3 Layanan WYSIWYG Editor Terbaik & Gratis

Mau menerapkan WYSIWYG Editor di situs web / platform lain ? Lihat 3 layanan WYSIWYG terbaik terpopuler dan bisa digunakan secara gratis dibawah ini, tapi sebelumnya saya akan jelaskan terlebih dahulu sedikit tentang WYSIWYG Editor.

Apa Itu WYSIWYG Editor ?

WYSIWYG Editor merupakan singkatan dari What You See Is What You Get Editor yang artinya layar pengeditan dengan komponen lengkap sehingga apa yang kita gunakan tersedia langsung ada di satu tempat, contohnya Microsoft Word. Editor ini sangat berguna ketika ingin melakukan pengetikkan yang memerlukan banyak komponen didalamnya seperti huruf tebal, masukkan gambar, masukkan link, merubah warna, penjajaran teks, gaya teks, dsb.

Dengan WYSIWYG pengguna dapat menulis artikel, membuat konten menarik dengan komponen-komponen berbeda didalamnya, dsb. WYSIWYG ini memiliki bar biasanya dibagian atas editor (contoh: Microsoft Word / WordPress / Blogspot), bar ini yang menjadi faktor utama kenapa editor tersebut disebut WYSIWYG. Tapi posisi bar ini bukan menjadi persoalan utama yang terpenting adalah fungsinya, harus berjalan dengan baik dan penempatannya yang pas.

3 Layanan Terbaik

Ada 2 layanan terbaik dan populer saat ini, kedua layanan ini juga menyediakan versi gratisnya.

#1TinyMCE

TinyMCE merupakan penyedia layanan Editor yang populer pertama karena sudah banyak sekali yang menggunaknnya termasuk tema-tema WordPress / Bootstrap, TinyMCE juga merupakan editor yang berbasis platform independen dibuat dengan JavaScript dan disebarkan sebagai perangkat terbuka.

Textarea biasa pada HTML dikembangkan dan dimodifikasi oleh TinyMCE menjadi editor yang lengkap maka disebutlah WYSIWYG Editor, TinyMCE juga sudah dirancang sedemikian rupa supaya dapat digunakan juga di CMS seperti Drupal / WordPress / Joomla / Django.

Lihat Demo

TinyMCE Homepage | Lihat Cara Penggunaannya

#2 CKEditor

Selanjutnya ada CKEditor merupakan Editor terpopuler juga, dulunya bernama FCKEditor. CKEditor merupakan WYSIWYG Editor open source yang dirancang untuk menghadirkan fitur pengolah secara langsung dan lengkap. Sama seperti TinyMCE, CKEditor juga dibangung menggunakan JavaScript. Ketika menggunakan CKEditor, pengguna dapat menggunakan versi standar, drag and drop atau accessibilty checker.

Lihat Demo

CKEditor Homepage | Lihat Cara Penggunannya

#3 Froala Editor

Froala Editor juga tidak kalah bagusnya dari 2 editor diatas, sama-sama WYSIWYG Editor dengan fitur dan tampilan menarik. Froala juga dapat digunakan untuk aplikasi, dibuat menggunakan JavaScript dengan sistem yang ramah memungkinkan pengguna untuk menulis konten / artikel dengan komponen pengeditan yang luas. Froala tidak hanya menyediakan editor saja tapi juga web tool lain yang bermanfaat untuk para penggunanya.

Lihat Demo

Froala Editor Homepage

Kesimpulan

Sebetulnya, ketiga editor diatas sama-sama bermanfaat dan memiliki kinerja yang baik. Tapi masalahnya justru ada di pengguna, mana yang lebih disuka dan mana yang dianggap lebih memenuhi keperluan penggunaan karena setiap pengguna tentu memiliki selera masing-masing. 3 Editor diatas juga memiliki daftar harga yang bersahabat dan menyediakan untuk digunakan secara gratis.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi