5 Langkah Sederhana Untuk Menjadi Murid Teladan dan Berprestasi di Sekolah

0

Langkah-langkah di atas dijamin ampuh membuat kalian menjadi murid terpintar di sekolah. Dengan mengikuti kelima langkah tersebut, kalian akan menjadi murid terpopuler di sekolah

Siapa di sini yang ingin menjadi murid teladan dan berprestasi di sekolah? Sebagian besar dari kalian pasti ingin menjadi siswa berprestasi. Tak dipungkiri, banyak sekali manfaat yang diperoleh apabila menjadi murid berprestasi. Selain menjadi kebanggaan orang tua, kalian juga akan menjadi kebanggaan para guru di sekolah, menjadi idola para murid lainnya di sekolah, menjadi murid paling tenar di sekolah, mendapat beasiswa, selalu diikutsertakan ke berbagai perlombaan, dihormati para senior, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

Menjadi murid teladan di sekolah bisa dibilang gampang-gampang susah. Pasalnya, kebanyakan dari mereka yang berkeinginan untuk menjadi murid teladan, hanya memiliki niat saja dan tidak berusaha secara maksimal Apabila kalian ingin menjadi murid teladan, tentu harus berusaha semaksimal mungkin agar keinginan kalian tersebut tercapai.

Oleh karena itu, kami akan memberikan lima langkah mudah dan sederhana yang bisa kalian terapkan, untuk menjadi murid teladan dan berprestasi di sekolah. Cara ini bisa diterapkan oleh siapa pun yang berkeinginan unuk berprestasi di sekolah. Kira-kira, langkah-langkah apa saja yang harus dilakukan? Berikut ini tutorialnya.

ads by posciety

Belajar dan Rajin Membaca

Cara ini bisa dibilang paling mudah dan sederhana yang bisa dilakukan oleh semua orang, yaitu belajar. Cukup dengan membuka buku, mengerjakan PR, dan mempelajari kembali materi-materi yang sudah diajarkan oleh guru di kelas. Dengan cara itu, kalian akan memiliki ingatan jangka panjang mengenai materi-materi yang kalian pelajari tersebut.

Selain itu, kalian yang ingin berprestasi disarankan untuk rajin membaca buku. Baik itu buku pelajaran, novel, koran, majalah, dan buku lainnya yang sifatnya positif (bukan buku yang aneh-aneh ya!). Setidaknya seminggu 3 kali, kalian pergi ke perpustakaan sekolah. Selain untuk menambah wawasan dan pengetahuan, kalian juga akan menemukan hal-hal baru yang belum kalian ketahui sebelumnya.

Apabila kalian rajin membaca buku, kalian akan menjadi manusia yang serba tahu dan tidak akan ketinggalan berita atau informasi terkini. Orang yang rajin membaca buku cenderung menjadi pribadi yang nyaman untuk diajak berbincang-bincang maupun berdiskusi dan juga pandai berkomunikasi dengan orang lain.

Aktif di Kelas

Langkah kedua yang harus kalian lakukan jika ingin berprestasi di sekolah yaitu aktif di kelas. Contohnya kalian harus aktif bertanya kepada guru apabila ada hal yang tidak dimengerti. Kalian selalu maju ke depan apabila guru menyuruh kalian untuk mengerjakan soal. Kalian tidak perlu malu untuk maju ke depan. Suatu kebanggaan tersendiri bisa menjadi murid yang paling unggul di kelas. Guru-guru juga cenderung lebih menyukai murid yang aktif ketimbang murid yang tahu tapi pasif di kelas.

Dengan begitu, maka guru-guru pun akan lebih mudah mengenal kalian dan memberi kalian nilai plus jika kalian menjadi murid yang aktif. Apalagi kalau kalian paling pintar dan paling aktif di kelas, kalian akan menjadi murid yang paling direkomendasikan oleh para guru untuk mengikuti berbagai macam perlombaan. Di samping itu, kalian akan mendapat beasiswa di sekolah. Bangga deh pokoknya!

Fokus pada Satu Tujuan Yaitu Harus Masuk Peringkat 3 Besar di Kelas

Langkah ketiga yang harus kalian lakukan yaitu fokus untuk masuk peringkat 3 besar. Kalian harus memiliki hasrat dan ambisi untuk meraih peringkat 3 besar. Timbulnya ambisi dan tekad yang kuat, bisa memicu kalian agar lebih bersemangat untuk belajar di sekolah.

Dengan adanya tekad dan usaha yang maksimal (belajar dengan giat), kalian bisa mendapat nilai yang bagus dan bisa juga masuk peringkat 3 besar. Intinya kaliain harus fokus pada satu tujuan yaitu belajar untuk mendapat peringkat 3 besar di sekolah.

Jangan Mengikuti Banyak Kegiatan Ekstrakurikuler!

Langkah keempat yang harus kalian lakukan yaitu jangan terlalu banyak mengikuti ekskul. Memang di sekolah, terkadang para murid diwajibkan untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Padahal sebenarnya, kalian tidak perlu mengikuti ekskul pun tidak masalah, asalkan kalian memiliki prestasi di sekolah.

Terkadang, dengan mengikuti banyak ekskul, bukannya bagus malah bisa menurunkan nilai pelajaran. Hal itu dikarenakan ekskul memiliki banyak jadwal di luar jam sekolah yang bisa memakan waktu seharian. Bayangkan dalam satu ekskul kalian bisa menghabiskan waktu selama 3 jam sehari, dikali 3 kali pertemuan dalam seminggunya. Belum lagi kalau kalian menjadi anggota OSIS atau mengikuti ekskul lainnya, bisa-bisa kalian tidak memiliki waktu untuk belajar dan mengerjakan PR di rumah. Selain bisa menurunkan nilai, mengikuti banyak ekskul juga bisa membuat tubuh kalian menjadi drop. Jadi, lebih baik kalian aktif sewajarnya saja ya!

Jangan Berpacaran Hingga Lulus Sekolah!

Langkah terakhir, ya bisa dibilang wajib kalian lakukan adalah tidak berpacaran selama sekolah. Hal ini dilakukan agar kalian fokus belajar dan mendapat peringkat tiga besar di sekolah. Karena apabila kalian berpacaran selama sekolah, otomatis kalian tidak akan fokus belajar dan hanya fokus dalam masalah percintaan, dan itu sama sekali nggak worth it (menurut saya).

Kebanyakan orang berpendapat bahwa dengan memiliki pacar, kalian menjadi lebih bersemangat untuk sekolah. Terus kalau putus, jadi nggak semangat gitu? Nah! Jangan sampai kalian berpikiran seperti itu ya! Mau ada pacar ataupun nggak, kalian harus tetap bersemangat untuk sekolah. Kalian harus ingat dan sayang sama orang tua kalian. Orang tua sudah susah payah mencari uang hanya untuk menyekolahkan kalian, eh kalian malah sibuk pacaran dan nggak fokus sama masa depan kalian sendiri. Padahal pacar belum tentu bisa menyelamatkan masa depan kalian. Oleh karena itu, alangkah baiknya kalian tidak berpacaran dulu selama masih sekolah. Tidak apa-apa kalian disebut cupu atau ketinggalan zaman, yang penting kalian fokus untuk berprestasi di sekolah dan membanggakan kedua orang tua kalian.

Seperti itulah 5 langkah mudah menjadi murid berprestasi di sekolah. Langkah-langkah di atas dijamin ampuh membuat kalian menjadi murid terpintar di sekolah. Dengan mengikuti kelima langkah tersebut, kalian akan menjadi murid terpopuler di sekolah. Dan jangan lupa, kalian juga harus beretika baik kepada siapapun tanpa terkecuali. Dengan adanya attitude yang baik dan juga memiliki prestasi, kalian akan disegani oleh siapapun.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya