3 Plugin WordPress Penerjemahan Bahasa Gratis Terbaik

Secara default, WordPress dan komponen lain seperti Plugin akan menggunakan bahasa bawaannya yaitu bahasa Inggris US. Sementara WordPress sudah terkenal dan banyak digunakan termasuk negara-negara selain Amerika atau negara yang menggunakan bahasa Inggris contohnya Indonesia.

Bahasa Indonesia tentu berbeda jauh dengan bahasa Inggris US maka perlu diterjemahkan supaya dapat lebih mudah dipahami oleh warga Indonesia, begitu juga pada negara lain. Maka dari itu WordPress mulai melebarkan sayapnya dengan meminta bantuan dari pengguna WordPress di setiap negara untuk menerjemahkan ke bahasanya masing-masing sehingga WordPress kini sudah tersedia dalam beberapa bahasa.

Selain itu, ada juga beberapa pengguna yang ingin menerjemahkan bahasa Indonesia WordPress dengan terjemahannya sendiri seperti contoh pada WordPress ketika login gagal maka akan menampilkan username dari email yang dimasukkan dan pemberitahuan bahwa password untuk username tersebut salah. Hal ini dapat menjadi salah satu kelemahan jika ada orang jahil yang ingin membobol situs WordPress dan lebih memungkinkan untuk dibobol karena sudah mengetahui username tersebut / username admin.

Bermula dari situ, beberapa author plugin mulai membuat plugin penerjemahan yang dapat digunakan untuk menerjemahkan WordPress ke terjemahan yang diinginkan. Selain itu, plugin penerjemahan ini dapat juga menerjemahkan tema dan plugin yang sedang digunakan di situs WordPress yang bersangkutan.

Jadi, untuk pengguna WordPress yang ingin menerjemahkan tema atau pluginnya bisa menggunakan plugin penerjemah dibawah ini. Berikut ini 3 plugin penerjemahan WordPress terbaik versi riobermano.com:

#1 Loco Translate

plugin penerjemahan wordpress gratis terbaik loco translate - rio bermano

Merupakan plugin WordPress yang memberikan pengeditan didalam file terjemahan WordPress, Tim Whitlock sebagai author Loco Translate¬†menyediakan juga pelokalan untuk pengembang seperti mengekstrak string dan membuat template. Banyak sekali fitur yang akan didapatkan mulai dari “penerjemahan dari dasbor admin”, “membuat/mengedit terjemahan secara langsung”, dan fitur lainnya yang tentu menguntungkan pengguna dalam penggunaan plugin ini.

Download

#2 Polylang

Plugin ini memungkinkan pengguna untuk memiliki situs WordPress dalam 2 atau beberapa bahasa, ketika menggunakan plugin ini maka ketika membuat sebuah postingan / halaman / lainnya dapat menentukan apakah menggunakan bahasa default yang sudah ditentukan di halaman pengaturan Polylang atau menggunakan bahasa lain.

Federic Demarle sebagai author plugin ini juga menyediakan layanan RTL walaupun menggunakan multi bahasa, jadi situs kalian akan tetap aman susunan kata dan bahasanya walaupun menggunakan LTR dan RTL. Seperti pada umumnya plugin penerjemahan, plugin ini juga dapat menerjemahkan segala komponen yang ada di WordPress seperti widget, post, kategori, halaman, dsb.

Download

#3 GTranslate

Edvard Ananyan adalah author plugin ini, ia membuat plugin penerjemahan ini sedikit berbeda dengan plugin penerjemah lainnya yaitu menggunakan kekuatan Google Translate dalam penerjemahannya dan dapat membuatnya menjadi multi bahasa. Penerjemahan ini akan secara otomatis menerjemahkan kedalam bahasa-bahasa yang tersedia di terjemahan Google, dengan begitu pengunjung situs berasal dari manapun akan ditampilkan menggunakan bahasanya masing-masing.

Download

Kesimpulan

Plugin penerjemah WordPress yang disebutkan diatas merupakan plugin gratis, banyak penggunanya dan cocok dengan WordPress terbaru ketika artikel ini dituliskan. Setelah menggunakan salah satu plugin diatas maka tidak perlu bingung lagi menerjemahkan tema, plugin atau sistem WordPress sekalipun bahkan tidak perlu menggunakan anak tema lagi karena terjemahan secara otomatis dibuat ketika plugin diatas masih terpasang.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi