7 Kepribadian Paling Langka di Dunia

0

MBTI atau Myers Briggs Type Indicator menjadi populer setelah banyak dibahas untuk mengetahui kepribadian seseorang. Meski beberapa orang mungkin melihat MBTI seperti omong kosong yang tak ubahnya dengan astrologi, tetapi ada banyak orang yang percaya bahwa itu adalah teori yang berguna untuk memahami kepribadian orang-orang di sekitarnya. Faktanya, banyak perusahaan yang menggunakan MBTI untuk membantu karyawan mereka mencapai potensi penuh dan mengetahui lebih banyak tentang apa yang dibutuhkan untuk meningkatkan performa mereka.

Ada 16 tipe kepribadian Myers Briggs, tetapi berikut ini, mengutip dari Rarest, adalah daftar 7 kepribadian paling langka di dunia:

7. ENFP

ads by posciety

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 8,1% (6 hingga 8%)
  • Kekuatan: Antusias, kreatif, hangat, berorientasi pada masa depan, individualistis, care, optimis, berwawasan luas, ceria, dan spontanitas
  • Kelemahan: Keterampilan praktis yang tidak begitu bagus, overthinking, mudah stres, sangat emosional, dan kesulitan untuk fokus

Sebagai pribadi yang sangat independen, ENFP benar-benar orang yang berjiwa bebas. ENFP tidak suka terikat oleh aturan ketat dan percaya bahwa mereka dapat menentukan nasib mereka sendiri. Sekalipun ENFP sering menjadi orang yang meramaikan pesta, mereka tentu tertarik pada kegembiraan saat itu, tetapi sebenarnya menginginkan untuk membangun hubungan sosial dan emosional dengan orang lain. ENFP tidak pernah kesulitan mendapatkan teman dan suka menggunakan kecerdasan, humor, dan keterampilam bahasa mereka untuk menceritakan sesuatu yang menarik.

Tahukah kamu? ENFP termasuk komunikator yang kuat dan mereka sering memilih pekerjaan dalam bidang konseling, pengajaran, agama, atau seni.

6. INFP

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 4,4% (4 hingga 5%)
  • Kekuatan: Diam-diam care, penyayang, kreatif, idealistis, suka membantu karena empatik, rasa ingin tahu, mandiri, dan mudah beradaptasi
  • Kelemahan: Terlalu idealis, terlalu altruistik, tidak praktis, terbawa perasaan, dan sulit untuk benar-benar mengenal mereka

INFP sering disalahartikan sebagai INFJ karena keduanya memiliki banyak kesamaan sifat, tetapi INFP adalah idealis sejati di dunia. Mereka sering dianggap sebagai penyembuh atau mediator untuk menyelesaikan masalah, dan INFP dipandu oleh nilai-nilai inti dan keyakinan mereka sendiri. Sebagai penyembuh dan mediator, INFP melihat potensi masa depan yang lebih baik dengan sifatnya yang sangat penyayang, sensitif, dan peduli.

Tahukah kamu? Karena INFP menjunjung tinggi standar diri mereka sendiri dan orang lain, kepibadian ini adalah yang tertinggi kedua dari semua kepribadian dalam presentase ketidakpuasan pernikahan.

5. INTP

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik AS): 3,3% (3 hingga 5%)
  • Kekuatan: Logis, konseptual, berani berbeda, intelektual, suka bertanya tentang banyak hal (penasaran yang tinggi), dapat beradaptasi, mandiri, objektif
  • Kelemahan: Terlalu kritis, kadang linglung, tanpa sadar suka merendahkan orang lain, menarik diri, tidak peka, dan tidak menyukai aturan dan pedoman.

INTP adalah orang yang sangat logis dan cenderung tertarik pada sains dan pekerjaan teknis lainnya. Biasanya kepribadian ini dikenal sebagai filsuf, arsitek, atau profesor. Orang-orang dengan kepribadian INTP telah banyak berkiprah dengan berbagai penemuan ilmiah terbesar dalam sejarah. INTP menghabiskan banyak waktu untuk memikirkan berbagai hal secara internal dan mencoba memahami misteri besar kehidupan.

Tahukah kamu? Kegiatan favorit bagi INTP diantaranya membaca, acara seni dan budaya, catur dan permainan strategi lainnya, menulis, mengikuti kursus, bekerja dengan komputer, backpacking, hiking, dan meditasi.

4. ENTP

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik AS): 3,2% (2 hingga 5%)
  • Kekuatan: Energik, inventif, teoretis, analitis, berorientasi pada perubahan, dapat beradaptasi, mandiri, selalu mencari sesuatu yang baru, berbakat, dan jago berbicara (bahkan berdebat)
  • Kelemahan: Tidak peka, sangat argumentatif, kadang intoleran, bisa tidak fokus, dan tidak menyukai hal-hal praktis

ENTP adalah visioner dan inovator yang suka menantang status quo. Salah satu hal yang paling disukai ENTP adalah berbicara dengan orang lain untuk berbagi ide dan terlibat dalam debat kecil maupun besar. Orang-orang ENTP memiliki kecerdasan yang tajam dan berpengetahuan luas tentang berbagai topik, ini memberi amunisi dalam debat yang suka mereka lakukan.

Tahukah kamu? ENTP sering dicap sebagai orang Tipe A, artinya mereka lebih kompetitif, ambisius, dan bahkan agresif.

3. ENFJ

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 2,5% (2 hingga 5%)
  • Kekuatan: Aktif bersosialisasi, antusias, menjaga harmoni, idealistis, empatik, kooperatif, imajinatif, menghargai orang lain, dan bijaksana
  • Kelemahan: Terlalu idealis, terlalu sensitif, kadang terlalu tidak mementingkan diri sendiri, terlalu kritis terhadap diri sendiri, dan sulit membuat keputusan yang penting.

ENFJ adalah pemimpin yang lahir secara alami, tetapi mereka lebih tertarik untuk membantu orang lain mencapai tujuan daripada mementingkan diri mereka sendiri. Tipe pemimpin seperti ini penuh kasih sayang dan karismatik, karena itu kepribadian ENFJ sering kali menjadi guru, pelatih, dan politisi. Meskipun ENFJ ambisius, mereka tidak mencari keuntungan pribadi, melainkan menggunakan upaya mereka untuk memperbaiki dunia dan membantu orang lain mencapai potensinya.

Tahukah kamu? ENFJ adalah kepribadian yang paling mungkin dari semua tipe untuk menjadi religius dan percaya pada kekuatan yang lebih tinggi.

2. INTJ

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 2,1% (2 hingga 4%)
  • Kekuatan: Inovatif, berwawasan luas, konseptual, logis, mandiri, dapat menentukan keputusan, berusaha untuk mengerti segala sesuatu.
  • Kelemahan: Kritis, kadang arogan dan menghakimi, terlalu analitis, tidak memahami percintaan, dan tidak menyukai aturan kaku

INTJ adalah pemikir yang kuat dengan imajinasi yang hebat, menjadikan mereka sebagai pemecah masalah yang baik. Kepribadian ini relatif langka dan hanya sekitar 2% dari populasi. Tidak seperti beberapa tipe imajinatif lainnya, INTJ sebenarnya mencoba mengimplementasikan ide-ide mereka untuk mengatasi masalah dalam kehidupan nyata. Karena mereka tidak hanya suka bermimpi, tetapi INTJ tetap fokus dan bekerja keras untuk mewujudkan ide-ide mereka.

Tahukah kamu? Sebagai orang yang berprestasi, INTJ adalah salah satu dari dua tipe dengan prestasi sangat baik di perguruan tinggi dan memiliki IPK tertinggi serta memiliki potensi pendapatan tertinggi dalam karir mereka.

1. INFJ

  • Persentase Populasi (Berdasarkan Statistik A.S.): 1,5% (1 hingga 3%)
  • Kekuatan: Berwawasan luas, kreatif, serius, bisa menjadi intens, tekun, menginspirasi orang lain, dan menyukai bahasa dan simbol
  • Kelemahan: Perfeksionis, sangat privat, kadang mudah stres, selalu membutuhkan alasan untuk mengerjakan sesuatu, dan sensitif/defensif.

Jika kamu akrab dengan berbagai tipe kepribadian MBTI, kamu mungkin pernah melihat berkali-kali bahwa INFJ adalah tipe kepribadian Myers Briggs yang paling langka dengan hanya sekitar 1,5% dari pengujian populasi tipe ini. INFJ adalah tipe kepribadian dari pemimpin dunia yang memperjuangkan kemanusiaan, seperti Nelson Mandela. Meski dikenal sebagai pribadi yang peduli dan menginspirasi orang lain, INFJ sering kali menutup dirinya yang mana memberikan kesan misterius pada diri mereka.

Tahukah kamu? INFJ sangat intuitif sehingga banyak orang merasa bahwa kepribadian ini sangat menyukai “metafisik” dan seringkali hanya mengetahui sesuatu yang akan terjadi atau tersembunyi, tanpa tahu mengapa atau bagaimana mereka mengetahuinya.


Itulah 7 kepribadian paling langka di dunia, menurut MBTI. Adakah dari ketujuh kepribadian tersebut yang kamu miliki? Tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya