6 Ide Bisnis Sampingan yang Menguntungkan + Bisa Dilakukan di Rumah

0

Hari ini, memiliki bisnis sampingan seperti sudah bukan lagi pilihan. Harga kebutuhan dan biaya hidup yang semakin meningkat, membuat banyak orang mulai merambah ke usaha lain yang dinilai menguntungkan. Bagaimana denganmu? Jika kamu tertarik untuk mencari bisnis sampingan yang bisa kamu lakukan dari rumah, kapanpun dan dimanapun kamu berada, ada banyak pilihan yang bisa kamu pilih.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut ini 6 ide bisnis sampingan yang menguntungkan yang bisa kamu jadikan referensi:

1. Afiliasi Marketing

ads by posciety

Affiliate markering pada dasarnya adalah mendapatkan komisi dengan mempromosikan produk orang lain. Kamu dapat mempromosikan dengan memberikan informasi tentang produk seperti ebook, situs keanggotaan, seri video, dll. Jenis pemasaran afiliasi ini dapat memberi mu komisi hingga 50% atau lebih, dan mudah menemukan produk untuk dipromosikan. Banyak pula affiliate yang sukses dengan ecommerce. Ada jutaan produk untuk dipilih, dan itu bisa sangat menguntungkan.

Tentunya dengan sebuah catatan: Sebelum kamu memulai affiliate, ada baiknya untuk memiliki pengetahuan dasar tentang SEO dan copywriting yang akan berguna untuk mempromosikan produk yang kamu jual.

2. Terbitkan Buku / Novel

Pernahkah kamu berpikir untuk menulis novel / buku, tetapi tidak tahu harus mulai dari mana? Semua omong kosong penerbitan, pengeditan, dan pemformatan, pemasaran, dll, malah membuatmu pusing?

Dengan banyak platform seperti Google playbook, Amazon, dan lainnya, kamu dapat menerbitkan buku mu sendiri dengan cukup mudah, dan benar-benar menghasilkan uang darinya. Ada beberapa panduan sederhana dan murah untuk membantu mu menulis buku dan menghasilkan pendapatan secara konsisten.

Inilah rahasianya: Jika kamu menerbitkan buku di Amazon dan mendapatkan beberapa ratus penjualan di minggu pertama, Amazon akan mengambil alih dan mulai mempromosikannya untuk mu. Dengan cara ini kamu dapat benar-benar menghasilkan uang.

Berikut adalah beberapa tips untuk menulis buku:

  • Validasi konten / isi buku dengan memberikan survei kepada teman, daftar email, dan/atau situs survei seperti PickFu. Dengan memvalidasi ide mu sebelum menulis buku, kam akan meningkatkan kemungkinan orang yang mau membeli buku mu (dan kamu tidak membuang waktu untuk menulisnya.)
  • Buat outline buku mu dan berbagai kemungkinan yang bisa ditambahkan untuk menjadi kelebihan dari isi buku mu.
  • Sisihkan setidaknya 30 menit hingga satu jam setiap hari untuk menulis.
  • Format buku sesuai dengan standar dari platform yang kamu pilih.
  • Setelah buku ditulis dan diformat, kamu dapat menuju ke platform tersebut dan mengikuti langkahnya untuk menerbitkan buku mu.

3. Kursus Online

Jika kamu seorang guru, atau memiliki skill khusus di suatu bidang tertentu, maka usaha sampingan yang perlu dipertimbangkan untuk akhir pekan, saat liburan panjang, dan setelah jam kerja adalah kursus online.

Apa yang kamu perlukan untuk memulai: persiapkan semua konten pembelajaranmu, pilih salah satu platform untuk mengajar online, dan … kamu bisa mengikuti langkah-langkah membuat kursus online di sini.

4. Menjadi Copywriter / Content Writer

Jika kamu memiliki skill menulis, kamu dapat menghasilkan uang sebagai penulis lepas. Meski beberapa pekerjaan menulis yang lebih serius (seperti jurnalisme) adalah pekerjaan penuh waktu, ada juga permintaan yang tinggi untuk copywriter dan content writer.

Dalam menulis, kamu harus mampu menyerap informasi dalam jumlah besar, menyelesaikan penelitian, dan kemudian dapat menjelaskan semuanya dalam bahasa sederhana yang dapat dipahami oleh pembaca umum.

Penulis konten membuat konten untuk situs web, bagian pemasaran, dan halaman arahan. Jika kamu senang bekerja dengan situs web (tetapi tidak memiliki pengetahuan coding), kamu dapat membuat portofolio dan mendapatkan bayaran untuk membuat konten online.

5. Menjadi YouTuber

Video menjadi lebih populer belakangan ini. Dari Instagram Stories dan Snapchat Stories hingga video Facebook Live, video hanya akan terus bertambah. Jika kamu selalu suka merekam dengan kamera, sekaranglah saatnya kamu dapat memanfaatkannya.

Baik itu memulai vlog dan mendapatkan pendapatan iklan/menjual produk kepada audiens mu, atau membangun saluran YouTube untuk mengarahkan lebih banyak pengunjung ke situs web mu–2021 adalah waktu yang tepat untuk memulai.

Membuat content untuk video YouTube tidak hanya akan membantu mu menceritakan kisah dengan lebih baik dan memberikan konten yang lebih berharga kepada audiens mu–ini juga dapat membantu mu mendapatkan peluang berbicara yang menghasilkan uang.

Hal terbaiknya adalah, kamu bahkan tidak perlu keluar dan membeli kamera baru yang mahal–selama kamu memiliki smartphone dengan lensa kamera berkualitas, kamu dapat mulai merekam video pertama mu sekarang juga! Lihat daftar ide konten YouTube yang menarik dan paling diminati.

6. Dropship

Dropshipping adalah saat kamu membuat toko online untuk menjual produk orang lain (yaitu kamu tidak melakukan pembuatan atau pengiriman). Kemudian, kamu mendapatkan komisi untuk setiap penjualan. Misalnya dropship dari Shopee ke TokoPedia.

Manfaatnya di sini adalah kamu tidak perlu mengambil resiko membeli stok produk dan kehilangan uang jika tidak laku. Ini merupakan kelebihan dropship, selain modal yang relatif kecil, kamu juga bisa melakukannya di mana saja dan kapan saja dengan keuntungan yang lumayan, lho!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya