5 Skin Care dengan Bahan Alami di Seluruh Dunia, Ada yang dari Indonesia Juga Loh…

0

Pernahkah kamu membayangkan mandi dengan susu? Sebuah perawatan kecantikan yang terinspirasi oleh Cleopatra, yang sekarang masih umum dilakukan oleh banyak wanita di Mesir. Atau bagaimana jika rutinitas perawatan kulitmu memiliki 10 hingga 15 langkah—baik di pagi dan sore hari—seperti perawatan wajah yang khas di Korea? Kita tahu, bahwa setiap masyarakat memiliki tradisi kecantikannya sendiri, dan meskipun beberapa mungkin tampak aneh bagi orang asing, ini juga akan membuat kamu bertanya-tanya mengapa baru mengetahui manfaatnya untuk kecantikan sekarang?

Nah, dikutip dari berbagai blog kecantikan, berikut ini sedikitnya 5 skin care alami dari seluruh dunia yang mungkin dapat menginspirasimu untuk mengubah rutinitas kecantikanmu sendiri.

1. Minyak Kelapa di Tanzania

ads by posciety

img: sehatq

Minyak kelapa telah menjadi bahan pokok kecantikan di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dan mungkin kamu dapat berterima kasih kepada Zanzibar, pulau yang terkadang dijuluki sebagai Kepulauan Rempah, meski julukan itu lebih tepat untuk Kepulauan Maluku.

“Ini salah satu tempat favorit saya,” kata Stephanie Flor, pakar kecantikan global dan pendiri Around the World Beauty. “… Orang Afrika dikenal karena kulitnya yang indah, dan wanita Muslim membuat minyak kelapa sepenuhnya dari awal. Mereka belajar cara membuatnya sejak lahir, dan melindungi mereka dari matahari dan menyembuhkan kulit.” Mereka juga menggunakan minyak kelapa dalam produk lain; itu adalah bahan utama dalam sabun buatan tangan.

Mrembo Spa di Stone Town, Zanzibar, menawarkan lokakarya langsung untuk mengajari pengunjung cara membuat minyak kelapa, sabun, dan scrub cengkeh yang terkenal dengan harga masing-masing kurang dari $25 USD. Dan tentu saja jika kamu tidak bisa pergi ke Tanzania, sekarang lebih mudah untuk membeli sebotol minyak kelapa di daerahmu sendiri.

2. Rumput Laut dan Air Laut di Perancis

img: wbur

“Wanita Prancis selama berabad-abad telah menggunakan rumput laut dan air laut dalam rutinitas kecantikan mereka, tetapi juga untuk tujuan kesehatan,” kata Flor. “Saya tidak tahu ada wanita Prancis yang tidak pergi ke spa Thalassoterapi setidaknya setahun sekali. Kami menyukai anggur dan baguette kami, tetapi wanita Prancis terobsesi dengan berat badan dan selulit dan menggunakan scrub rumput laut dan mandi untuk meningkatkan sirkulasi dan eliminasi.” Maksudnya adalah menghilangkan kulit kering, sehingga kulit menjadi lebih halus, sehat dan bercahaya.

3. Rempah-Rempah di Indonesia

img: lifestyle kompas

Kamu mungkin akan merasa seperti bangsawan ketika kamu mendapatkan perawatan kulit dari rempah-rempah asli yang digunakan para bangsawan sejak dulu ini. “Ritual kecantikan tradisional Indonesia untuk putri disebut perawatan Lulur, yang menggunakan kunyit dan rempah-rempah dan akar sehat lainnya untuk membuat kulit yang sehat dan bercahaya,” kata Metta Murdaya, salah satu co-owner brand perawatan kulit dari Indonesia.

“Kunyit telah menjadi makanan pokok dalam tradisi dan masakan jamu (herbal) Indonesia untuk pembersihan darah yang sehat, anti-inflamasi, dan sifat antioksidan.”

4. Lidah Buaya

img: womantalk

Tanaman ini memiliki sejarah panjang digunakan untuk tujuan pengobatan, sejak zaman Mesir kuno. Tanaman ini berasal dari Afrika Utara, Eropa Selatan, dan Kepulauan Canary. Hingga saat ini, lidah buaya telah tumbuh di iklim tropis di seluruh dunia.

Jika iklim daerahmu tidak cukup hangat untuk menumbuhkan lidah buaya di luar ruangan, maka tanaman ini cocok sebagai tanaman rumah. Kamu dapat menggunakan gel di dalam daunnya untuk menenangkan kulit yang terbakar dan mengurangi peradangan kulit. Kamu juga dapat menggunakan lidah buaya sebagai pelembap bebas minyak meskipun penggunaan secara teratur dapat membuat kulit kamu terlalu kering.

Untuk perawatan kulit sehari-hari lebih baik menggunakan lidah buaya sebagai bagian dari lotion ringan. Ekstrak isi dari lidah buaya dengan memotong daun hingga terbuka terbuka dan menyendoki gelnya. Lidah buaya dapat digunakan sendiri tetapi juga dalam krim dan lotion meskipun perlu dicampur dan/atau disaring terlebih dahulu.

5. Oatmeal di Brazil

img: spy

Kamu mungkin sudah tahu bahwa oatmeal sangat bagus untuk kulitmu. Maka tidak heran jika kamu pernah melihat fakta nutrisi di balik sekotak oatmeal, kamu mungkin memperhatikan bahwa itu mengandung banyak mineral dan vitamin yang dibutuhkan tubuhmu. Ternyata nutrisi yang bagus untuk tubuhmu secara keseluruhan sangat bagus untuk kulitmu juga.

Orang Brazil menggunakan gandum untuk meringankan rasa sakit akibat terbakar sinar matahari dan mempercepat penyembuhan. Lalu bagaimana cara menggunakannya? Lain kali kamu mengalami sengatan matahari yang parah, ikat beberapa gandum dengan kain kasa dan kemudian letakkan di atas keran di dalam bak mandimu. Nyalakan air dan isi bak, biarkan air menyaring melalui kantong dengan gandum. Berendamlah atau gunakan air gandum di bak mandi tersebut dan kamu akan segera sembuh dari sengatan matahari. Oat memiliki sifat penyembuhan anti-inflamasi yang luar biasa!

Merawat kulit sudah menjadi hal wajib karena, sekalipun kita hanya berada di dalam rumah, terkadang kulit bisa kering atau datang masalah kulit lainnya sehingga kita perlu tetap menjaganya dengan berbagai bahan yang alami. Bagaimana dengan rutinitas perawatan kulitmu? Apakah kamu telah mencoba bahan alami diatas? Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya