6 Manfaat Utama dari Sifat Jujur

0

Sifat jujur merupakan salah satu sifat teladan dari Rasulullah SAW. Beliau diberi gelar “Al-Amin” oleh kaum Quraisy, yang artinya dapat dipercaya. Gelar tersebut diberikan karena Beliau terkenal akan kejujurannya. Sifat jujur merupakan salah satu sifat terpuji yang sangat penting dalam kehidupan. Karena di dunia ini, apalagi zaman sekarang sangat sulit menemukan orang yang memiliki sifat jujur. Kebanyakan orang berpikir, lebih baik menyembunyikan kebenaran yang ada atau menutup mata terhadap suatu kebenaran daripada harus berkata jujur.

Karena orang-orang seperti itu memiliki pemikiran bahwa apabila mereka mengatakan yang sebenarnya, mereka takut akan menanggung semua konsekuensinya. Tipe-tipe orang seperti ini termasuk golongan orang munafik.

Misalnya contoh kasus di tempat kerja, para pekerja tahu bahwa si A suka mencuri, berhubung si A sifatnya seperti preman dan berasa seperti penguasa di tempat kerja, pekerja lain takut melaporkan hal tersebut kepada Kepala Bagian Gudang. Padahal perbuatan mereka tersebut sangatlah merugikan Kepala Bagian Gudang, sedangkan mereka sendiri tidak mendapatkan hasil apa-apa dari kebohongan yang mereka perbuat. Yang ada dosa merekalah yang semakin bertumpuk dan juga tidak mendapat kepercayaan dari pimpinan perusahaan. Sungguh menakutkan!!

ads by posciety

Padahal menjadi orang yang jujur itu tidaklah berat. Banyak sekali manfaat yang didapatkan dari sifat jujur. Selain mendapat pahala, ada juga beberapa manfaat lainnya yang akan dibahas dalam paparan berikut ini.

Hidup Nyaman dan Tenteram

Orang yang jujur akan selalu merasa tenang dan nyaman dalam menjalani hidup. Kenapa? Karena orang jujur akan selalu terbuka, tidak menyembunyikan fakta, dan bersikap apa adanya. Kamu juga akan merasa lebih bahagia karena efek dari energi positif yang kamu dapat saat berkata jujur.

Ketika kita tidak memiliki hal yang disembunyikan, maka hati pun terasa damai. Kita tidak perlu menutupi sesuatu hal yang sudah terjadi. Tak hanya itu, perilaku jujur pun akan memberikan efek bahagia dan tenteram.

Mendapat Kepercayaan dari Orang Lain

Manfaat lain jika seseorang berkata jujur adalah mudah mendapatkan kepercayaan dari orang lain. Baik buruknya seseorang dinilai dari seberapa benyak perkataannya yang dapat dipercaya. Semakin sering ia berperilaku dan berkata jujur, maka orang- orang akan menilainya sebagai orang yang baik dan dapat dipercaya.

Ketika dipercaya seseorang, hal ini juga bisa menjadi sebuah keuntungan untuk kita. Katakanlah karena kita jujur ada seseorang yang kemudian mempekerjakan kita. Dari situ kita bisa mendapatkan pekerjaan dan rezeki.

Lebih Percaya Diri

Seseorang yang terbiasa berperilaku dan berkata jujur, juga akan lebih percaya diri dalam menjalani hidupnya. Ia akan terlihat lebih bersemangat dan berani untuk melangkah maju karena ia memercayai kemampuan yang ia miliki.

Terbiasa berperilaku dan berkata jujur membuat seseorang lebih memercayai kemampuannya sendiri, sehingga ia tidak perlu berbohong untuk mendapatkan sesuatu yang ia inginkan, karena dengan kejujuran yang dimilikinya, ia percaya bahw hasilnya tidak akan mengecewakan. Semakin sering ia berperilaku dan berkata jujur, maka kepercayaan dirinya juga akan semakin besar.

Terhindar dari Tuduhan yang Merugikan

Dengan berkata dan berperilaku jujur, kamu akan terhindar dari tuduhan yang merugikan. Contohnya saja seperti ada perselisihan di tempat kerjamu. Dengan kamu berkata jujur bagaimana kondisi yang sebenarnya tanpa ada yang disembunyikan, maka kamu akan terhindar dari tuduhan teman, yang mungkin memiliki niat untuk menyudutkanmu di hadapan atasanmu.

Kalau misalnya kamu ikut andil dalam perselisihan tersebut, atasanmu akan tetap menghargai kejujuranmu dan hanya akan memberikanmu hukuman ringan saja, karena kamu sudah berani mengakui semua kesalahanmu tersebut.

Selain itu, ketika ada seseorang yang mencoba berperilaku buruk dengan memfitnah kita, orang lain pun takkan mudah terpengaruh karena sudah memahami kejujuran kita.

Memiliki Banyak Teman

Selain terhindar dari tuduhan yang merugikan, orang yang terbiasa berperilaku dan berkata jujur juga akan memiliki banyak teman. Ia akan disukai banyak orang karena kejujuran yang dimilikinya. Selain itu, ia juga dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia jika temannya membicarakan masalah pribadi dengannya.

Doanya Lebih Mudah Dikabulkan

Selain mendapat pahala, seseorang yang berperilaku dan berkata jujur juga akan disukai dan disayang Tuhan. Kejujuran merupakan salah satu hal yang sangat dianjurkan oleh agama.Tuhan akan memberikan banyak pahala kepada umatnya yang mau menaati semua perintah-Nya. Selain itu, Tuhan juga akan lebih cepat mengabulkan hajat yang kamu inginkan karena seorang umat yang terbiasa berkata jujur, biasanya taat dalam beribadah.

Itulah beberapa manfaat dari sifat jujur. Jika kalian ingin hidup aman dan damai, berperilaku dan berkata jujurlah solusinya. Dengan jujur, kalian bisa melangkah bebas tanpa ada beban. Buat kamu yang sering berbohong, belajarlah jujur dari sekarang.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya