4 Manfaat & 3 Bahaya Makanan Pedas

0

Makanan pedas memang menggugah selera makan kamu, banyak orang yang gemar mengonsumsi makanan pedas bahkan di atas level rata-rata. Bahkan banyak dari mereka yang harus merasakan pedas saat makan, jika tidak terdapat makanan peda, maka terasa tidak enak makanannya. Namun, banyak juga kok yang tidak tahan dengan makanan pedas.

Manfaat Makanan Pedas

Kamu tau, gak? Kalau makanan pedas juga punya manfaat yang bagus loh buat tubuh! Yang pasti, pedas yang dimaksud adalah pedas alami dari bahan rempah asli ya, bukan bahan pengawet! Mau tau apa manfaatnya? Yuk simak di bawah ini:

1. Menurunkan Berat Badan

Saat mengonsumsi makanan pedas dari cabai, ternyata terdapat kandungan yang bernama capsaicin yang menyebabkan temperatur tubuh meningkat, dengan begitu metabolisme akan mempercepat proses kerjanya, sehingga kalori dalam tubuh akan lebih cepat terbakar sehingga menurunkan berat badan kamu. Tapi ingat, pedas dari bahan alami ya!

2. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Ketika kamu mengonsumsi paprika atau cabai, terdapat kandungan vitamin C dan A yang sangat tinggi. Kandungan tersebut merupakan zat antioksidan yang memiliki manfaat untuk melindungi tubuh dari berbagai penyakit, maka dari itu, slah satu mengonsumi makanan pedas adalah meningkatkan sistem kekebalan tubuh dengan kandungan tersebut.

3. Menyehatan Jantung

Makanan pedas dapat menyehatkan jantung karena cabai dapat mencegah terjadinya pembekuan darah. Kandungan yang terdapat pada cabai yaitu capsaicin diketahui efektif melawan inflamasi yang merupakan penyebab penyakit jantung.

4. Mencegah Kanker

Saat kamu mengonsumsi makanan pedas secara rutin, kandungan capsasicin yang terdapat pada cabai bekerja untuk menghambat dan mematikan berkembangnya sel-sel kanker dalam tubuh tanpa merusak sel-sel sehat di sekitarnya. Namun makanan pedas yang disarankan adalah murni dari cabai yang tanpa campuran bahan pengawet.

Meskipun terdapat manfaat yang bagus untuk tubuhmu, tidak disarankan juga untuk mengonsumi yang berlebihan. Harus sesuai takaran yang disarankan agar tidak mengalami gangguan pada organ lain.

Bahaya Makanan Pedas

Lalu, Apa Sih Dampak Buruk Berlebihan Mengonsumsi Pedas?

1. Maag

Jika mengonsumsi cabai dan makanan pedas lainnya dengan jumlah yang berlebihan, dapat menyebabkan iritasi dan peradangan pada lambung. Pada umumnya disebut penyakit maag, yang juga dapat mengalami diare dan sakit kepala karena mengonsumsi berlebihan.

2. Menyebabkan Asam Lambung Naik

Saat mengonsumsi makanan peda berlebihan, akan menyebabkan dinding lambung mengalami iritasi dan kerusakan yang dikarenakan asam lambung naik. Dan juga dapat menyebabkan tenggorokan terasa panas, bahkan muntah-muntah.

3. Mengiritasi Usus

Usus merupakan organ tubuh dalam yang bisa dikatakan sensitif. Sehingga, saat seseorang mengonsumsi makanan pedas berlebihan maka usus dapat teriritasi dan akan sulit kamu hindari jika terjadi gangguan.

Itulah manfaat dan bahaya makanan pedas, tetap konsumsi sesuai takaran agar mendapat manfaatnya. Namun sebelum itu, sebaiknya kamu konsultasikan dengan dokter, apakah mengonsumsi makanan pedas baik untuk kesehatan tubuh kamu.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya