6 Tips Sukses Membangun Brand Kamu

Sosial media sangat membantu bisnis di masa mendatang, memperluas pelanggan, jangkauan target penjualan dan lainnya. Sekarang sudah sangat canggih, bukan jaman dahulu lagi ya :v Sekarang semua pebisnis dapat memanfaatkan kekuatan media sosial untuk menjangkau pelanggan lebih banyak secara gratis dan cerdas.

Nah buat kalian yang merasa hebat dalam hal seni, silahkan coba sosial marketing ini karena beberapa orang menyebut sosial marketing ini sebagai seni juga. Dengan alat dan strategi yang tepat, kalian dapat menjadi superstar dan mampu mengambil keuntungan yang sangat besar.

#Tips- 1 Aktif di (hampir) Semua Media Sosial

Setiap orang memiliki jejaring sosial pilihannya sendiri, tapi mau tidak mau kalian yang ingin membangun brand sendiri dengan gratis harus memanfaatkan semua jejaring sosial yang ada karena rata2 media sosial bisa saja berbeda penggunanya. Dengan menggunakan semua / hampir semua media sosial yang ada artinya kalian akan mendapat jangkauan target lebih banyak & lebih luas. Mungkin Facebook dan Instagram sudah wajib ya 😀

Gak cuma diem doang, kalian juga harus mempromosikan dan aktif pada semua platform. Bisa saja kalian kadang merasa lebih nyaman dengan platform A, bukan berarti kalian meninggalkan platform medsos lainnya. Silahkan saja jika mau fokus ke platform medsos A asal jangan tinggalkan platform medsos yang lainnya.

#Tips-2 Konsisten dan Kegigihan

Tidak ada hasil yang menghianati usaha, semua orang tahu itu. Bahkan di dunia mayapun itu tetap berlaku, misalnya di media sosial. Buatlah template / tema brand klian dengan menarik termasuk kata2 yang di posting. Awal2 mungkin belum terasa dampaknya, tapi semakin sering dan konsisten memberikan template kata2 yang baik dan jadwal yang tepat maka kalian akan segera mendapatkan hasilnya. Ibaratnya kalian berjualan door to door, tentu harus tahu jadwal dan tutur kata yang tepat dan menarik.

#Tips-3 Promosikan Konten Yang Bersangkutan

Di media sosial manapun cara terbaik untuk mempromosikan konten adalah mempromosikan konten yang bersangkutan / yang ada hubungannya dengan produk / brand kalian. Lebih bagus lagi jika mempromosikan konten yang sudah kalian kuasai dan pahami maka ketika orang melihat konten itu di profil kalian, mereka akan merasa kalian paham dan ahli dalam konten tersebut.

Pahami, ada beberapa orang yang tidak dapat menahan godaan untuk mempromosikan postingan yang luar biasa keren tapi tidak ada hubungannya dengan brand kalian. Itu gak akan berguna ! Jadi, tolong tahan diri dan fokus kepada brand kalian !!!

#Tips-4 Analytics

Inilah kelebihan dari pemasaran digital dibanding pemasaran tradisional. Apa saja dampak dan sebagaimana hasil dari tindakan2 kalian sebelumnya akan diketahui secara instan dengan analtytics. Dengan ini, kalian akan mengetahui aspek apa saja yang melemahkan dan menguatkan bisnis kalian. Dengan analytics, kalian dapat melihat perkembangan dan penurunan secara singkat.

Ini juga akan membantu kalian mengetahui postingan mana yang membantu peningkatan bisnis kalian dan postingan yang tidak membantu sama sekali. Dengan ini, kalian mengetahui apa yang disenangi oleh pengikut kalian.

#Tips-5 Konten Visual Mengalahkan Konten Teks

Ini cenderung kepada kepuasan manusia dalam melihat gambar dibanding membaca teks, maka sisipkanlah beberapa gambar menarik yang mampu membantu bisnis kalian. Terbukti ketika saya coba memasangkan iklan beberapa perusahaan, saya mendapatkan feedback dan hasil berbeda setiap kampanye (gambar berbeda2 setiap kampanye). Jika menggunakan gambar yang luar biasa menarik dan mengundang mata pengunjung maka hasil akan jauh lebih bagus dibanding gambar yang tidak bagus.

Tapi perlu diingat, terlalu banyak gambar ataupun kata2 dalam gambar pun tidak baik. Tolong di kontrol ya 😀

Pastikan gambar menarik bukan bikin ribet baca. Untuk postingan di website, perhatikan ukuran berat gambar tersebut karena jika terlalu berat akan membuat halaman memuat / loading lebih lama. Jika loadingnya lama artinya pengunjung bosan dan akan pergi ke halaman website lain.

#Tips-6 Kualitas dan Kuantitas

Disinilah tempat dimana kita membuktikan diri sebagai pebisnis handal. Percuma berkoar2 ratusan postingan di media sosial dengan membawa nama brand tapi isi postingannya tidak berkualitas. Mungkin kalian berpikir ini akan berhasil karena lebih sering orang lihat dan lebih banyak yang melihat karena postingan sampai ratusan kali, SALAH ! Banyaknya jumlah postingan yang dimunculkan bukan berarti akan lebih banyak pengikut. Malahan nih, hal itu bisa membuat kalian kehilangan beberapa pengikut.

Lalu berapa postingan dong? Satu kali sebulan ? Tidak ! Itupun salah, karena sekali sebulan walaupun postingan bermanfaat tetap akan dilupakan karena mereka tidak melihat brand kalian di timeline selama sebulan setelah hari itu.

Kalian dapat menemukan cara yang optimal bagaimana agar tidak dilupakan pengikut dan tidak ditinggalkan sekaligus menambah pengikut.

Kualitas dan kuantitas postingan diperhatikan, terlalu banyak salah terlalu sedikit juga salah jadi serba salah 😀 Jangan lupa kualitas postingannya, karena kalo asal2an maka hasilnya juga asal2an.

Cukup sekian 6 tips yang bisa disajikan sebagai tips sukses membangun brand kalian di media sosial. Lihat gambar dibawah ini, gambar dari Warren Knight tentang jadwal postingan yang tepat dan tidak tepat di beberapa media sosial. Mungkin bisa dijadikan banding apakah selama ini kalian update postingan di jadwal yang tepat atau WORST 😀

(lihat gambar)

tunggu sebentar...
POS Lainnya:

Tinggalkan Komentar

avatar

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi