4 Cara Mengatasi Balita Demam, Mudah Dilakukan di Rumah

Demam yaitu kondisi dimana suhu tubuh melebihi 38ºC, demam merupakan bagian dari proses kekebalan tubuh seseorang yang sedang melawan infeksi akibat bakteri, virus maupun akibat parasit. Demam memang umum terjadi pada siapa saja, mulai dari bayi hingga usia lanjut. Biasanya demam akan menghilang dalam beberapa jam atau beberapa hari tanpa/menggunakan obat, tetapi untuk demam yang diakibatkan karena adanya penyakit tertentu diharuskan untuk melakukan penanganan medis.

Pada umumnya, demam dapat terjadi akibat reaksi sistem kekebalan tubuh pada saat melawan infeksi terutama saluran pernafasan bagian atas. Selain infeksi, demam juga dapat terjadi akibat reaksi setelah vaksinasi. Serta suhu tubuh dapat meningkat jika terlalu lama berada di luar pada saat cuaca panas, atau dapat terjadi juga karena menggunakan bajunya terlalu tebal.

Pada anak, demam didefinisikan ketika suhu tubuh anak melebihi 37ºC jika diukur di ketiak, >37,8ºC jika diukur di mulut, dan >38ºC jika diukur di dubur anak. Anda pasti khawatir ketika buah hati Anda mengalami demam, berikut adalah cara untuk mengatasi demam pada balita,

Cara Mengatasi Demam Pada Balita

  • Mandi menggunakan air hangat

Meskipun buah hati Anda sedang demam, tetapi buah hati Anda harus tetap mandi atau hanya di lap saja. Mandi menggunakan air hangat dianggap bisa membantu menurunkan demam pada buah hati Anda, air hangat yang mengenai kulit akan membantu untuk mendinginkan tubuh dan membuat suhu tubuh sedikit demisedikit menjadi turun.

  • Kompres hangat

Kompres dengan menggunakan air hangat dapat Anda lakukan untuk membantu menurunkan demam pada buah hati Anda, disarankan untuk mengompres hangat pada bagian kening, leher, bagian lipatan-lipatan sepeti pada ketiak, atau pada selangkangan buah hati Anda.

  • Berikan asupan makanan dan minum sedikit tapi sering

Ketika buah hati Anda mengalami demam, disarankan untuk memberikan asupan makan dan minum air putih sedikit tapi sering. Hal ini dilakukan bertujuan untuk mencegah buah hati Anda dari dehidrasi, karena demam mengakibatkan kehilangan cairan dari biasanya. Biasanya pada saat demam nafsu makan akan berkurang, hal inilah justru akan membuat lambatnya kesembuhan pada buah hati Anda.

  • Ganti menggunakan pakaian yang tipis

Ganti pakaian dengan pakaian yang tipis, hal ini bertujuan agar dapat membantu panas pada buah hati Anda dapat keluar dengan cepat sehingga suhu tubuh dapat kembali normal.

Jika demam pada buah hati Anda berangsur dalam jangka waktu yang lama, maka segera lah untuk membawa buah hati Anda ke Rumah Sakit terdekat agar buah hati Anda mendapat penangan medis.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Komen yang ditutup, tetapi jejak balik dan ping balik terbuka.

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi