7 Plugin RECOMMENDED Untuk Situs WordPress Multi Author

Pada beberapa kasus, situs WordPress yang memiliki beberapa penulis / author selalu ingin tampil beda untuk setiap peran pengguna atau biasa disebut user role. Gunanya untuk menampilkan tampilan berbeda untuk setiap user, dalam WordPress kita dapat melakukan itu walaupun memerlukan plugin yang cocok dengan hosting / server dan tema WordPress yang kalian gunakan.

Kebanyakan pengguna WordPress hanya dijadikan blog personal alias menulis sendiri dan berusaha sendiri, padahal nyatanya bisa dilakukan oleh beberapa penuli atau biasa di sebut multi-author, ketika memiliki banyak penulis tentu website akan memproduksi postingan lebih banyak dari biasanya karena setiap penulis mempublikasikan tulisannya masing-masing.

Namun jika kurang yakin atau tidak percaya dengan penulis tersebut tentu kita sebagai administrastor harus menyiapkan website dengan rapih agar penulis itu hanya dapat sekedar menulis saja tidak perlu mengetahui menu lain yang dianggap sensitif. Selain menu juga bisa seperti fungsi / function dan hal lainnya yang ingin disembunyikan dari penulis.

Selain multi-author juga bisa diambil contoh website WordPress untuk klien, misalnya ingin membatasi tingkah laku klien atau hal lainnya yang dianggap tidak perlu diketahui oleh klien dapat menggunakan plugin-plugin dibawah ini.

Kali ini saya akan urutkan beberapa plugin yang direkomendasikan untuk kalian yang memiliki situs WordPress dengan beberapa user role. Plugin ini terbilang populer, selain itu juga sudah di test sendiri dan hasilnya tidak merusak situs web. Berikut ini daftar 7 plugin yang harus dimiliki untuk situs WordPress dengan banyak peran pengguna.

#1 Adminimize

5 plugin terbaik gratis untuk wordpress multi author - rio bermano

 

Adminimize merupakan plugin yang dibuat oleh Frank dan memiliki pengguna aktif lebih dari 200.000 pengguna. Plugin ini memungkinkan penggunanya untuk merubah dashboard admin WordPress, admin bar atas ketika login, footer credit WordPress didalam dasbor, dsb. berdasarkan peran pengguna.

#2 Erident Custom Login and Dashboard

Merupakan plugin untuk membuat halaman masuk / login situs WordPress menjadi tampil beda. Misalnya menghilangkan logo WordPress + link nya dan menggantinya dengan logo kalian. Pada plugin ini juga memiliki fitur tambahan seperti memberikan gambar latar belakang / background pada halaman login. Selain halaman login, perubahan ini pun akan berdampak pada halaman pendaftaran dan lupa kata sandi. Plugin ini sukses mencapai rating tertinggi dalam kategori yang sama dan saat ini memiliki lebih dari 20.000 pengguna aktif.

#3 User Role Editor

Adalah plugin yang mampu merubah satu persatu kemampuan setiap peran / role pada anggota situs WordPress, diciptakan oleh Vladimir Garagulya yang juga merupakan author favorit Rio Bermano. Untuk kalian yang sedang mencari plugin untuk merubah kemampuan / capabilities sebuah peran pada keanggotaan WordPress, bisa gunakan plugin ini sebagai langkah awal.

Misalnya kalian ingin merubah peran Wirter / Penulis agar tidak bisa mempublikasikan artikel yang dibuatnya sendiri (karena secara default, penulis dapat mempublikasikan artikel yang dibuatnya sendiri). Dengan demikian, para penulis akan diminta untuk mengirim artikel yang dibuatnya sebagai Tertunda dan perlu ditinjau terlebih dahulu oleh admin. Sampai saat artikel ini ditulis, plugin ini berhasil terinsall dan diaktifkan oleh lebih dari 400.000 pengguna.

#4 WP Cerber

Dengan plugin ini, kalian dapat membatasi login attempts / usaha login ke situs kalian. Dengan demikian, situs WordPress kalian akan lebih aman karena ditakutkan ada yang mencoba untuk membobol situs WordPress kalian melalui login form. Pada plugin ini juga kalian dapat merubah URL default login ke URL yang kalian inginkan (secara default, login situs WordPress adalah /login.php).

Disisi lain, terdapat juga beberapa fitur yang dapat membantu kalian mengamankan situs dari tangan-tangan jahil seperti: otomatis blokir seseorang yang mencoba melakukan tindakan aneh pada login form, mengunci alamat IP untuk beberapa menit (kalian dapat tentukan menitnya) karena sudah melakukan tindakan keras / yang dapat merusak situs kalian, dan fitur lainnya. Saat artikel ini ditulis, WP Cerber memiliki 20.000+ pengguna aktif.

#5 WP Maintenance Mode

plugin untuk membuat template situs kalian dalam mode perawatan sesuai keinginan kalian. Disini kalian dapat merubah situs kalian kedalam mode perawatan dengan desain yang kalian tentukan sendiri. Sehingga ketika kalian sedang renovasi situs atau situs dalam keadaan down, pengunjung ataupun pengguna lainnya dapat melihat pemberitahuan dari situs kalian bahwa situs kalian sedang dalam mode perawatan atau down. Selain itu juga kalian dapat menambahkan pemberitahuan lainnya seperti hitung waktu mundur kapan kalian akan aktif kembali, kolom berlangganan, dll. Plugin ini berhasil dipasang dan diaktifkan oleh lebih dari 400.000 pengguna WordPress.

#6 Co-Authors Plus

Plugin ini cocok untuk administrator yang ingin menampilkan penulis beserta Editor yang mengedit tulisan tersebut, jadi tidak hanya penulis saja yang akan tampil sebagai penulis suatu postingan tapi akan menampilkan siapa co-author nya jika ada. Plugin ini juga memberikan sedikit kustomisasi pada tingkah laku masing-masing peran akun.

Dengan plugin ini juga bisa menampilkan siapa penulis atau co-author dengan tanpa membuat akun terlebih dahulu, ini dinamakan menambahkan penulis bylines atau profil tamu. Jika tema yang digunakan ini cocok, plugin ini juga mampu menempatkan Tentang Penulis dibagian kustom tergantung dimana yang kalian inginkan misalnya dibagian bawah postingan.

[fusion_button link=”https://wordpress.org/plugins/co-authors-plus/?ref=riobermano.com” title=”DOWNLOAD” target=”_blank” link_attributes=”” alignment=”” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”default” button_gradient_top_color=”” button_gradient_bottom_color=”” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”” accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” size=”” stretch=”default” shape=”” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]DOWNLOAD[/fusion_button]

#7 WP User Frontend

Jika kalian memiliki strategi yang berbeda seperti yang dijelaskan diatas, misalnya tidak ingin mengarahkan pengguna ke dashboard silahkan gunakan plugin ini. Plugin ini memberikan fitur gratis dan PRO, plugin ini akan menambahkan fungsi supaya para pengguna selain Administrator dapat memposting artikel di halaman depan.

Tidak hanya posting artikel, plugin ini juga memberikan fitur profil penulis dihalaman depan, formulir pendaftaran, berlangganan, dan pembatasan artikel (misalnya artikel hanya untuk pengguna login saja). Penggunaan / penerapannya di halaman depan pun mudah, cukup tempelkan shortcode yang diberikan di Laman.

[fusion_button link=”https://wordpress.org/plugins/wp-user-frontend/?ref=riobermano.com” title=”DOWNLOAD” target=”_blank” link_attributes=”” alignment=”” modal=”” hide_on_mobile=”small-visibility,medium-visibility,large-visibility” class=”” id=”” color=”default” button_gradient_top_color=”” button_gradient_bottom_color=”” button_gradient_top_color_hover=”” button_gradient_bottom_color_hover=”” accent_color=”” accent_hover_color=”” type=”” bevel_color=”” border_width=”” size=”” stretch=”default” shape=”” icon=”” icon_position=”left” icon_divider=”no” animation_type=”” animation_direction=”left” animation_speed=”0.3″ animation_offset=””]DOWNLOAD[/fusion_button]

Iutlah 7 plugin yang dapat saya bagikan, semoga bermafaat. Lihat juga cara memasang / install plugin WordPress dengan tepat.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi