5 Fakta AI (Artificial Intelligence) pada Smartphone

Teknologi semakin hari semakin memberikan banyak kemajuan yang mencengangkan nalar manusia. Hal yang pada awalnya dirasa tidak masuk akal bahkan bisa menjadi kenyataan. Seperti halnya pada kecerdasan buatan atau AI yang kini masuk pada perangkat ponsel pintar maupun komputer milik Anda. Meski sudah ditemukan sejak 1950, namun kini Artificial Intelligence menjadi semakin baik.

Fakta dan Kemungkinan Tentang Artificial Intelligence

Ketahuilah beberapa fakta mengenai AI di bawah ini! Selain menarik, tentunya ini juga akan menambah wawasan Anda.

  • Lebih Pintar dari Manusia

Kecerdasan buatan ini terinspirasi dari dasar proses manusia menyerap hal-hal baru. Artinya, semua perangkat atau robot yang telah disematkan teknologi ini akan menjalankan fungsinya seperti pada konsep pemikiran manusia yang terus menerus belajar.

Manusia memiliki lengah, malas, dan rasa tidak ingin. Sedangkan robot dan perangkat tidak memiliki rasa seperti itu, jadi diperkirakan bahwa robot atau perangkat yang tersemat teknologi ini akan menjadi lebih pintar dari manusia itu sendiri. Ponsel yang bentuknya kecil dan selalu Anda saku, tak disangka-sangka kecerdasannya akan melebihi pemiliknya.

  • Interaksi Robot Manusia

Seperti pada AI yang akan terus dikembangkan di Jepang menjadi robot-robot pembantu dan peringan tugas manusia. Lama-kelamaan dengan serapan belajar yang ia lakukan, berinteraksi dengan manusia menjadi hal yang tidak sulit. Bahkan untuk masalah emosi pun bisa menjadi hal yang mudah untuk robot tersebut lakukan. Ia akan menganalisa emosi manusia dan terus menerus mempelajarinya.

Hal ini telah dibuktikan dengan eksperimen pada sebuah robot bernama Erica dari negeri sakura Jepang. Ia mampu menjawab setiap pertanyaan yang diujikan. Bahkan ia bisa bercanda layaknya manusia. Saat ini kemampuan ini sedang dikembangkan untuk bisa membuat manusia berkomunikasi dengan smartphone-nya. Bayangkan jika ini tersemat pada smartphone Anda. Pasti akan sangat menyenangkan.

  • Kemampuan Menerjemahkan Secara Real Time

Saat ini smartphone yang tidak dibekali dengan AI mengandalkan konektivitas internet untuk menerjemahkan bahasa asal ke bahasa tujuan. Ini akan menyebabkan pemborosan kuota dan tak akan bisa dipakai jika Anda tidak memiliki koneksi.

Hal baik akan terjadi jika smartphone Anda sudah terisi dengan teknologi AI. Jika pad satu waktu pernah dipakai untuk menerjemahkan kata atau kalimat dari bahasa tertentu, nantinya saat Anda lupa dan mencari artinya kembali, tanpa koneksi internet pun ponsel Anda sudah akan memberikan jawabannya. Dengan kata lain, penerjemahan bisa dilakukan secara offline.

  • Kamera Memukau

AI pada smartphone disematkan pada bagian kamera. Hal ini akan memungkinkan manusia untuk bisa menagkap gambar dengan hasil sempurna seperti yang dihasilkan oleh kamera berlensa besar layaknya DSLR. Dengan kemampuan Artificial Intelligence yang bisa belajar terus menerus maka kualitas gambar pun menjadi semakin baik.

Mendekteksi objek pun akan menjadi lebih handal. Ketajaman gambar yang dihasilkan akan semakin mencengangkan. Detail akan semakin jelas meski pengambilan gambar dilakukan dari jarak yang cukup jauh.

  • Kebiasaan Smartphone Terkendali

AI akan mempejari tentang bagaimana manusia si pemilik smartphone menggunakan perangkat yang dimiliki. Dengan peninjauan melalui kebiasaan atau melalui pola aktivitas yang dilakukan, maka secara otomatis smartphone akan mengadaptasinya dengan baik.

Akibatnya, nantinya ia akan tahu pukul berapa Anda menyalakan alarm, kapan saat Anda menyalakan nada dering, kapan Anda merubah mode penggunaan, menutup aplikasi yang berjalan bila tidak dibutuhkan dan lain-lain.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi