4 Manfaat Utama Daun Kelor yang Wajib Kamu Ketahui

0

Moringa Oleifera atau lebih dikenal dengan sebutan Daun Kelor ini merupakan tanaman yang tumbuh di negara-negara beriklim tropis seperti negara-negara di benua Asia. Karakteristik daunnya yang kecil dijadikan peristilahan oleh masyarakat Indonesia. Kamu tentu saja pernah mendengar satu pepatah yang amat legendaris. “Dunia tak selebar daun kelor“, yang artinya dunia ini sangatlah luas ketika kamu sudah mengunjungi satu tempat ke tempat lainnya. Saking legendarisnya pepatah daun kelor, tentu saja banyak yang sangat penasaran seperti apa sih sebenarnya daun kelor?

Daun kelor dari klasifikasi Plantae ini memiliki karakteristik yang unik. Daunnya yang bulat, lonjong tersusun rapi rupanya mengandung vitamin A, vitamin B1, kalsium, zat besi, fosfor, magnesium, protein, serta masih banyak lagi. Saking banyaknya kandungan vitamin yang terdapat daun kelor lagi baik untuk kesehatan tubuh. Daun kelor banyak dikonsumsi atau diolah menjadi jamu, teh, hingga suplemen tubuh. Bahkan ada pula yang menjadikan daun kelor sebagai bahan masakan. Apa saja manfaat daun kelor bagi tubuh? Berikut daftar manfaat daun kelor bagi tubuh.

1. Menurunkan Kadar Gula Darah

ads by posciety

Diabetes merupakan salah satu penyakit gula yang meresahkan. Bagimana tidak, penyakit yang satu ini diyakini dapat diwariskan dari turun temurun. Kepercayaan masyarakat awam bahwa penyakit diabetes ini dapat menurun pada generasi kadang membuat kita menjadi resah dan berpikir bagaimana caranya agar dapat menghindari penyakit tersebut? Risiko dari garis keturunan bukan satu-satunya fakta kuat yang dapat memprediksi bahwa orang tersebut terkena diabetes. Sebab ternyata dari pola makan yang tidak diatur pun dapat menyebabkan seseorang terserang penyakit diabetes.

Bagi kamu yang mungkin suka makanan yang manis-manis. Kamu harus wspada karena penyakit diabetes akan mengintaimu. Tahu dong, istilah “Mencegah lebih baik daripada mengobati“, seperti halnya penyakit yang dapat menyerang siapapun tanpa memandang genetiknya. Pola makan yang tidak dijaga dapat meningkatkan kadar gula darah tidak terkontrol dengan baik. Daun kelor dapat menurunkan gula darah dan meningkatkan efektivitas kerja hormon insulin sehingga dapat mencegah terjadinya resistensi insulin.

2. Mengatasi Radang

Radang merupakan penyakit yang ditandai dengan cedera, seperti luka bakar atau infksi bakteri dan viru yang menyerang pada bagian tubuh tertentu. Penyakit ini pastinya sangat menjengkelkan dan menganggu aktivitas kerja kita sehingga menurunkan tingkat produktivitas.

Seringkali kita juga mengkonsumsi obat-obatan yang dijual bebas di pasaran. Peradangan apabila tidak diatasi secepat mungkin akan memunculkan penyakit kronis lain seperti kanker hingga jantung. Daun kelor yang kaya akan kandungan antiinflmasi diyakini bermanfaat membantu mencegah peradangan.

3. Menjaga Fungsi Otak dan Menurunkan Risiko Alzheimer

Pernah tidak kamu bertanya kepada nenek ataupun kakek yang mungkin usianya sudah puluhan tahun. Ketika kamu bertanya sesuatu mereka akan menceritakan kisah dengan lengkap dan sedetail-detailnya. Penasaran tidak kenapa mereka bisa ingat hal-hal sedetail itu?

Konon pada zaman dahulu orang-orang tua zaman dahulu lebih banyak mengkonsumsi makanan tanpa pengawet makanan. Misalnya, jika sekarang kita mengkonsumsi teh serbuk dengan harga yang mencapai ratusan ribu per paketnya. Orang-orang tua zaman dulu justru memanfaatkan kekayaan alam dengan mengkonsumsi teh herbal yang berbahan dasar daun kelor. Beberapa riset pun menunjukkan jika daun kelor bermanfaat untuk menjaga fungsi otak dan menurunkan risiko Alzheimer serta Parkinson. Kandungan antioksidan yang terdapat dalam daun kelor mendukung kinerja otak dan meningkatkan memori.

4. Meningkatkan Imunitas

Di tengah pandemi seperti sekarang ini, menjaga kesehatan tubuh adalah salah satu hal yang paling utama. Sebab dari tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat. Menjaga kesehatan tubuh dengan cara mengkonsumsi suplemen terkadang membuat kita terserang kanker (kantong kering) awal bulan. Untuk mengurangi pengeluaran atau biaya tambahan agar dapat memenuhi kebutuhan tubuh. Mudah dan murah dengan cara memanfaatkan daun kelor sebagai pengganti suplemen. Kandungan asam amino yang terdapat dalam daun kelor berperan untuk menjaga sistem pencernaan dan juga efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Saat ini sistem kerja work from home menjadi salah satu pemicu seseorang mengalami stres. Apalagi untuk kamu yang mungkin sudah terbiasa jadi manusia ekstrovert. Rumah ibarat penjara yang menjadi pembatas kamu dan kebebasan. Namun di tengah pandemi seperti sekarang ini, menjaga dan saling melindungi dengan cara 3M adalah kunci agar semuanya kembali normal. Dalam salah satu jurnal kesehatan menyebutkan, daun kelor bermanfaat bagi tubuh karena dapat melindungi tubuh dari efek toksik. Kandungan adaptogen alami dapat menurunkan toksik yang dipicu oleh stres

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya