3 langkah mudah membuat kursus online di WordPress:

Langkah 1: Unduh dan Instal Plugin LearnPress

ads by posciety

Jika kamu belum melakukannya, langkah pertama adalah mendownload dan menginstal plugin LMS ke situs WordPress mu. Untuk tutorial ini, kita akan menggunakan plugin LearnPress gratis. Namun, meskipun kamu menggunakan plugin LMS premium yang berbeda, prosesnya relatif sama.

Buka Plugins > Add New dari dasbor admin. Jika kamu mengunduh plugin dari WordPress Plugin Directory, unggah plugin dengan memilih tombol Upload Plugin. Atau, kamu dapat menelusurinya di halaman plugin, lalu klik Install Now, diikuti dengan Activate:

Setelah selesai menginstal, kamu akan mendapatkan pesan yang memberi tahu mu bahwa prosesnya berhasil. Pilih tombol Run setup wizard :

img: wpbuffs

Ini akan membawa mu ke Welcome screen. Klik Run setup wizard sekali lagi untuk mengikuti petunjuknya :

img: wpbuffs

Petunjuk yang diperlukan meliputi:

  • Mata uang, di mana kamu dapat memutuskan jenis mata uang yang ingin kamu terima untuk kursus online mu dan bagaimana mata uang itu akan ditampilkan di situs mu.
  • Halaman Statis untuk mu memilih halaman mana yang akan ditampilkan untuk halaman arahan kursus online mu, seperti halaman ‘Checkout’.
  • Pembayaran untuk mengonfigurasi gateway pembayaran yang ingin kamu gunakan untuk menerima pembayaran kursus online mu.
  • Email yang dapat kamu pilih untuk mengaktifkan setelan untuk mengaktifkan email secara otomatis kepada siswa mu.

Setelah kamu selesai mengerjakan tab ini, yang terakhir adalah halaman Finish. Di layar ini, kamu akan melihat sejumlah opsi:

img: wpbuffs

Kamu dapat kembali ke dasbor WordPress, langsung membuat kursus online, atau menginstal sampel kursus. Direkomendasikan untuk menginstal sampel kursus sehingga kamu bisa mendapatkan pratinjau tentang tampilan kursus online mu di frontend. Catatan: Tampilan akan didasarkan pada tema WordPress mu saat ini.

Langkah 2: Buat Kursus Baru

Setelah selesai dengan wizard penyiapan dan mengambil sampel kursus online, kamu dapat kembali ke dasbor WordPress. Dari sana, buka LearnPress > Courses > Add New:

img: wpbuffs

Kamu akan melihat halaman ini terlihat sangat mirip dengan halaman WordPress standar. Masukkan nama kursus serta deskripsi tentang kursus tersebut.

Seperti halaman WordPress pada umumnya, kamu memiliki opsi untuk menambahkan atau menerapkan kategori ke kursus mu. Sebaiknya lakukan ini jika kamu berencana untuk membuat dan mendistribusikan beberapa kursus karena ini dapat membantu mu tetap teratur.

Selanjutnya, di bagian Curriculum, tambahkan lessons dan sections. Ini akan relatif cepat jika kamu membuat outline kursus:

img: wpbuffs

Catatan: Untuk saat ini, kamu cukup memberi nama sections (artinya ‘lessons / pelajaran’) dan memberikan deskripsi atau ringkasan singkat tentang apa yang akan disertakan dalam pelajaran. Kita akan menyempurnakan konten pelajaran di langkah selanjutnya. Setiap pelajaran bisa menjadi topik atau subtopik baru dari kursus mu.

Langkah 3: Konfigurasikan Pengaturan Kursus

Setelah kamu selesai menguraikan kurikulum kursus, scroll ke bawah ke bagian Course Setting. Di sini, kamu akan menemukan lima tab.

Yang pertama adalah tab General:

img: wpbuffs

Di bagian ini, kamu dapat memilih durasi kursus dalam hitungan menit, jam, hari, atau minggu. Kamu juga dapat menetapkan batas jumlah siswa yang dapat mendaftar di kursus.

Berikutnya adalah tab Assessment:

img: wpbuffs

Di sinilah kamu dapat memilih bagaimana kamu akan mengevaluasi siswa yang mengikuti kursus online mu. Kamu dapat mempelajari lebih lanjut tentang setiap opsi dengan mengarahkan mouse ke tanda tanya di akhir item. Namun, kamu dapat tetap memilih yang pertama jika kamu tidak berencana menggunakan kuis untuk memberikan nilai.

Selanjutnya, kamu akan pindah ke bagian Price :

img: wpbuffs

Di sinilah kamu dapat menentukan dan menetapkan harga untuk kursus mu. Jika kamu berencana untuk menjadikannya gratis dan dapat diakses oleh publik, kamu dapat memilih kotak di samping “No Requirement Enroll.”

Dua tab lainnya adalah Review Logs dan Author. Di bagian Review Log, kamu dapat mengelola ulasan yang didapat dari kursus online mu. Untuk saat ini, ini bukan sesuatu yang perlu kamu khawatirkan karena belum ada ulasannya.

Demikian pula, bagian Author hanya berisi email mu. Pastikan untuk mengklik tombol Save Draft di pojok kanan atas setelah selesai.

Pada tahap ini, kita telah membangun kerangka kerja untuk kursus online mu. Namun, tetap perlu diisi dengan isi dari konten kursus yang kamu buat, atau isi pelajarannya.

Buka LearnPress > Lessons dari dasbor WordPress:

img: wpbuffs

Selain pelajaran, jenis konten lain yang dapat kamu sertakan dalam kursus mu adalah kuis. Untuk melakukannya, buka LearnPress > Quizzes > New Quiz:

img: wpbuffs

Nah, itu tadi 3 langkah mudah membuat kursus online di WordPress. Semoga bermanfaat, selamat mencoba!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya