5 Kegiatan Bermanfaat yang Dapat Kamu Lakukan Selama Bulan Ramadhan

0

Bulan Ramadhan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat muslim. Di bulan ramadhan, mereka biasanya menyambut dengan berbagai acara. Namun, tahun ini merupakan tahun kedua dimana keadaan ramadhan di musim pandemi. Bagi sebagian orang, akan terasa membosankan menghabiskan waktu di rumah. Terlebih lagi jika merindukan moment bersama untuk berbuka di luar rumah.

Namun, sebetulnya banyak hal yang seru dan bermanfaat untuk dilakukan di bulan ramadhan selain tidur-tiduran aja! Dengan melakukan ini, ibadah puasa kamu juga menjadi berkah dan bermanfaat. Apa saja, sih? Yuk kita simak!

1. Mengikuti Kegiatan Volunteer

ads by posciety

Saat pandemi seperti ini, keadaan untuk berkerumun di luar rumah sangat dibatasi dan membuat mereka yang menyediakan moment kebersamaan dengan volunteer atau komunitas lainnya terpaksa harus dilakukan secara online.

Namun mengikuti kegiatan secara online juga tak kalah seru, kok! Kamu bisa memperluas jaringan pertemanan kamu selain di daerah kamu, tapi bisa dari luar kota. Untuk contoh volunteernya adalah misalnya saja mengenai pembagian zakat untuk yang membutuhkan.

2. Khatam Al-Qur’an

Daripada menghabiskan waktu untuk berkeliaran ke luar rumah apalagi dengan keadaan pandemi seperti ini, sebaiknya kamu mengkhatamkan bacaan Al-Qur’an kamu untuk mengisi waktu luang di rumah. Selain itu, ibadah puasa kamu jua akan semakin menjadi berkah dengan cara kamu memperbanyak ibadah di bulan ramadhan kareem.

3. Membuat Resep Baru

Selagi kamu tidak di luar rumah, akan lebih menyenangkan lagi jika kamu berkreasi menciptakan resep baru. Entah itu untuk makanan utama berbuka puasa ataupun menu takjil sepert es timun serut. Akan sangat menarik juga jika kamu aktif membagikan resep tersebut di blog atau akun media sosialmu agar orang-orang juga termotivasi menjadi produktif seperti kamu. Ada banyak website resep yang bisa kamu kunjungi dan mulai membagikan resep kamu, contohnya chefsciety.com.

Kamu bisa membagikan resep kamu di chefsciety.com dengan mudah, resep kamu akan dipublikasikan di website resep tersebut dan kamu mendapatkan kesempatan dikenal oleh orang secara online melalui resep tersebut.

4. Menjual Makanan Secara Online

Menjual sesuatu yang bertema bulan ramadhan secara online akan menjadi sangat menarik. Walaupun musim pandemi, kamu tetap bisa berpenghasilan online melalui dagangan kamu itu. Kamu bisa menjadi dropshipper buah kurma dan kue kering atau bisa membuat kue kering itu sendiri dengan resepmu. Kamu juga bisa menciptakan takjil dan menjualnya secara delivery di daerahmu.

5. Diet Saat Puasa

Banyak orang yang menggunakan ramadhan ini sebagai moment diet. Tentunya kamu harus melakukan diet dengan baik dan benar selama bulan puasa ini, misalnya membutuhi tubuhmu dengan jumlah kalori yang sesuai dan tentu saja dengan makanan yang bergizi.

Kamu akan mendapatkan 2 hal penting yaitu pahala dan juga kesehatan. Lengkap bukan? Kamu tak perlu olahraga berat, kamu hanya perlu berolahraga selama 10-15 menit dalam sehari sebelum berbuka puasa.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya