4 Fakta Channel YouTube Calon Sarjana Plagiat Konten YouTube Asing, Ernest Prakasa Auto Nyinyir!

Nama channel YouTube Calon Sarjana memang sangat populer dikalangan netizen tanah air. Bagaimana tidak? Banyak netizen yang merasa dipintarkan dengan informasi-informasi yang diberitakan dalan channel YouTube Calon Sarjana. Tak heran jika Calon Sarjana mendapatkan lonjakan subscriber dan jumlah penonton dalam beberapa tahun saja.

Namun, bukan itu yang membawa Calon Sarjana menjadi topik pembahasan terhangat beberapa kali ini. Pasalnya, pemilik sebuah channel YouTube luar negeri memberikan cuitan yang membuat orang menggelengkan kepala mengetahui beberapa fakta seputar Calon Sarjana.

Akun Twitter @JTonYouTube mengungkap bahwa Calon Sarjana mencuri konten miliknya tanpa memberikan kredit, bahkan menggunakan thumbnail video yang sama yang ditambahi emoji serta watermark.

Ekspose yang dilakukan JT terhadap Calon Sarjana tidak hanya lewat Twitter, tapi juga lewat video yang diunggah di channel YouTube-nya. Di situ JT menjelaskan semua bagian video, termasuk screenshot dan thumbnail, dicomot oleh Calon Sarjana dengan narasinya diterjemahkan dalam bahasa Indonesia.

Alhasil, the power of netizen Indonesia menjadikan cuitan ini sebagai tranding topik yang berimbas pada komentar komentar pedas bagi akun Calon Sarjana. Bahkan komentar pedas tak hanya datang dari kalangan netizen biasa, tapi juga dari seorang sutradara muda sekelas Ernest Prakasa.

5 Fakta Calon Sarjana Termasuk Golongan Plagiarisme

Lalu, Bagaimana reaksi para sosok dibalik channel YouTube Calon Sarjana, dan konten apa saja yang merupakan hasil plagiarisme? Yuk, simak beberapa fakta berikut ini!

1. Memiliki 12 Juta Subscriber

Calon Sarjana pertama kali bergabung di YouTube pada 19 Januari 2016. Hanya 3 tahun setelah bergabung, mereka berhasil memiliki 12,4 juta subscriber.

Video-video yang diunggah Calon Sarjana kebanyakan berupa clickbait, telah ditonton sebanyak 2,5 miliar kali. Rupanya mereka merupakan channel yang dikelola oleh grup Infia yang juga mengelola beberapa akun media sosial seperti @Dagelan.

2. Dicibir Netizen Hingga Ernest Prakasa

Sejak ekspose yang dilakukan JT, netizen Indonesia pun ikut mencibir tindakan Calon Sarjana. Beberapa netizen pun mengungkit kejadian sebelumnya di mana Calon Sarjana pernah mencuri konten dari YouTuber lainnya, bahkan dengan thumbnail yang sama, hanya dengan judul dan narasinya diganti ke bahasa Indonesia.

Bahkan Ernest Prakasa pun menyampaikan kekecewaannya terhadap akun Calon Sarjana, yang dianggapnya membuat malu satu negara. Hal itu di sampaikan Ernest dalam cuitan di akun Twitter miliknya.

3. Sudah Meminta Maaf?

Setelah mendapat copyright strike dari JT, Calon Sarjana langsung menghapus video yang telah mereka contek dari JT. Mereka juga langsung meminta maaf kepada JT lewat Twitter.

Tapi JT menekankan bahwa Calon Sarjana masih memiliki ratusan video yang dicomot dari kreator lain. Ia mengaku bahwa permintaan maaf ini hanya dilakukan Calon Sarjana karena mereka merasa terancam.

Calon Sarjana kemudian membuat permintaan maaf publik lewat akun Twitter mereka @CalonSarjanaa. Mereka mengaku kejadian ini murni kesalahan mereka karena lalai tidak mencantumkan sumber video dan berjanji tidak akan mengulangi kesalahan tersebut.

4. Berpenghasilan Puluhan Miliar Per-Tahun

Dibuat sejak Januari 2016, Calon Sarjana telah mengunggah sebanyak 1.197 video dan mengumpulkan 12,4 juta Subscriber. Dalam jangka waktu hampir 4 tahun, mereka telah mengumpulkan total View sebanyak lebih dari 2,5 miliar kali.

Estimasi penghasilan channel YouTube Calon Sarjana adalah sebesar 28.300 hingga 452.400 dolar AS atau setara dengan Rp. 400 juta hingga Rp. 6,3 miliar per bulan. Sangat besar, penghasilan channel YouTube Calon Sarjana per tahun bahkan mencapai kisaran 339.300 hingga 5,4 juta dolar AS atau Rp 4,7 miliar hingga Rp 75,7 miliar.

5. Berada dalam Naungan Infia

Berdasarkan penelusuran Kompas.Com, dugaan plagiat yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana yang telah memiliki 12,4 juta subscriber ikut menyeret nama Chief Executive Office (CEO) Infia Media Pratama, Richo Pramono.

Awalnya nama Richo sebagai CEO muncul saat Ernest Prakasa melalui cuitannya di akun @ernestprakasa menyebut Infia dalam dugaan plagiat yang dilakukan akun YouTube Calon Sarjana terhadap akun YouTube asing JT yang memiliki subscriber 456 ribu.

Ramainya kasus ini akhirnya membuat Richo angkat bicara. Melalui akun Twitter @jerangkah, Richo yang baru menjabat sebagai CEO Infia Media Network awal tahun 2019 menyampaikan permintaan maaf atas dugaan pelanggaran hak cipta. Terlebih akun Calon Sarjana berhasil mendapatkan subscriber sangat banyak dan telah dipercaya sebagai akun yang dianggap memberikan informasi bermanfaat.

“Salam kenal, saya Richo. Betul saat ini saya masih dipercaya memimpin Infia Media Network sejak awal 2019. Dalam kesempatan ini, dengan kerendahan hati saya meminta maaf jika telah menyakiti banyak pihak. Izinkan saya menjelaskan beberapa hal…,” tulis Richo mengawali thread-nya seperti dikutip Kompas.com, Jumat (8/11/2019).

“Namun, kami sama sekali tidak terlibat secara operasional, tidak pula berwenang untuk menentukan konten apa yang ditampilkan oleh @calonsarjanaaa. Hal tersebut tercantum dalam klausul kontrak kami..,” lanjut Richo.

“Cuci tangan? Tidak! Pernyataan ini juga saya buat bukan sebagai bentuk ‘lepas tanggung jawab’. Meskipun yang berkaitan dengan konten dan operasional @calonsarjanaaa, Infia tidak ikut serta,” cuitnya lagi.

Beberapa Video Calon Sarjana yang Murni Hasil Plagiat

Sejak kemarin hingga hari ini, Jumat (8/11), lebih dari 1,8 ribu kicauan yang membahas mengenai Calon Sarjana di Twitter. Salah satu warganet bahkan tampak menyertakan kolase gambar yang menampilkan video apa saja dari YouTube Calon Sarjana yang diduga merupakan plagiat. Apa saja, berikut ini diantaranya:

1. Memecahkan Sebuah Trik

2. Kebiasaan yang Sering Terjadi pada Seseorang

Video telah dihapus di channel YouTube Calon Sarjana

3. Trik Mengubah Warna Mata

Video telah dihapus di channel YouTube Calon Sarjana

4. Video Penampakan “The Flash” di Dunia

5. Koin di Atas Kuburan

Hmm… Bagaimana menurut kalian? Eh ngomong-ngmong, jangan lupa subscibe Channel YouTube Posciety ya ๐Ÿ™‚ https://www.youtube.com/channel/UCN2go2_B4ZWNsGIcUNCadnw

SUBSCRIBE
Subsribe sekarang dan dapatkan UPDATE terbaru melalui Email.
Berhenti Subscribe Kapanpun!
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi