5 Cara Mudah Menjaga Kesehatan Mental

0

Sangat penting untuk menjaga kesehatan dirimu sendiri dan dapat menikmati hidup dengan maksimal. Dikutip dari MentalHealth, untuk membuat perubahan sederhana dalam hidupmu tidak perlu menghabiskan banyak biaya atau menghabiskan banyak waktu. Siapa pun dapat mengikuti 10 cara mudah untuk menjaga kesehatan mental berikut ini:

1. Membicarakan Perasaanmu

img: wellnesssolutionsllc.com

ads by posciety

Membicarakan perasaanmu dapat membantumu tetap dalam kesehatan mental yang baik dan menghadapi saat-saat ketika ada masalah dengan lebih baik. Perlu diingat, bahwa membicarakan perasaanmu bukanlah tanda kelemahan. Ini adalah bagian dari rasa bertanggung jawab atas kebahagiaanmu dan melakukan apa yang kamu bisa untuk tetap menjaga kesehatan itu.

Berbicara bisa menjadi cara untuk mengatasi masalah yang selama ini kamu pikirkan. Dengan hanya didengarkan saja dapat membantumu merasa didukung dan tidak sendirian. Jika kamu terbuka, mungkin mendorong orang lain untuk melakukan hal yang sama. Jadi, itu dapat bekerja dua arah.

Tidak selalu mudah untuk menggambarkan perasaanmu. Jika kamu tidak dapat memikirkan satu kata, silahkan menggunakan banyak kata untuk menggambarkannya. Apa rasanya di dalam kepalamu? Apa yang membuat kamu merasa ingin membicarakannya?

Banyak orang merasa lebih nyaman saat percakapan ini berkembang secara alami, mungkin saat kamu dan orang terdekat melakukan sesuatu bersama. Jika terasa canggung pada awalnya, beri waktu. Jadikan pembicaraan tentang perasaanmu sebagai sesuatu yang khusus dan bermakna.

2. Tetap Aktif

img: mitoq.com

Para ahli percaya bahwa olahraga melepaskan bahan kimia di otak yang akan membuatmu merasa baik. Olahraga teratur dapat meningkatkan harga dirimu dan membantumu untuk lebih berkonsentrasi, mendapatkan waktu tidur yang berkualitas, dan merasa lebih baik.

Olahraga juga menjaga otak dan organ vital lainnya tetap sehat. Berolahraga tidak hanya berarti berolahraga atau pergi ke gym. Bisa juga dengan jalan-jalan di taman, berkebun, atau mengerjakan pekerjaan rumah yang intinya membuatmu tetap aktif.

Para ahli mengatakan kebanyakan orang harus melakukan olahraga sekitar 30 menit setidaknya lima hari seminggu. Karena itu cobalah untuk menjadikan aktivitas yang kamu nikmati sebagai bagian dari olahraga harianmu.

3. Makan dengan Baik

Ada hubungan kuat antara apa yang kita makan dan apa yang kita rasakan seperti, kafein dan gula yang dapat memiliki efek langsung. Tapi makanan juga bisa memiliki efek jangka panjang pada kesehatan mentalmu. Karena otak membutuhkan campuran nutrisi agar tetap sehat dan berfungsi dengan baik, sama seperti organ lain di tubuhmu.

Diet yang baik untuk kesehatan fisikmu juga baik untuk kesehatan mentalmu. Diet seimbang yang sehat meliputi:

  • banyak jenis buah dan sayuran yang berbeda
  • sereal gandum atau roti
  • kacang-kacangan dan biji-bijian
  • produk susu
  • ikan yang berminyak
  • minum banyak air.

Makan setidaknya tiga kali sehari dan minum banyak air. Cobalah untuk membatasi berapa banyak minuman berkafein tinggi atau minuman manis yang biasanya kamu minum, dan akan lebih baik menghindarinya.

Catatan: Saran ini mungkin tidak berlaku jika dokter atau ahli gizi telah memberi kamu saran diet khusus, misalnya jika kamu adalah pasien ginjal atau diabetes.

4. Menjaga Silaturahim

Ikatan keluarga yang kuat dan teman-teman yang suportif dapat membantumu mengatasi tekanan hidup. Karena kehadiran teman dan keluarga dapat membuatmu merasa disertakan dan diperhatikan. Mereka dapat menawarkan pandangan yang berbeda dari apa pun yang terjadi di dalam kepalamu sendiri. Mereka juga dapat membantumu untuk tetap aktif, membuatmu tetap membumi (realistis) dan membantumu memecahkan masalah secara praktis.

Tidak ada yang lebih baik daripada bertemu dengan seseorang secara langsung. Tapi jika sekarang itu tidak memungkinkan, kamu bisa menghubungi mereka, kirimkan catatan atau mengobrol dengan mereka secara online. Jaga agar jalur komunikasi tetap terbuka. Ini bagus untukmu.

Ada baiknya kamu menghubungi orang-orang yang membuatmu merasa dicintai atau dihargai. Tetapi jika kamu berpikir berada di dekat seseorang merusak kesehatan mentalmu, mungkin yang terbaik adalah berhenti sejenak dari mereka atau menjauh sejenak. Dimungkinkan untuk mengakhiri hubungan dengan cara yang terasa baik bagi kalian berdua.

Di masa-masa seperti ini, mungkin sulit untuk mengatasi perasaan ketika seseorang yang dekat denganmu meninggal atau kamu kehilangan mereka dengan cara lain. Untuk itu, konseling dapat membantumu mengeksplorasi perasaanmu dan membuka harapan baru dalam hidupmu.

5. Istirahat

Merubah suasana untuk sejenak menjadi sesuatu yang baik bagimu. Kamu bisa mengambil jeda lima menit dari membersihkan dapur atau ruangan, istirahat makan siang setengah jam di tempat kerja atau liburan akhir pekan untuk menjelajahi tempat baru.

Namun, beberapa menit sudah cukup untuk menghilangkan stres yang kamu rasakan. Beri dirimu beberapa waktu ‘me time‘. Karena istirahat dapat menjadi efektif ketika kamu tidak melakukan banyak hal atau bahkan tidak melakukan apapun sama sekali.

Tarik napas dalam-dalam… dan rileks. Cobalah untuk tenang dan mendengarkan tubuhmu sendiri. Jika kamu benar-benar lelah, beri dirimu waktu untuk tidur. Tanpa tidur yang baik, kesehatan mental kita akan menderita dan konsentrasi kita dapat menurun. Istirahatlah, hal-hal lain bisa menunggu.

Nah, itu dia 5 cara mudah untuk menjaga kesehatan mental. Yang mana dari kelima cara yang biasa kamu lakukan untuk menjaga kesehatan mentalmu? Apa perubahan yang kamu rasakan? Apakah ada cara lain yang dapat dilakukan sehari-hari? Silahkan tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya