4 Tips Memberikan Desain Terbaik Untuk Pelanggan

Seperti yang kita ketahui bahwa pengalaman pengguna (user experience) merupakan gerbang utama bagi para designer agar bisa maju lebih jauh lagi. Karena desain adalah produk yang bisa digunakan dan dirasakan tidak hanya dilihat saja. Ketika para pengguna menggunakan atau merasakan desain ini dengan nyaman maka bukan tidak mungkin para pengguna akan menggunakan terus menerus desain tersebut bahkan pengguna akan merekomendasikan desain tersebut kepada teman atau kerabat kerjanya.

Mari simak rinciannya dibawah ini !

  • User Experience
    Seperti yang saya jelaskan diatas, user experience ini sangatlah penting. Bahkan nama Anda / nama perusahaan Anda akan tetap beridiri tergantung user experience yang Anda terapkan pada desain Anda. Sudah banyak bukti atau contoh beberapa nama designer atau nama perusahaan di bidang desain yang gulung tikar karena kurang memberikan user experience yang baik dan tepat dalam produk atau desainnya. Menurut Justin Hanson : “User Experience menjadi hal utama mengapa perusahaan itu bertahan”. Yap, dari kalimat sederhana ini sudah banyak buktinya. Tanpa saya sebutkan perusahaan apa saja yang gulung tikar akibat user experiencenya kurang, Anda bisa ketahui sendiri di sekeliling Anda.
  • Fokus kepada produk, bukan fitur !
    Designer hebat akan mengutamakan kinerja produk ketimbang fitur tambahan dalam aplikasinya / desainnya / produknya. Fitur sama sekali tidak berguna kalo hal utama pada produk atau sistem kerja pada produk tersebut tidak berfungsi baik, bisa jadi fitur ini malah mengganggu user experience pada produk Anda. Alangkah baiknya semua sistem produk atau sistem utama diutamakan dan dibangun denga nsebaik mungkiin selanjutnya boleh menambahkan fitur2 tambahan yang akan membantu sistem produk lebih ciamik dan dapat meningkatkan user experience.
  • Sederhana tapi berguna
    Kalimat ini menjelaskan bahwa penjelasan diatas tentang fitur benar2 bsa menjadi ancaman bagi para designer yang sembrono. Point ini tidak berbeda jauh dengan poin sebelumnya bahwa produk harus beroperasi sempurna dan kemudian dipersilahkan menambahkan fitur2 tambahan yang dapat membantu meningkatkan user experience jika diperlukan. Tapi jika kurang yakin dengan fitur tambahan yang akan ditambahkan sebaiknya menggunakan cara aman yaitu”sederhana”. Setelah dicoba / di test produk Anda berjalan atau beroperasi dengan baik dalam kondisi yang sederhana maka kenapa harus menambahkan fitur lain / fitur tambahan yang tidak yakin ? Kita lihat Instagram, tidak banyak fitur tambahan atau neko2 dalam desainnya. Sederhana tapi semua manusia di bumi sekarang sudah tidak asing lagi dengan instagram bahkan ada banyak orang yang menggunakan instagram setiap hari gak pake libur. Ini contoh sederhananya saja, kalian bisa buktikan dengan contoh2 lainnya.
  • Buat desain berguna, bukan berkesan !
    Saat ini banyak produk atau desain yang terlupakan, kenapa? Karena mereka pernah memberi kesan. saran dari saya tidak perlu membuat desain yang berkesan tapi harus berguna. Karena ketika desain berkesan tapi tidak berguna, mulailah berhitung dan tidak akan lama lagi kesan itu akan hilang dari pikiran Anda. Tapi bagaimana dengan desain yang berguna? Namanya aja beguna, tentu akan digunakan ketika dibutuhkan, akan digunakan karena memang berguna, tidak akan dibiarkan karena memang berguna. Akan digunakan terus menerus bahkan setiap hari. Karena yang beguna akan selalu digunakan!
Loading...

Lihat Post Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SIP LAHLihat Privasi