Apakah saat menikmati liburan Anda masih memperhatikan diet? Banyak orang-orang yang sedang menjalani program diet menggunakan alasannya “karena sedang liburan” untuk menutupi kesalahannya karena tidak memperhatikan dietnya dan makan makanan restoran dengan jumlah porsi yang bisa melewati perkiraan batas diet sehingga membuat tubuh menjadi gemuk kembali.

Ada 3 alasan kenapa pada saat liburan dan makan di restoran yang enak bisa menyebabkan kita gemuk kembali setelah menjalani diet yang panjang :

  1. Restoran-restoran di tempat liburan biasanya menyediakan porsi makanan yang begitu banyak, sehingga membuat tubuh kita merespon untuk makan lebih banyak lagi saat kita melihat banyak makanan di depan mata kita.
  2. Menu-menu restoran biasanya tinggi kalori, lemak jenuh, kolestrol, yodium, dan kurang serat.
  3. Saat makan di restoran juga biasanya Anda tidak bisa memperkirakan berapa banyak kandungan lemak jenuh yang terdapat dalam makanan yang disajikan.

Tapi kita bisa melewati waktu liburan kita yang nan indah dan menyenangkan tanpa harus konsumsi kalori dan lemak dalam jumlah yang banyak. Kita bisa melakukannya dengan cara memilih makanan dengan bijaksana dan tetapi aktif sebisa mungkin selama liburan.

Saat Anda sampai di tempat liburan atau tempat nongkrong tujuan Anda, sebisa mungkin tanya tour guide atau orang lokal disana untuk menanyakan dimana restoran yang enak dan makanan apa yang disajikan. Jadi Anda bisa memperkirakan restoran mana yang harus Anda datangi.

Lebih baik lagi jika Anda menginvestigasinya sendiri lebih detail dan mencari informasi sebanyak mungkin di internet tentang makanan yang disajikan di restoran yang Anda rencanakan untuk datangi.

Berikut ini beberapa tips untuk melakukan diet saat liburan.

1. Makan Sehari Sekali

Lho, kenapa tidak 3 hari sekali? Seperti yang dikatakan di atas, restoran-restoran biasanya memberikan porsi yang lebih, sangat tinggi kalori dan lemak sehingga (demi diet Anda) sebaiknya Anda cukup makan sehari sekali.

Akan kebih baik lagi jika Anda meminta menu yang rendah kalori dan rendah lemak serta tinggi serat seperti makanan olahan gandum misalnya. Anda juga bisa ke pasar lokal untuk membeli buah untuk mengawali hari liburan Anda.

2. Minuman 0 Kalori

Kamu tidak perlu untuk mengonsum beratus-ratus kalori dari minuman mengingat kamu sudah mengonsum jumlah kalori yang banyak dari makanan yang ada. Berita baiknya adalah biasanya restoran-restoran di tempat liburan menyediakan minuman-minuman yang rendah kalori. Anda bisa memesan es limun, minuman tanpa gula seperti teh panas dan dingin tanpa gula atau kopi tanpa gula.

Berpikir untuk konsumsi alkohol? STOP! Alkohol bisa menjadi suatu bencana dalam diet Anda. Sebenarnya minuman beralkohol malah bisa membantu diet Anda jika tidak diminum berlebihan. Akan tetapi saat liburan di pantai, biasanya kita cenderung mengonsumsi minuman beralkohol seperti beer dan wine dalam jumlah porsi yang sangat banyak. Setiap kaleng minuman alkohol diperkirakan mempunyai kandungan sekitar 150-450 kalori.

3. Kecilkan Porsi Anda

Sangatlah tidak masuk akal jika Anda tidak menikmati makanan lokal tempat dimana Anda sedang liburan. Nikmati saja makanan tersebut, akan tetapi Anda perlu mengingat jumlah porsinya. Pesanlah menu dengan porsi kecil.

4. Minta Pramusaji 4 hal berikut:

  1. Tanyakan bagaimana makanan tersebut diolah dan disajikan.
    Lalu Anda bisa meminta makanan yang Anda pesan untuk diolah dan disajikan dengan cara yang berbeda. Seperti misalnya daging yang Anda pesan biasanya digoreng Anda bisa memintanya dengan cara di bakar.
  2. Minta sausnya dipisah.
    Sehingga Anda bisa menggunakannya dengan porsi yang cukup.
  3. Minta pengganti kentang goreng sebagai makanan pokok dengan menggantinya dengan salad segar tanpa mentega dan saus.
  4. Sebisa mungkin minta makan-makanan olahan gandum.
    Biasanya restoran-restoran di tempat liburan terkenal hampir semuanya menyajikan makanan olahan gandum.

5. Pesan Buah & Sayuran

Carilah setiap kesempatan dalam setiap waktu liburan Anda untuk mengonsumsi sayuran dan buah-buahan. Anda bisa memesan salad yang terbuat dari sayuran dan buah-buahan sehat seperti bayam, buah apel, melon, dsb.

6. Memancing Ikan di Restoran

Daripada makan daging sapi yang mempunyai banyak lemak jenuh, sebaiknya Anda konsumsi ikan di restoran. Ikan mempunyai kandungan gizi yang lebih baik untuk kesehatan seperti asam lemak omega 3 yang baik buat jantung.

Akan tetapi jangan makan ikan goreng, sebaiknya di bakar saja (tanpa dioles mentega) dan ditemani dengan saus yang cukup.

7. Cuci Mulut

Bagian penting dari setiap liburan adalah untuk menikmati setiap waktu yang menyenangkan dan di dalam waktu yang menyenangkan tersebut ada yang namanya makanan pencuci mulut.

Jika makanan utama Anda tidak bisa memuaskan Anda, Anda bisa coba puaskan diri dengan pencuci mulut, akan tetapi jangan kebanyakan. Biasanya makanan pencuci mulut sangat nikmat untuk dinikmati dalam gigitan pertama. Jadi nikmatilah setiap gigitan makanan pencuci mulut Anda.

[zombify_post]

0 0 vote
Article Rating
guest
Masukkan Nama Anda
Masukkan Email yang Sah
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments