3 Pertanyaan Tidak Konvensional Saat Wawancara Kerja

Ini sekedar sharing aja, bisa untuk membantu para pelamar.

Rekrut karyawan tidaklah mudah, perlu mencari kandidat yang sesuai kualifikasi dan perlu diadakan wawancara / interview.

Bisa dikatakan wawancara ini adalah waktu yang kalian sempatkan untuk berbincang secara teori dengan orang asing yang tidak pernah kalian kenal sebelumnya. Setiap peruhaan yang terlalu cepat / asal-asalan mengambil keputusan merekrut karyawan tanpa melihat kualifikasi yang diperlukan akan berdampak besar (buruk) untuk perusahaan.

Setiap jenis perusahaan tentu memiliki pertanyaan-pertanyaan yang berbeda dan tergantung bidang pekerjaan yang diperlukan juga. Misalnya, perusahaan teknologi tentu akan membuat atau memaksa kalian berpikir dan mengasah otak bahkan mencoba mencarikan solusi dan menulisnya di papan tulis. Perusahaan kantoran akan bertanya tentang kekuatan dan kelemahan diri kalian bahkan sampai bertanya pemecahan masalah yang baru saja kalian lakukan untuk perusahaan terakhir.

Dan hampir setiap pe-wawancara ingin merasa dekat dengan kalian sebagai kandidat pe-rekrutan dengan memberikan kesempatan kalian bertanya, itu tujuannya pe-wawancara ingin mengetahui sampai mana rasa penasaran dan sampai mana rasa ingin tahun kalian maka ia bisa melihat bagaimana kalian tertarik dengan pekerjaan tersebut. Hanya sekedar butuh (punya pekerjaan) atau memang tertarik dan menyukai.

Pada wawancara ini setiap pe-wawancara memiliki waktu singkat untuk mengenal siapa diri kandidat ini, apakah bagus untuk perusahaan? Disini saya bagikan pertanyaan2 yang biasa dilontarkan oleh pe-wawancara. Mungkin sebagian dari kalian mendapatkan pertanyaan yang berbeda2. Pertanyaan ini sering saya dapatkan ketika melamar kerja di perusahaan yang membutuhkan untuk official atau kantoran (bidangnya bisa berbeda tapi sering sekali pertanyaannya sama).

 Opini / Pendapat apa yang terakhir kali (tahun lalu) Anda berikan dan dampak perubahannya seperti apa ?

Pertanyaan ini termasuk pertanyaan tidak konvensional atau tidak biasanya. Namun pertanyaan ini cukup bagus untuk mengetahui sampai mana pemikiran si kandidat. Pertanyaan ini adalah rasa ingin tahu si pe-wawancara sampai mana / bagaimana kandidat ini memecahkan masalah dan cara pandangnya terhadap masalah dan apakah solusi / perubahannya tepat ?

Pertanyaan ini tentu tidak akan ada 2 jawaban yang persis sama karena setiap orang mengalami masalah berbeda dan menentukan solusinya masing-masing. Lalu apa yang harus diceritakan oleh pelamar / kandidat ini ?

Tips saya nih, certiakan dengan rendah hati (tidak berpikir kalianlah yang merubah segalanya menjadi lebih baik pada perusahaan itu), ceritakan dengan jujur (karena masalah bukanlah kendala di perusahaan baru, bisa jadi kekurangan yang kalian lakukan pada perubahan tersebut adalah kelebihan pada perusahaan baru ini), ceritakanlah setidaknya bahwa kalian mampu bekerja sama dengan tim (walaupun misalnya dalam pemecahan masalah tersebut kalian sendiri yang menyelesaikan, tapi kali ini ceritakan bahwa kalian orang yang berpikir terbuka, mampu berkompromi dan sangat bisa di andalkan untuk bekerja tim).

Apa jawaban yang buruk dari pertanyaan ini ? Yakin, kalian akan disuruh pulang segera ketika kalian menjawab TIDAK PERNAH. Maka dari itu jawablah setidaknya sedikit beberapa detik saja, jika kalian tidak melakukan perubahan maka ceritakan bagaimana kalian membantu tim yang mempunyai rencana untuk melakukan perubahan.

Pertanyaan ini akan sangat mudah untuk kalian yang beripikir IDEALIS. tapi ingat, IDEALIS yang EGOIS kadang tidak tepat di beberapa perusahaan.

 Terbaik / Terburuk apa yang Anda dapatkan setelah itu ?

Pertanyaan ini bukan hanya ingin menilai apakah keputusan kalian tepat di masa lalu tapi juga ingin mengetahui apakah kalian bisa berbagi cerita / motivasi (jika hasilnya baik) dengan baik atau bisa menasehati (jika hasilnya buruk) dengan baik pula.

Jawablah pertanyaan dengan tepat, jujur dan usahakan agak sedikit lama karena ini adalah hasil dari keputusan kalian pada pertanyaan pertama. Bahkan jika si pe-wawancara tersebut merasa mendapat pengetahuan baru dari diri kalian maka kemungkinan besar kalian bekerja di perusahaan tersebut !

Jangan membuat jawaban yang membingungkan atau cenderung mendekati bohong. Ceritakanlah dengan jelas dan tegas kalo perlu dengan emosional (apa lagi kalo hasil keputusan kalian waktu itu buruk / gagal tentu merasa sedih kesal atau apapun).

Apakah saya salah menceritakan jika saya gagal waktu itu ? TIDAK ! Justru mereka mendapatkan pelajaran baru dan mengetahui apa yang kandidat butuhkan jika dia nanti memberi keputusan lagi untuk perusahaan baru ini. Tapi jika keputusan kalian gagal waktu itu karena EGOIS dan kebodohan diri sendiri, kemungkinan kalian diterima akan menjadi sangat kecil (kecuali kalian mempunyai mantra khusus untuk ini) 😀

 Tolong ceritakan bagaimana nasib hidup Anda dan bagaimana cara Anda menjalani hidup

Hati2 pada pertanyaan seperti ini. Certiakanlah sejujurnya.

Pertanyaan ini hanya ingin mengetahui rasa empati kandidat. Ceritakan jujur, rendah hati dan tidak manja. Biasanya cerita yang rendah hati dan selalu mendapat motivasi untuk berubah menjadi lebih baik cenderung dinilai baik oleh pe-wawancara. Mereka bisa lihat bagimana kalian berdiri dari keterpurukkan dan berjalan diantara duri2, cieeelaaah bahasanya 😀

Dalam beberapa wawancara, biasanya ingin mengetahui nilai HOKI atau keberuntungan kalian. Jadi, sedikitnya tolong ceritakanlah kalian pernah atau sering mendapat keberuntungan tak terduga (tidak terlalu berlebihan nanti disangka bohong walaupun kenyataannya benar). Pertanyaan ini menjelaskan bahwa perusahaan ingin mencoba menilai kandidat dari nilai kecerdasan dan keberuntungannya. Ceritakan keberuntungan yang mengesankan dan menguntungkan buat kalian, ceritakan dengan sebaik-baiknya ya…

Saya tidak tahu bagaimana pe-wawancara kalian nanti akan bertanya dan bagaimana pola pertanyaan nya. Yang jelas, dari kita semua mendukung siapapun yang berani dan mau mencoba ! GoodLuck…

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi