5 Tips and Trick Buat Kamu yang Ingin Belajar Surfing Seperti Rio Wadia

0

Setelah SEA Games dan Tokyo Olympic Games 2020, semakin banyak anak muda yang tertarik dengan dunia selancar atau yang biasa dikenal dengan istilah bahasa inggris, surfing. Namun, akibat pandemi yang tak kunjung selesai, tidak sedikit yang kesulitan mengakses pantai untuk belajar surfing. Selagi menunggu situasi membaik, yuk kita belajar dahulu tentang surfing dan tips and trick yang baik agar dapat menjadi peselancar yang handal kedepannya. Surfing adalah salah satu olahraga air dimana peselancar akan menunggangi ombak menuju pantai. Olahraga ini diperkirakan berasal dari Polynesia Kuno pada ada ke-12. Peneliti dan arkeologis telah menemukan lukisan-lukisan di gua yang menggambarkan aktivitas selancar masa lampau.

Seiring waktu, setelah berkembangnya zaman, tradisi selancar air ini dibawa oleh orang-orang Polynesia ke Hawaii dan menjadi olahraga yang cukup populer disana. Sekitar akhir abad ke-19, pariwisata mulai berkembang, dan surfing menjadi salah satu olahraga yang mendunia. Tepat pada musim ini, surfing masuk sebagai salah satu cabang olahraga di Tokyo Olympic games 2020.

Rio Wadia, Inspirasi Anak Indonesia untuk Belajar Surfing

ads by posciety

Rio Wadia, Inspirasi Anak Muda Untuk Belajar Surfing
img: Instagram

Rio Wadia, namanya sontak naik daun setelah kemunculannya di SEA Games Filipina 2019 pada cabang olahraga selancar. Performa selancarnya yang diatas rata-rata telah diakui oleh pihak internasional. Diusianya yang masih terbilang sangat muda, lebih dari 15 medali telah ia raih.

Pria blasteran Indo-Jepang ini baru-baru menjadi perhatian netizen Indonesia setelah membawa bendera NKRI pada acara pembukaan Tokyo Olympic games 2020. Walaupun belum beruntung dan harus berhenti pada babak 16 besar dalam pertandingan surfing, Rio telah membuka lebih lebar dunia selancar terhadap anak-anak muda di Indonesia.

Parasnya yang elok dan gaya berselancarnya yang tak terkalahkan mendapat pujian dari masyarakat luas sehingga viral di berbagai platform sosial media seperti TikTok, Instagram dan lain-lainya. Selain dari itu, ia juga terkenal ramah karena sering memberikan likes dan komentar pada unggahan penggemarnya. “Saya bisa sampai disini karena kalian semua, saya bahagia dengan siapa saya hari ini dan saya akan terus melanjutkan semuanya karena saya ingin lebih dari ini,” kutipnya pada unggahan Instagram terbarunya.

Kehadiran Rio secara tidak langsung telah meningkatkan minat masyarakat Indonesia terhadap surfing, khususnya bagi anak muda, penerus bangsa.

Tips dan Trick Mahir Surfing

5 Tips and Trick Buat Kamu Yang Ingin Belajar Surfing!

Mukin berselancar terlihat mudah ketika kamu menonton para atlet di televisi rumah. Namun, tahukah kamu, berselancar tidak semudah membalikkan telapak tangan. Terdapat banyak elemen yang harus dikuasai sebelum kamu menjadi sehebat mereka. Tapi tenang, semua hal tersebut dapat kamu pelajari dengan lebih mudah jika kamu mengerti teori dasar terlebih dahulu. Kamu mau menjadi peselancar professional seperti Rio? Tanpa berpanjang lebar, yuk kita cek tips dan trick mahir berselancar bagi kamu yang masih pemula:

1. Fokus Pada Saat Latihan

Fokus Pada Saat Latihan

Pertama-tama fokuslah pada saat latihan. Banyak pemula cenderung tidak percaya diri ketika pertama belajar surfing. Mereka terlalu memusingkan diri dengan apa yang orang lain pikirkan sehingga malah tidak bisa membebaskan diri berselancar dan ragu untuk mencoba menunggangi ombak kecil.

Ketika suatu hari kamu berlatih, pastikan kamu tetap fokus dengan apa yang kamu sedang asah, entah itu keseimbanganmu atau daya tahanmu, berlatihlah dengan bebas dan sebaik mukin.

2. Pilihlah Pantai yang Sesuai Dengan Skill Kamu

Pilihlah Pantai yang Sesuai Dengan Skill Kamu

Di Indonesia sendiri, terdapat banyak sekali pilihan pantai mengingat Indonesia adalah negara maritim. Setiap pantai yang ada memiliki arus ombak dengan tingkat kesulitan yang berbeda-beda. Dari seluruh pantai yang ada, carilah dan pilihlah pantai yang sesuai dengan lokasimu dan kemampuanmu. Bagi pemula, ini adalah pantai-pantai yang mukin cocok untuk kamu:

  • Pantai Kuta, Bali
  • Pantai Batu Karas, Jawa Tengah
  • Pantai Pacitan, Jawa Timur
  • dan lain-lain.

Selain dari pilihan pantai, pastikan juga kamu memilih ombak yang tepat. Mulailah dengan ombak yang kecil karena itulah akan membantumu melatih kemampuan dasar surfing.

3. Carilah Mentor untuk Belajar Surfing

Carilah Mentor untuk Belajar Surfing

Di balik setiap atlet yang sukses, akan selalu ada pelatih yang hebat. Bagi para pemula, akan sangat membantu jika kamu memiliki mentor untuk melatihmu dalam surfing. Menghabiskan waktu dengan peselancar yang lebih berpengalaman di atas air akan membantu memotivasi dirimu. Selain dari memandumu untuk berselancar dengan teknik yang benar, para mentor akan membantu menjaga kamu dari bahaya saat berselancar.

Salah satu hal yang berbahaya bagi para peselancar adalah memasuki impact zone. Impact Zone adalah tempat di mana bibir gelombang menyentuh air datar. Ini adalah saat ketika gelombang berada pada tahap yang paling kuat. Ketika seseorang memasuki zona tersebut, ia dapat terjebak dan berakhir dengan cedera.

Maka dari itu, sangatlah penting untuk mencari sosok mentor dan mendengarkan arahannya.

4. Pakailah Papan Selancar yang Tepat

macam-macam papan selancar

Dalam sejarah dunia selancar, terdapat banyak papan selancar yang telah beredar di pasaran. Sebagai pemula, pastikan kamu memilih papan yang lebih lebar dan panjang agar. Papan yang lebar dan panjang akan mempermudah kamu untuk menjaga keseimbangan dalam menunggangi ombak pendek.

Selain dari itu, pilihlah papan yang lebih lunak untuk mengurangi kemukinan untuk cedera bagi kamu dan orang-orang di sekitarmu ketika kamu sedang latihan.

5. Konsisten Berlatih dan Belajar Surfing!

Konsisten Berlatih dan Belajar Surfing

Sama seperti olahraga lainnya, surfing tidak dapat dikuasai dalam waktu singkat dan banyak hal-hal teknis yang harus diperhatikan. Ada masanya kamu akan sukses menunggangi ombak, tapi terkadang, kamu juga akan mengalami kegagalan. Bagi atlet selancar, luka-luka dan lebam bukanlah hal yang tidak biasa.

Tidak apa-apa jika gagal karena kegagalanlah yang akan membuat kamu menjadi peselancar yang baik. Yang terpenting adalah kamu memperbaiki kesalahanmu, bangkit dan cobalah untuk menunggangi ombak selanjutnya. Kunci dari kesuksesanmu berselancar adalah nikmatilah waktumu berselancar, terus giat berlatih dan janganlah menyerah.

Saya belajar bahwa hidup mirip dengan berselancar. Ketika kamu terjebak dalam impact zone, kamu perlu berenang kembali keatas, karena kamu tidak akan pernah tahu hal baik apa yang ada di ombak selanjutnya… dan jika kamu percaya kamu bisa, segalanya akan menjadi mukin, iya, segalanya.

Bethany Meilani Hamilton, Peselancar Profesional

Dengan mengimplikasikan 5 hal tersebut dalam rutinitas surfing kamu, kamu akan menjadi peselancar yang terus berkembang dan hebat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya