5 Peralatan Dapur Dasar yang Berguna dan Wajib Kamu Miliki

0

Memasak di rumah harusnya menjadi hal yang sederhana dan menyenangkan bagi semua orang. Bayangkan membuat makanan yang hangat, sehat dan lezat dari dapur kamu ke meja makan. Namun seringkali, menyiapkan makanan bisa melelahkan dan menyita waktu; kesederhanaan bisa berubah menjadi kerumitan dan kamu mungkin tidak selalu dapat menikmati hasil makanan yang sesuai dengan ekspektasi. Jangan kuatir, dengan peralatan memasak dasar yang benar, kamu dapat membuat persiapan makanan menjadi jauh lebih mudah dan efisien.

Semua yang Kamu Harus Tau Tentang Peralatan Dapur

Peralatan dapur adalah segala peralatan rumah tangga yang digunakan di dapur. Di dapur, makanan disiapkan dan diproses sampai siap disajikan.

ads by posciety

Jenis-Jenis Peralatan Dapur

Dalam dunia memasak, terdapat banyak peralatan yang dapat kamu temukan di dapur profesional maupun rumahan. Ada oven, pengiris dan lain-lain. Yuk belajar tentang dua klasifikasi dari peralatan-peralatan dapur!

  1. Peralatan Dapur Portable: Peralatan memotong, peralatan untuk memasak dan menangani makanan, peralatan pengukur dan penyimpanan, peralatan kue dan roti, dan peralatan kecil lainnya.
  2. Peralatan Dapur Tetap: Peralatan memasak besar listrik dan non-listrik (seperti kulkas, mixer industri) dan peralatan mesin non-listrik dan listrik (seperti dough sheeter, pembuat mie)

Ciri-Ciri Peralatan Dapur yang Berkualitas

Seperti peralatan lain pada umumnya, terdapat peralatan memasak yang baik dan yang tidak baik dari segi kualitas. Tidak sedikit dari brand-brand ternama yang menawarkan produk dapur yang kurang tepat. Seperti apa sih sebenarnya peralatan memasak yang bagus dan benar?

  • Peralatan memasak harus memiliki desain yang sederhana dan cenderung datar agar mudah dibersihkan. Produk tidak disarankan untuk memiliki cembungan, sekrup, dekorasi, lubang, lekuk, dan sudut yang sebenarnya tidak diperlukan.
  • Peralatan memasak harus terbuat dari bahan-bahan yang berkualitas, tahan karat dan tidak beracun.

Jadi, bagi kamu, jangan tergiur dengan alat-alat dapur yang ditawarkan dengan harga yang murah dan desain yang enak untuk dipandang. Namun, cermat-cermatlah memilih peralatanmu di dapur dari sekarang. Selain awet, peralatan memasak yang berkualitas juga dapat mencegah terjadinya penyakit bawaan makanan.

5 Peralatan Dapur Dasar yang Harus Kamu Punya

Dari sekian banyaknya peralatan memasak yang ada di pasaran, lima peralatan paling dasar inilah yang kamu harus miliki untuk memulai perjalanan memasakmu:

Pisau Dapur

Pisau Dapur Sebagai Peralatan Dapur Dasar
img: Shopee

Tidak salah lagi, pisau dapur merupakan perangkat mutakhir bagi yang berkecimpung di dunia permasakan. Di rumah, kamu mukin hanya mengenal satu macam pisau yakni pisau koki yang berguna untuk memotong dan menyiapkan segala macam bahan makanan.

Namun, tahu kah kamu bahwa terdapat banyak macam pisau yang memiliki ukuran, bentuk dan kegunaannya masing-masing. Paring knife contohnya merupakan pisau kecil yang digunakan untuk memotong dan mengupas buah dan sayur yang berukuran kecil. Atau pisau roti yang memiliki bilah yang bergerigi. Belilah pisau yang berkualitas dan sesuai dengan keperluanmu.

Selalu pastikan pisau tajam sebelum digunakan. Pisau yang tumpul lebih mudah terlepas dari genggaman dan menyebabkan kecelakaan dapur. Selain dari itu, cucilah pisaumu setiap selesai pemakaian. Meninggalkan pisau di bak cuci dapat melukai tanganmu jika tidak berhati-hati.

Talenan Plastik

Talenan Plastik Sebagai Peralatan Dapur Dasar
img: TokoPedia

Cobalah periksa dirumahmu. Kemukinan besar, orang Indonesia hanya memiliki talenan kayu di rumahnya. Sayangnya, beberapa sumber mengatakan bahwa kayu-kayuan bukanlah material terbaik untuk pembuatan peralatan dapur. Kayu dapat dengan mudah tergores dan menyerap cairan. Hal ini meningkatkan resiko kontaminasi silang.

Kontaminasi silang mengacu pada transfer bakteri dan kuman dari satu objek atau makanan, ke makanan lainnya. Hal ini mengakibatkan pertumbuhan dan multiplikasi bakteri. Kontaminasi silang dapat menyebabkan keracunan makanan oleh karena itu penting untuk menjaga makanan bebas dari kontaminasi tersebut.

Umpamakan, setelah kamu memotong ayam mentah, cairan dari ayam tersebut meresap kedalam talenan kayu dan sela-sela goresannya. Lalu, kamu mencucinya dan memotong roti. Cairan yang telah diresap oleh talenan tidak akan keluar atau hilang hanya dengan mencucinya.

Maka dari itu, pilihlah talenan dengan bahan yang aman. Kayu, kaca dan batu bukanlah material yang tepat untuk talenan. Sebagai gantinya, pilihlah talenan plastik.

Timbangan Digital

Timbangan Digital Sebagai Peralatan Dapur Dasar
img: TokoPedia

Timbangan dapur mungkin tampak tidak perlu bagi pemasak rumahan. Hanya sebuah alat tak penting yang dirancang untuk menghabiskan uang dan memenuhi lemari. Faktanya, itu tidaklah benar! Timbangan dapur terbaik akan menyederhanakan persiapan makanan, memungkinkan kamu meningkatkan keterampilan memanggang, memastikan rasa makananmu stabil dan mengurangi pekerjaan dapur kamu sekaligus.

Timbangan makanan juga akan mengurangi sampah makanan dan secara drastis mengurangi jumlah gelas ukur dan mangkuk yang mungkin kamu pakai selama di dapur.

Set Wajan

Set Wajan Sebagai Peralatan Dapur Dasar
img: Agen Tupperware Kebumen

Memasak tanpa wajan, terdengar sedikit aneh bukan? Wajan tidak mungkin terpisah dari memasak karena wajan lah media penghantar panas ke makanan yang sedang kamu masak. Dari sebegitu banyak macam wajan, selalu ada pilihan untuk membeli Peralatan Masak dalam satu bundel. Set wajan seperti ini biasanya bagus bagi kamu yang ingin menghemat uang dan sebagai imbalannya, memiliki wajan yang serasi. Set Wajan Masak dapat berkisar dari 10-18 buah, dengan variasi berbeda di setiap set yang disesuaikan dengan kebutuhan kamu.

Terdapat beberapa material yang dapat digunakan dalam pembuatan panci. Seperti besi cor, aluminium dan non-stick. Beberapa juru masak professional menyarankan penggunaan wajan carbon steel. Walaupun harganya diatas wajan pada umumnya, wajan carbon steel sangatlah awet, ringan dan dapat menjaga suhu makanan dengan baik.

Set Spatula

Set Spatula
img: Oxone Indonesia

Jika kamu sedang membeli peralatan dapur, spatula pasti akan menjadi salah satu kebutuhan dapur pertama yang Anda beli. Meskipun mereka bukan alat dapur yang paling menarik, spatula adalah salah satu barang yang paling sering digunakan di dapur mana pun. Dengan banyak rupa, setiap bentuk spatula memiliki kegunaannya masing-masing, mulai dari menyendok kue dari loyang hingga memanggang daging steak.

Setiap berjalan ke bagian peralatan dapur di supermarket terdekat, kamu pasti dapat melihat dua macam spatula dipajangkan: silikon dan aluminium seperti yang diatas. Kebanyakan spatula silikon tidak dapat suhu yang terlalu panas namun dapat menjaga wajan tetap mulus tanpa goresan. Sebaliknya, spatula aluminium dapat bertahan di suhu panas tetapi ada resiko wajan tergores.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya