5 Fakta Sebelum BJ Habibie Meninggal, Mulai dari Perawatan Intensif Hingga Hoax Meninggal Dunia

Kabar duka datang dari Presiden ketiga RI sekaligus Putra Kebanggaan Bangsa Indonesia, Bacharudin Jusuf Habibie. Habibie menghembuskan nafas terakhir di usianya yang ke- 83 tahun akibat penyakit yang dideritanya. Beliau meninggal dunia di Ruang CICU, Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat.

Kabar soal meninggalnya BJ Habibie disampaikan oleh Kepala RSPAD Gatot Soebroto, Dr Terawan, Rabu (11/9/2019) kepada Tim Detik.Com,” Benar, pukul 18.05 WIB.” ujarnya.

Cucu keponakan BJ Habibie, Melanie Subono, juga mem- posting soal kepergian BJ Habibie di akun medsosnya. Berikut ini tulisan yang diunggah Melanie Subono.

Eyang … SAMPAI JUMPA DI KEABADIAN… Senangnya dah bisa ngelepas kangen sama Eyang Puteri, bisa berdua- duaan lagi… Kita di sini ikhlas asal Eyang bahagia — Selamat Jalan–

Terima kasih sudah membuat Indonesia jauh lebih baik, terima kasih sudah mengajarkan saya jadi PEJUANG, kalo bahasa Eyang ” PEMBERONTAK”

Love you–

Fakta-Fakta Sebelum BJ Habibie Meninggal Dunia

Habibie Telah Menjalani Perawatan Intensif di Rumah Sakit Sejak 1 September 2019

Mantan orang nomor 1 di Indonesia itu menderita penyakit bocornya katup jantung berimbas pada gagal jantung. Selama masa perawatan, Habibie ditangani tim dokter spesialis dengan berbagai bidang keahlian, seperti jantung, penyakit dalam, dan ginjal.

Sebelumnya BJ Habibie juga sempat dirawat di Jerman pada Maret 2018 karena penyakit yang sama. Sebelum terjangkit penyakit tersebut, Habibie terbilang cukup sering terbaring di rumah sakit karena penyakit yang berbeda- beda.

Pada tahun 2010 setelah kepergian Ainun, Habibie mengidap penyakit Psikosomatik Malignant (gangguan psikologi yang diakibatkan rasa sakit kehilangan orang terkasih). Pada Maret 2016, BJ Habibie dirawat di rumah sakit karena didiagnosa mengalami infeksi bakteri. Pada awal November 2017, Habibie terbaring di rumah sakit karena menderita bronkitis.

Saat Dijenguk, Habibie Sedang Tertidur Tenang

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Arif Rahman menjenguk BJ Habibie di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/09/2019). Seusai menjenguk, Arif mengatakan, dirinya hanya bisa melihat BJ Habibie dari ruang kaca. Dia bahkan hanya bisa melihat kepala Habibie.

“Tadi di ruang kaca, Pak Habibie hanya terlihat kepalanya. Tapi beliau keadaannya tenang dan pada hari ini menurut teman- teman yang kebetulan bisa bicara (dengan Habibie), keadaannya stabil.” kata Arif.

Habibie tampak sedang tertidur tenang.

Kondisi Habibie Sempat Membaik

Sebelumnya, Selasa kemarin (10/9/2019), putra Habibie, Thareq Kemal Habibie menggelara konferensi pers di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, tempat Habibie dirawat.

Menurut Thareq, kondisi Habibie saat ini stabil dan membaik. Thareq melanjutkan, sakit yang dialami oleh Habibie lebih disebabkan oleh faktor kelelahan seiring usia lanjut Habibie.

Seluruh Keluarga Dekat Dipanggil Untuk Berkumpul di Paviliun Kartika RSPAD Gatot Soebroto

Keponakan Habibie, Rusli Habibie, menyebutkan bahwa seluruh keluarga dekat sudah dipanggil dan berkumpul di Paviliun Kartika, RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat, Rabu (11/9/2019).

“Kondisinya seperti kemarin lagi. Semua keluarga sudah dipanggil terutama anak- anak beliau, sudah di tempat,” ujar Rusli kepada Tim Kompas.Com, saat ditemui di RSPAD Gatot Soebroto.

“Baik Mas Ilham, Mas Thareq sudah ada. Kakak dan adiknya sudah lengkap. Keponakan dan anak cucu sudah dikumpulin tadi,” kata Gubernur Gorontalo itu.

Rusli pun meminta kepada semua rakyat Indonesia agar mendoakan kesehatan beliau. “Tadi juga Pak Akbar Tandjung (mantan Ketua DPR) pimpin doa. Ada keluarga yang lagi mengaji. Keluarga sudah kumpul semua,” kata dia.

Sudah 6 Kali Diisukan Meninggal

Dalam beberapa waktu belakangan, Habibie kerap bolak balik rumah sakit. Di tengah kondisi tersebut, tak jarang pula muncul informasi hoaks yang menyatakan Habibie meninggal dunia.

Terakhir, kabar tersebut beredar pada Selasa (10/9/2019) dini hari di aplikasi chat dan media sosial. Bukan kali ini saja Habibie dikabarkan meninggal.

Berdasarkan catatan Kompas.Com, sejak 2012, sudah enam kali Habibie dikabarkan meninggal dunia. Kabar burung ini muncul hampir setiap tahun, yakni pada Februari 2012, November 2016, Januari 2017, Maret 2017, April 2018, dan terakhir pada September 2019.

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi