7 Gaya Hidup yang Terbukti Dapat Memperpanjang Usia

Apakah kamu ingin hidup sampai 100 tahun? Ini adalah impian bagi banyak orang; namun, mencapai usia seratus tahun kemungkinannya kurang dari 2 dari setiap 10.000 orang di Amerika Serikat, melansir EcoWatch. Dan para ahli sepakat bahwa jika menyangkut tahun, kuantitas tidak masalah tanpa memiliki kualitas (kesehatan dan aspek lainnnya).

“Pertanyaannya adalah jika kamu hidup sampai usia 100 tahun, kamu akan (menjadi seseorang yang) berusia 100 tahun seperti apa? Apakah kamu akan terbaring di tempat tidur dan tidak mampu mengurus diri sendiri? Atau apakah kamu akan menjadi cukup mandiri dan masih awas?” kata Steven N. Austad, Ph.D., yang mempelajari mekanisme seluler dan molekuler penuaan di Pusat Kesehatan Universitas Texas di San Antonio. “Bagi saya, itulah yang benar-benar berdampak dari cara menjaga kesehatan (yang) terbaik.”

Jadi, bagaimana kamu hidup selama lebih dari 100 tahun dengan cara yang sehat dan bahagia? Orang-orang di lima wilayah berbeda di dunia tampaknya memiliki jawabannya. Kelima daerah ini disebut Zona Biru: Ikaria di Yunani, Okinawa di Jepang, Wilayah Ogliastra di Sardinia, Loma Linda di California dan Semenanjung Nicoya di Kosta Rika. Dan meskipun lingkungan mereka tentu berbeda dan unik, mereka memiliki satu kesamaan yaitu, gaya hidup. Dengan kata lain, untuk mencapai usia itu mereka tidak mengikuti diet atau berolahraga secara ketat. Mereka sampai di usia itu karena cara mereka hidup mengoptimalkan lamanya waktu tubuh dan pikiran untuk bisa eksis di dunia ini.

Menurut peneliti Zona Biru, Dan Buettner, orang-orang di Zona Biru memilik tujuh gaya hidup yang membantu mereka menjalani hidup yang panjang dan sehat. Inilah 7 gaya hidup yang terbukti dapat memperpanjang usia:

1. Hiduplah dengan Normal

Ya, hiduplah dengan normal. Daripada kita menghabiskan banyak waktu dan uang untuk mengkhawatirkan keanggotaan gym, rutinitas kebugaran tubuh, dan aktivitas berat yang kita butuhkan untuk memberi ruang dalam keseharian yang sibuk, lebih baik seperti orang-orang yang tinggal di Zona Biru yang tidak berolahraga, mereka bergerak secara alami, tanpa berpikir rumit soal itu.

Gaya hidup mereka yang mendorong untuk bergerak sepanjang hari, entah itu mendaki gunung sambil menggembala kambing, atau merawat kebun yang menyediakan sayuran untuk mereka. Coba cari tahu cara untuk bergerak lebih banyak sepanjang hari di lingkunganmu sendiri, daripada menjadwalkan waktu untuk satu jam kebugaran setelah 12 jam duduk atau rebahan yang lama.

2. Buatlah Tujuan dalam Hidup

Di Zona Biru, orang-orang paham mengapa mereka harus bangun di pagi hari. Mereka merasa puas dalam hidup, mereka tahu ke mana tujuan mereka dan mengapa mereka melakukannya, dan mereka tidak terburu-buru untuk sampai ke sana. Satu hal yang terpenting, mereka tidak perlu membuktikan diri kepada siapa-pun. Oleh karena itu, memiliki dan merasakan tujuan hidupmu setiap hari dapat menambah harapan hidup hingga tujuh tahun!

3. Kurangi Stres

Stres menyebabkan peradangan kronis, dan peradangan itu terkait dengan setiap penyakit yang berkaitan dengan usia. Di dunia ini tidak ada yang namanya orang tidak mengalami kelebihan beban dan stres, tetapi perbedaannya adalah bahwa orang-orang di Zona Biru tahu cara melakukan dekompresi sebelum kelelahan itu datang.

Beberapa dari mereka memilih tidur siang untuk istirahat, beberapa memilih dengan berdo’a, dan beberapa hanya mengambil beberapa menit untuk mengingat dari mana mereka berasal (melakukan perenungan sejenak).

4. Ikuti Aturan 80%

Sepertinya mulai sekarang kita harus tinggalkan cemilan tengah malam dan makan malam lebih awal. Karena orang-orang di Zona Biru makan makanan dengan porsi terkecil mereka hari itu di sore hari, dan tidak makan apa pun selama sisa hari itu. Mereka berhenti makan ketika mereka merasa sekitar 80 persen sudah kenyang, alias tidak pernah kekenyangan.

Perlu diketahui, jarak antara tidak merasa lapar dan merasa kenyang membantu konsistensi berat badan dan menjaga tubuh tetap sehat. Karena itulah mengapa kita dianjurkan untuk makan saat lapar dan berhenti sebelum kenyang.

5. Makan Lebih Banyak Kacang-Kacangan

Untuk mendapatkan protein yang cukup, banyak orang memilih makan daging yang banyak, tetapi orang-orang di Zona Biru hanya makan daging sekitar lima kali sebulan. Jadi, bagi kamu yang memang tidak sering makan daging, berbahagialah. Penelitian menunjukkan bahwa kebanyakan makan daging merah dapat menyebabkan kematian dini.

Namun, kamu dapat mempertahankan sebagian besar pola makan nabati dengan memasukkan lebih banyak kacang-kacangan ke dalam makananmu. Kamu juga harus makan sekitar setengah cangkir kacang sehari dalam bentuk makanan apapun untuk menjaga agar umur panjang dan sehat.

6. Jaga Iman

Kabar bahagia bagimu yang sedang berusaha taat menjalankan perintah agama: menurut penelitian, orang-orang yang menghadiri beberapa jenis ibadah dapat hidup empat sampai empat belas tahun lebih lama daripada mereka yang tidak melakukannya. Dalam penelitian ini, mencakup beberapa agama. Para ahli berpikir ini mungkin ada hubungannya dengan perasaan ‘memiliki komunitas yang lebih besar daripada dirimu sendiri’.

7. Dahulukan Keluarga dan Jagalah Silaturahim

Dalam masyarakat, begitu banyak tekanan diberikan kepada diri kita sendiri, ambisi kita dan keinginan kita yang harus dipenuhi, tetapi para orang berumur panjang menjaga komunitas untuk tetap dekat dengan mereka. Mereka membuat keputusan hidup berdasarkan generasi keluarga.

Mereka menjaga orang tua dan kakek-nenek mereka yang sudah lanjut usia di dekat atau bahkan di rumah mereka, yang telah terbukti menurunkan tingkat kematian bagi seluruh keluarga. Mereka berinvestasi pada anak-anak mereka, dan cenderung memiliki satu pasangan hidup, yang menurut penelitian dapat menambahkan hingga tiga tahun kehidupan.

Jagalah silaturahim dan persahabatan. Darah lebih kental dari air, tetapi persahabatan sejati dapat menyelamatkan hidupmu, secara harfiah. Mereka yang hidup hingga lebih dari 100 tahun menciptakan lingkungan sosial yang mendukung dan berkomitmen dengan sekelompok kecil orang terdekat mereka. Jejaring sosial yang terjalin erat ini dapat memengaruhi perilaku yang memperpanjang hidupmu.

Meskipun kamu mungkin tidak tinggal di Jepang, atau Yunani, atau bahkan California, kamu tetap dapat hidup seperti itu jika melakukannya dari mulai hal terkecil setiap hari. Dan ingat, menikmati hidup adalah kunci untuk berumur panjang dan sehat. Nah, itulah 7 gaya hidup yang terbukti dapat memperpanjang usia. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat!

Kiat Hidup Sehat
Komentar (0)
Tambah Komentar