5 Fungsi LAN (Local Area Network) yang Wajib Kamu Ketahui

Kalian pastinya sudah tau kan apa itu jaringan LAN ? Jika kalian belum tau apa itu LAN atau jaringan LAN, pada postingan sebelumnya saya sudah jelaskan apa itu jaringan LAN dan kegunaannya, melalui postingan yang saya beri judul “Penjelasan jaringan LAN dan kegunaannya”.

pada umumnya jaringan LAN hanya digunakan untuk menghubungkan satu komputer ke komputer yang lain dalam suatu lingkup/gedung, baik dengan menggunakan kabel (UTP) maupun dengan menggunakan jaringan tanpa kabel (wireless).

“Alasan jaringan LAN lebih baik menggunakan kabel UTP dari pada menggunakan Wireless” dan “Alasan menghubungkan jaringan antar dua gedung lebih baik menggunakan wireless dengan mode PTP daripada menggunakan kabel UTP”.

Oke, sekarang kembali lagi ke judul postingan saya kali ini:

5 Kegunaan Jaringan LAN

  1. Menghubungkan dua komputer atau lebih

Jaringan LAN bisa kalian gunakan untuk menghubungkan satu komputer dengan komputer yang lain, baik secara langsung maupun dengan menggunakan Switch/HUB melalui media kabel (UTP) maupun Wireless. (Cara membuat jaringan LAN).

  1. Memindahkan file dari satu komputer ke komputer yang lain

Kalian tidak perlu menggunakan Flashdisk, Hardisk, Cardrider, atau hardware-hardware lain yang bisa digunakan media untuk memindahkan suatu file, apalagi filenya hanya berupa foto atau dokumen. kalian bisa gunakan cara atau metode SHARING pada komputer kalian.

selain bisa digunakan untuk memindahkan suatu file dari satu komputer ke komputer yang lain, metode sharing ini juga bisa digunakan untuk memindahkan file atau dokumen dari handphone tanpa menggunakan kabel data. (5 Cara memindahkan file dari handphone tanpa menggunakan kabel data).

  1. Menggunakan printer secara bersamaan

Selain sharing data, kalian juga bisa sharing printer supaya printer kalian bisa digunakan bersamaan, cara sharingnya tidak jauh beda dengan sharing folder hanya pada sharing printer, yang kalian sharing adalah driver printer, letak driver nya ada di “Control Panel\All Control Panel Items\Devices and Printers”, klik kanan pada printer yang mau disharing – pilih printer properties – pada menu properties pilih tab Sharing, lalu tandai (ceklist) pada kolom “Share this printer” -Apply dan OK.

  1. LAN chat (chatting tanpa menggunakan INTERNET)

LAN juga bisa digunakan untuk chating loh sbenarnya, dan chatting dengan menggunakan jaringan lan tidak perlu menggunakan koneksi internet alias offline, tapi pada jarigan LAN kalian akan tetap terlihat Online, untuk menggunakan fiture LAN chat ini kalian bisa gunakan aplikasi bawaan windows (winchat.exe pada windowsXP) atau softwareLAN chat free dan ringan seperti (MsgPopup, Softros lan messenger dan Outlook LAN Messenger).

  1. Remote komputer

Mungkin sebagian dari kalian biasa menggunakan software TeamViewer yang sampai dengan saat ini sudah ada dengan versi terbarunya yakni Versi 14, akan tetapi dengan software tersebut jika tidak ada koneksi internet, kalian tidak akan bisa menggunakannya untuk meremote komputer kalian.

disinilah jaringan LAN digunakan, kalian bisa meremote komputer kalian dengan fiture Remote Desktop Manager/Connection yang sudah Microsoft sediakan atau bisa juga dengan menggunakan software EchoVNC beserta kekurangan dan kelebihan jaringan LAN yang ada.

Itu lah “5 Kegunaan jaringan LAN yang umum digunakan”¬†versi posciety.com mudah-mudahan bisa bermanfaat dan bisa menambah wawasan dan pemahaman kalian tentang jaringan, khususnya jaringan LAN.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi