6 Jenis Makanan yang Dapat Menyehatkan Paru-paru

0

Paru-paru merupakan salah satu organ yang perannya sangat penting bagi kehidupan manusia. Tanpa aktivitas yang dilakukan paru-paru, maka manusia tidak akan pernah menyelesaikan pekerjaannnya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Menjaga kebersihan paru-paru di tengah kondisi globalisasi seperti sekarang memang bukanlah hal yang mudah. Mengingat jumlah kendaraan yang terus bertambah dan kegiatan pabrik yang makin hari makin meningkat. Bahkan untuk menghirup udara segara, Anda mesti bangun lebih awal sebelum fajar terbit. Di mana kegiatan atau aktivitas manusia mulai berjalan di sudut-sudut bumi. Kondisi yang demikian tentunya sangat menyulitkan Anda. Apalagi jika Anda adalah seorang pegawai yang bangun pagi pulang malam. Tidak mudah mendapatkan ruang segar untuk menghirup udara yang benar-benar bersih.

Akibatnya, Anda berisiko mengalami masalah pernapasan seperti asma, bronkitis, hingga pneumonia pun meningkat. Lalu apa yang harus Anda lakukan? Pernahkan Anda mencoba untuk mengkonsumsi makanan pembersih paru-paru? Jika belum perhatikan beberapa jenis makanan sehat agar paru-paru Anda lebih sehat.

Bawang Putih

ads by posciety

img: Pixabay

Bawang putih dikenal sebagai bumbu dapur. Keeksistensiannya di dapur, bawang putih dianggap sebagai salah satu makanan yang harus dihindari dan penyebab bau badan. Namun ternyata pendapat ini sangat keliru. Bawang putih yang dikenal sebagai penyebab bau badan ternyata dapat membersihkan paru-paru.

Bawang putih memiliki sifat anti-inflamasi. Kadar allicin yang terdapat di dalamnya bisa melawan infeksi dan peradangan. Bawang putih juga dipercaya sebagai makanan yang efektif meredakan gejala asma dan berpotensi mengurangi risiko paru-paru. Untuk Anda, jangan ragu lagi ya menambahkan bawang putih untuk makanan yang hendak dikonsumsi seperti sayur maupun sup. Karena selain menjadi penyedap, bawang putih baik untuk kesehatan paru-paru Anda.

Apel

img: Pixabay

Buah yang identik dengan warna merah, hijau, kuning yang lezat ini dianggap sebagai makanan pembersih paru-paru. Ini karena vitamin C yang terdapat dalam buah apel. Di mana Vitamin C adalah antioksidan yang bisa menjaga kesehatan sistem imun tubuh dan sistem pernapasan.Ketika fungsi sistem pernapasan Anda sehat, maka penyakit apapun mudah dicegah.

Jahe

img: Pixabay

Dilahirkan sebagai rempah-rempah. Jahe dipercaya dapat mengobati berbagai jenis penyakit. Rempah yang satu bermanfaat bagi kesehatan paru-paru Anda, yaitu sebagai penghilang racun dari saluran pernapasan. Itulah mengapa banyak sekali jenis minuman yang mengandung rempah yang satu ini. Misalnya saja untuk menghilangkan pilek dan batuk, rempah ini sering dijadikan bahan utamanya.

Bahkan sejak pandemi melanda seluruh dunia. Eksistensi jahe di pasaran cukup menjanjikan. Harga jahe merah yang katanya manfaatnya lebih banyak pun ikut terseret. Meningkatnya permintaan pasar menjadi peluang bagi para petani jahe di seluruh Indonesia.

Kunyit

img: Pixabay

Di mana ada jahe, di sana ada kunyit. Rempah kedua mengandung senyawa kurkumin yang memiliki sifat anti-inflamasi. Senyawa yang dapat membantu meredakan peradangan dalam saluran napas dan sesaknya dada akibat asma. Akan tetapi, untuk Anda yang mengidap penyakit asma dengan tingkat yang lebih tinggi sebaiknya menggunakan bantuan dokter. Karena kunyit tidak dianjurkan untuk dikonsumsi sebagai pengganti obat-obatan dokter.

Brokoli

img: Pixabay

Sayuran yang identik dengan warna hijau dan putih ini menjadi salah satu makanan yang baik untuk dikonsumsi. Terutama untuk membersihkan paru-paru Anda. Kandungan vitamin C, karotenoid, folat, dan fitokimia pada brokoli dipercaya bisa mencegah kerusakan paru-paru. Brokoli disebut memiliki senyawa aktif bernama L-sulforaphane, yang bisa mengelabui sel pengaktif gen anti-inflamasi. Sehingga dengan mengkonsumsi brokoli membuat sistem pernapasan menjadi lebih sehat.

Buah Cherry

img: Pixabay

Selain apel, buah cherry termasuk ke dalam buah-buhan yang dianggap sebagai makanan yang baik untuk paru-paru. Buah ini dipercaya mampu melawan peradangan yang terjadi di dalam paru-paru. Peradangan di dalam paru dapat menyebabkan Anda sulit bernapas dan membuat dada terasa sangat berat. Dengan mengonsumsi buah seperti buah cherry dapat meredakan berbagai gejala peradangan yang menganggu pernapasan.

Selain mengkonsumi makanan-makanan di atas, hal penting yang harus diingat adalah bahwa makanan tersebut tidak akan berdampak baik. Apabila Anda masih mengkonsumsi rokok dan minuman beralkohol yang jelas dapat mengaanggu dan merusak kesehatan paru-paru. Tidur yang cukup, olahraga, teratur serta mengkonsumsi air mineral 8 gelas sehari dapat membantu Anda mengurangi risiko dan gangguan yang merusak kesehatan paru-paru.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya