5 Situs untuk Dapatkan Uang dengan Menulis Novel

Apakah kamu “novel writer-wannabe”? Atau sudah menjadi penulis dan ingin menambah pengalaman menulis di platform digital? Itu tentu sangat bagus! Karena sekarang berbagai wadah disiapkan untuk menulis dan menerbitkan karya, menghubungkan penulis dengan pembaca, serta memperluas jangkauan penikmat karyamu.

Bahkan, kamu juga bisa langsung menghasilkan pundi-pundi rupiah dan menjadi penulis novel yang “sultan”! Tentunya dibarengi dengan dedikasi yang tinggi, mengapresiasi para pembaca, dan konsisten dengan karyamu di platform menulis ini, maka semua itu insyaAllah bisa dicapai. Memang awalnya tidak mudah, karena kamu akan menemukan banyak karya penulis di luar sana yang lebih “pro”, tetapi sangat mungkin kalau kamu bisa meningkatkan skill menulis dan menjadi penulis novel online yang TOP!

Nah, mengutip dari blog narmadi.com, berikut ini adalah 5 situs menulis novel terbaik pilihan yang banyak direkomendasikan untukmu:

Wattpad

Bagi para pecinta novel dan para penulis muda, situs yang satu ini sudah pasti sangat populer. Wattpad merupakan media menulis novel online bagi siapapun. Berdiri sejak tahun 2014 silam, Wattpad dapat menampung ratusan juta tulisan yang diunggah oleh penggunanya.

Situs untuk belajar menulis novel yang satu ini juga sangat mudah digunakan. Para penulis tidak harus menyelesaikan tulisannya sekaligus, namun bisa ditulis dan diterbitkan per bab. Di setiap tulisan yang diunggah pun disediakan fitur komentar. Fitur ini memudahkan para pembaca untuk memberi saran dan juga respon terhadap cerita yang diunggah.

Jika kamu tertarik, silakan registrasi terlebih dahulu untuk bisa membuat akun di situs Wattpad ini. Kemudian, koneksikan ke platform digital lainnya seperti, akun Google atau Facebook. Selain dalam bentuk situs, juga sudah ada aplikasi Wattapd yang bisa digunakan di Android maupun iOS.

Storial

Selanjutnya, situs untuk belajar menulis novel bernama Storial. Walaupun belum lama, namun situs ini sudah memilki sekitar 500 koleksi tulisan. Beralamatkan di www.storial.co kini situs ini menjadi situs menulis online pertama dari Indonesia.

Situs Storial ini memberikan beberapa fitur bagi para penulis. Fitur-fitur ini tentu saja memudahkan para penulis untuk bisa menulis kapan pun dan di mana pun. Juga ada fitur untuk tetap terhubung dengan para pembaca. Novel Rapali karya Dee Lestari juga ada di Storial loh…

Di situs ini pun sudah ada komunitasnya yakni khusus bagi para penulis di Storial.co saja. Bergabung di komunitas penulis Storial tentunya akan membawa manfaat tersendiri. Misalnya, bisa berdiskusi tentang dunia kepenulisan sesama member Storial. Sama dengan Wattpad, para calon penulis harus memiliki akun terlebih dahulu.

Medium

Bagi para penulis ulung, nama Medium pastinya sudah tidak asing lagi. Medium merupakan situs untuk belajar menulis novel. Fokus dari situs ini hanyalah tulisan saja. Sehingga para penulis bisa dengan mudah menuangkan isi hati dan karyanya melalui situs ini.

Tampilannya pun sangat minimalis sehingga sangat enak saat pembaca ingin membaca tulisannya. Situs ini benar-benar cocok bagi para penulis.

Gramedia Writing Project

Dari namanya terdengar sangat tidak asing, bukan? Benar sekali, situs untuk belajar menulis novel yang satu ini merupakan garapan Gramedia. Salah satu penerbit dan toko buku terkenal di Indonesia.

Penulis yang bisa masuk dalam situs ini memang diseleksi dengan baik sehingga terpilihlah penulis-penulis terbaik. Sayangnya, situs menulis online ini tidak populer seperti Wattpad. Selain itu, situs ini hanya bisa digunakan oleh para penulis. Sehingga tidak ada pembaca yang bisa mengomentari atau menikmati tulisan tersebut.

Novelme

Bagi penulis yang ingin mengunggah karyanya bisa mencoba untuk membuat akun di situs www.novelme.com ini. Banyak penulis yang sudah teregistrasi di situs ini karena tergiur dengan hadiah yang ditawarkan oleh novelme.

Caranya adalah dengan menjadi peringkat satu di antara para penulis lainnya. Selain itu, harus memiliki pembaca setia yang selalu membaca karyanya. Memang syaratnya tidak mudah, namun sangat mungkin untuk bisa dicapai!

Pada awalanya, jika sudah berhasil mengunggah cerita mu ke situs ini, namun pembaca tidak memberikan penilaian yang bagus, maka bisa jadi cerita tersebut akan memilki peringkat rendah. Sehingga kamu harus sering-sering memberikan cerita yang menarik minat para pembaca, karena itu direkomendasikan untuk mengunggah ceritamu setiap hari. Tujuannya agar kemampuan menulismu semakin meningkat seiring dengan pembaca ceritamu.

Sayangnya, situs ini memiliki tampilan yang sedikit kuno. Misalnya, penulis tidak bisa menambahkan gambar yang bisa menunjang tulisannya agar lebih menarik. Fitur-fitur lainnya pun masih kurang lengkap sehingga tulisan karya penulis akan terlihat sangat monoton. Ini dapat membuat minat baca menjadi menurun, tetapi tidak berpengaruh jika ceritamu memang bagus!

Itu dia rekomandasi 5 situs menulis novel yang dibayar. Apakah kamu pernah mencoba salah satunya? Tetap semangat menulis ya, karena impianmu menjadi penulis novel akan bisa terwujud. Selamat mencoba, semoga sukses!

Karya Tulis
Komentar (0)
Tambah Komentar