5 Cara Mudah Membuat Taman Mungil Low Budget

0

Setiap wanita yang belum atau sudah berumah tangga mesti menginginkan rumah idaman. Di mana list dari rumah idaman yang dimaksud adalah memiliki ruang terbuka hijau atau yang disebut juga dengan taman. Tempat di mana tumbuhnya bunga-bunga dan bertemunya lebah dengan madu-madu legit. Namun seringkali memilliki taman impian berhadapan dengan kecilnya halaman yang tersisa di depan rumah. Konsep di depan rumah sebagai letak yang paling tepat untuk taman adalah salah. Sebab taman juga ternyata dapat diciptakan di daerah belakang. Kalau di belakang siapa yang akan melihat? Tentu saja akan ada yang melihat ketika taman itu didesain lebih baik lagi. Bagimana caranya?

1. Ban Bekas

ads by posciety

Ban bekas selama ini diabaikan karena dianggap barang bekas yang tidak berguna atau tidak berfungsi lagi. Padahal ban bekas masih memiliki daya guna sebagai pot bunga. Dengan ban yang berbagai ukuran Anda dapat menyusunnya menjadi bertumpuk atau bertingkat. Namun sebelumnya, agar kesan barang bekasnya hilang. Anda dapat mengakalinya dengan memberikan warna cat yang berbeda ataupun senada agar tampilannya lebih cantik dan menarik. Setelah itu, barulah tanam bunga-bunga dan jangan lupa untuk menyiram bunga agar tidak layu atau mati.

Masih dengan ban bekas. Jika dirasa bahwa ruang untuk taman yang terbuat dari bahan ban bekas tidak memadai. Anda dapat mengubahnya dengan tampilan gantung. Desain atau model dengan gantung ini dapat Anda letakkan di pinggiran dinding rumah atau pembatas antara rumah Anda dan tetangga.

2. Taman dengan Konsep Permakultur

Untuk menghemat ruang yang ada, Anda dapat memadukan tanaman berbunga dengan tanaman sayuran. Tujuan dari pembuatan taman ini adalah menjaga keseimbangan alam. Dengan gaya atau konsep permakultur Anda mendapatkan dua fungsi ganda tanaman, yaitu pertama untuk kebutuhan dapur dan yang kedua untuk kebutuhan hobi Anda. Anda bisa memodifikasinya dengan menambahkan bunga yang dapat hidup merambat. Akan tetapi dengan desain atau konsep ini Anda harus menjaga dan merawat keduanya dengan baik. Jangan sampai hama sayuran berpindah tempat pada bunga-bunga yang Anda tanam.

3. Tanam Tanaman Merambat

Ketika Anda tinggal di distrik padat penduduk. Bukan berarti bahwa Anda tidak dapat membuat taman pribadi Anda sendiri di mana seluruh keluarga dapat bersantai dalam privasi dan kedamaian. Ada banyak cara cerdas dan menarik seperti tanaman rambat. Bunga dengan ragam jenisnya memudahkan manusia untuk menciptakan taman impiannya. Seperti tanaman rambat pada gambar di atas. Tidak membutuhkan halaman atau ruang yang luas. Dari satu pot saja, Anda dapat menanam dua hingga empat jenis bunga.

Karena memiliki sifat merambat, bunga lebih mudah disusun dan saat penyiraman pun lebih mudah. Anda tidak perlu berpindah tempat lagi. Karena dari dua pot saja, Anda mungkin saja bisa menanam lima atau enam jenis tanaman rambat yang tentunya memiliki warna yang berbeda sehingga menambahkan kesan enak di pandang mata.

4. Konsep UP CYCLING

Konsep ini dibuat untuk memudahkan Anda yang tidak memiliki cukup ruang untuk taman bunga. Anda dapat menemukan berbagai teknip upcycling dari berbagai sumber dan mengaplikasikannya langsung. Yang perlu diperhatikan dalam konsep ini adalah jenis bunga yang akan ditanam. Jika tanaman bunga yang ditanam jenisnya merambat dengan daun yang ringan. Maka konsep ini sangat cocok untuk diterapkan.

Akan tetapi bila jenis bunga yang ditanam memiliki daun yang agak berat. Anda mungkin membutuhkan teknik lain seperti teknik sleeping, seperti gambar di bawah ini.

Untuk Anda yang mungkin pecinta bunga sukulen, teknik sleeping ini dapat dipakai. Jika dilihat sekilas konsep ini seperti manusia sedang bersandar. Jadi media tanam yang digunakan untuk bunga sedikit disandarkan dengan tujuan agar tananaman yang memiliki daun beratnya tidak terjatuh atau tertopang dengan baik.

5. Konsep Kursi

Untuk yang sedang membangun rumah, konsep ini cocok sekali untuk ditiru atau diaplikasikan ke dalam list taman impian Anda. Mengingat konsep ini cukup meringankan beban Anda dan menghemat ruang. Dengan menjadikan taman dan tempat duduk berdampingan, Anda dapat menggunakan ruang lainnya untuk tempat impian Anda yang lain.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya