5 Tips Bertemu Calon Mertua, Biar Gak Malu-Maluin!

0

Bertemu calon mertua alias camer adalah momen yang sangat mendebarkan bukan? Nah, karena momentum pertemuan pertama harus meninggalkan kesan yang baik. Agar Anda bisa diterima dan dinilai dengan baik. Apalagi jika Anda merasa sudah cocok dengan pasangan Anda dan ingin melanjutkan ke jenjang yang lebih serius lagi.

Lalu sebenarnya apa sih yang harus dilakukan sebelum bertemu calon mertua. Mengingat masa kini bukan lagi zamannya “Martabak Telor” atau “Martabak Mesir“. Banyak hal yang tanpa Anda sadari menjadi daya tarik Anda dihadapan calon mertua. Apa saja itu? Berikut ini 5 tips saat bertemu calon mertua

1. Menjaga Penampilan

ads by posciety

img: Pixabay

Penampilan merupakan hal pertama yang dapat dengan mudahnya menggambarkan siapa Anda atau istilah kerennya, Who you are? Menjaga penampilan yang dimaksud di sini tidak hanya sekadar pakaian saja. Namun juga bagaimana mimik Anda. Rupa bukanlah hal pertama yang dilihat dari seseorang. Sebab saat pertama bertemu dengan siapapun, yang pertama dilihat adalah ekspresi wajah Anda.

Periang. Pendiam. Pemarah sangat tergambar dari wajah Anda. Untuk menghindari ketidaksukaan calon mertua terhadap Anda. Cobalah untuk membiasakan diri tersenyum di depan cermin. Kemudian aplikasikan di kehidupan sehari-hari. Kebiasaan baik ini membuat Anda mudah mendapatkan perhatian dari banyak orang. Itu karena di balik penampilan yang selalu menggugah senyuman selalu ada energi positif yang siapapun melihatnya ikut tersenyum.

Coba bayangkan, bila penampilan Anda sudah rapi tetapi tanpa senyuman? Orang mungkin akan menganggap ANda sosok yang angkuh dan sombong. Sifat ini tentunya tidak akan disukai oleh calon mertua.

2. Datang dengan Buah Tangan

img: Pixabay

Banyak yang menganggap buah tangan itu bukan suatu kewajiban ketika bertamu ke rumah seseorang. Akan berbanding terbalik jika situasinya Anda mengunjungi rumah calon mertua. Buah tangan tidak harus dilakukan oleh para lelaki ketika berkunjung ke rumah mertuanya. Para perempuan pun harus melakukan hal ini dan tentunya tidak berlebihan.

Buah tangan merupakan sesuatu yang selalu diharapkan oleh pemilik rumah yang hendak Anda kunjungi. Setiap ada tamu yang datang, pastilah orang rumah tersebut mengharapkan tamunya membawa sesuatu. Apalagi yang datang ke rumah mereka adalah bakal calon menantu. Ini juga bisa menjadi satu tanda bahwa Anda termasuk orang yang royal.

3. Mempelajari Budaya Calon Pasangan

img: Pixabay

Salah satu tanda bahwa pasangan Anda benar-benar peduli dan berharap Anda bisa diterima dalam keluarganya adalah ia membantu Anda mempelajari budaya keluarganya. Pasangan Anda pasti pernah memberikan beberapa bocoran seperti.

“Ayahku tidak suka laki-laki dengan rambut panjang.”

“Sebelum masuk, ucapkan salam lebih dulu. Agak keras, karena pendengaran ibu sedikit terganggu.”

“Adikku tidak suka cokelat, dia lebih suka permen.”

“Kakakku memiliki sifat yang sangat dingin. Dia tidak akan menyapamu sebelum kamu menyapanya lebih dulu.”

Dari hal-hal sepele seperti itu pasti salah satunya pernah Anda dapatkan. Beruntunglah jika Anda memiliki pasangan yang selalu menceritakan budaya keluarganya. Berbekal dari cerita-ceritanya Anda tentu sudah diberikan lampu agar berhati-hati dan tidak meninggalkan kesan yang buruk. Sebab setiap laki-laki yang datang ke rumah, satu langkah laki-laki keluar dari pintu akan selalu ada keluarga yang meriview kedatangan Anda.

4. Membuka Obrolan yang Disenangi Calon Mertua

img: Pixabay

Tips keempat yang tidak kalah pentingnya adalah melakukan obrolan yang paling disenangi. Nyambung adalah kunci dari komunikasi yang berjalan dengan baik. Jika Anda ingin tahu apa obrolan yang tidak membuat calon mertua Anda bosan. Mulai cari tahu apa hal-hal yang disenanginya. Dari situlah Anda dapat menyimpulkan topik apa yang baiknya untuk membuka obrolan.

Kesalahan dari para calon menantu adalah tidak melakukan hal ini. Karena takut dan tegang membuat Anda kadang kaku dan menjadikan suasana makin membeku. Salah satu hal yang bisa Anda lakukan agar meninggalkan kesan yang baik adalah mencari topik obrolan yang menyenangkan hatinya. Ini tentu berlaku untuk laki-laki dan perempuan yang akan berkunjung ke rumah calon mertuanya.

5. Bersikap Sopan

img: Pixabay

Tips terakhir adalah bersikap sopan. Penting rasanya untuk membahas tips terakhir ini, karena tips ini berhubungan dengan etika Anda ketika bertamu. Jika Anda datang untuk pertama kalinya, pastikan nonaktifkan gawai Anda. Karena bunyi notifikasi gawai terkadang membuat para calon mertua gelisah. Terlebih lagi, jika Anda (perempuan) bertandang ke rumah calon mertua. Jangan sampai Anda menggenggam gawai Anda dengan kuat. Hal ini bisa membuat ANda mendapatkan penilaian buruk dari calon mertua.

Itulah lima tips bertemu calon mertua. Mulai dari penampilan, membawa buah tangan hingga bersikap sopan dengan cara melepaskan keterikatan Anda dengan gawai. Semua itu merupakan tips-tips yang tanpa disadari sangat berpengaruh terhadap hubungan Anda dan pasangan. Jadi, bagaimana? Sudah siap bertandang dengan buah tangan atau dengan para rombongan?

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya