7 Makanan Khas Meksiko Yang Enak dan Terkenal!

0

Kedatangan gerai makanan Taco Bell di Indonesia tahun lalu telah mendobrak pintu bagi makanan khas Meksiko untuk masuk ke Indonesia. Barisan antrian dan pesanan online sontak membludak dengan pesanan makanan di restoran tersebut. Kepopuleran brand Taco Bell di belahan dunia lain lah yang membuat masyarakat dari kaum millenial sampai orang dewasa untuk tertarik mencoba citarasa baru tersebut. Seusai mencicipi, tidak sedikit yang mengaku jatuh cinta dengan makanan Meksiko.

Sayangnya, banyak yang belum mengerti apa yang mereka pesan dan hanya memilih menu yang paling populer saja. Padahal, selain dari taco dan quesadilla, ada banyak makanan Meksiko lain yang dapat dicoba dan tentunya menggugah selera. Di bawah ini tercantum 7 makanan khas Meksiko yang enak, terkenal dan tentunya perlu kamu coba:

1. Taco

ads by posciety

Taco, Makanan Khas Meksiko
img: pixabay

Yang pertama dan paling diketahui oleh masyarakat Indonesia adalah, apa lagi kalau bukan taco. Taco merupakan makanan khas Meksiko yang memiliki banyak jenis sesuai dengan daerah dan selera tiap-tiap keluarga dan restoran. Bahan-bahan yang standard untuk membuat taco adalah daging sapi marinasi, bawang, irisan lobak atau mentimun, alpukat, dan cabai yang di sajikan dengan tortilla jagung.

Tortilla sendiri adalah roti pipih tidak beragi yang tipis, rata, melingkar yang terbuat dari tepung jagung atau tepung terigu. Roti tersebut sering digunakan dalam berbagai makanan Meksiko sebagai kulit maupun lapisan luar dari makanan.

2. Quesadilla

Quesadilla, Makanan Khas Meksiko
img: pixabay

Nikmati citarasa keju meleleh dan salad yang bersaus mayonnaise dengan Quesadilla. Quesadilla adalah hidangan Meksiko yang dipercayai berasal dari abad ke-16. Quesadilla tradisional dibuat dengan tortilla jagung yang dihangatkan di atas wajan, diisi dengan keju dan kemudian dilipat untuk dimakan dengan tangan. Hidangan ini memiliki kemiripan dengan grilled cheese asal Amerika. Quesadillas akan berubah menjadi Mulitas jika isiannya diberikan tambahan daging.

3. Burrito

Burrito, Makanan Khas Meksiko
img: pixabay

Selanjutnya, ada burrito. Burrito adalah hidangan Tex-Mex yang populer di seluruh bagian Amerika Serikat, dengan hampir semua pilihan tersedia termasuk pilihan sarapan dan makan malam. Burrito dapat dipesan dengan berbagai macam daging, keju, sayuran, dan isian lainnya. Saus burrito umumnya sambal salsa dan guacamole. Banyak orang menyukai burritos karena makanan ini sangatlah praktis dan higenis dengan bentuknya yang padat.

Dalam bahasa Spanyol sendiri, Burrito memiliki arti keledai kecil. Terdapat asal usul dari nama tersebut, namun, kebenarannya sampai saat ini masih dipertanyakan karena bukti yang sedikit.

4. Nachos

Nachos, Makanan Khas Meksiko
img: pixabay

Ketika berbicara tentang makanan khas Meksiko, Nachos adalah hidangan yang tidak boleh terlupakan. Makanan pembuka ini terdiri dari keripik tortilla dengan keju leleh yang ditaburi dengan irisan cabai. Keju dapat ditaburkan di atas keripik atau ditempatkan dalam mangkuk terpisah sebagai saus. Variasi lain dari makanan ini dibuat dengan menggabungkan bahan-bahan lain, seperti salsa atau daging giling, ke dalam keju.

Di pasaran Indonesia sendiri, keripik tortilla telah banyak dijual di pasaran. Jadi, membuat Nachos di rumah sangatlah mudah.

5. Elote

Elote, Makanan Khas Meksiko
img: pixabay

Jagung bakar khas Meksiko, itulah Elote. Elote adalah jajanan pasar di Meksiko yang dipanggang di atas panggangan arang terbuka & dibumbui dengan berbagai rempah tradisional, mayonnaise dan juga keju. Di Amerika sendiri, makanan ini sering ditemui di festival dan karnaval tahunan.

Hidangan ini biasanya dinikmati dengan tangkainya dan dimakan dengan tangan. Setelah kepopulerannya meningkat dari tahun ke tahun, Elote hari ini tidak hanya dijual di pedagang kaki lima Meksiko saja. Namun, berbagai restoran berbintang telah memasukan makanan khas Meksiko ini kedalam menu mereka.

6. Guacamole

Guacamole

Guacamole tidak diragukan lagi adalah salah satu hidangan paling populer di Meksiko, namun hanya sedikit orang yang menyadari bahwa saus tradisional ini berasal dari suku Aztec di Meksiko Utara. Guacamole adalah saus, olesan, atau salad yang terbuat dari alpukat dan rempah-rempah, biasanya disajikan dengan keripik tortilla atau sebagai makanan pendamping.

Sama seperti makanan esentrik lainnya, ada orang yang sangat menyukainya ada juga yang tidak terlalu suka dengan Guacamole. Secara garis besar, guacamole memiliki rasa alpukat yang dominan. Jika menggunakan alpukat matang, guacamole akan bertekstur seperti mentega dan memiliki rasa manis yang ringan.

7. Enchiladas

Enchilada
img: unsplash

Yang terakhir ada Enchiladas. Enchilada adalah tortilla jagung yang digulung dengan isian dan dibaluri dengan saus gurih. Sebelum di panggang, tortilla umumnya dicelupkan ke dalam saus dan kemudian digoreng agar renyah sebelum diisi dengan isian. Isian tradisional dari enchilada adalah queso fresco yakni keju Meksiko. Seiiring waktu, isian ayam dan daging juga populer di kalangan masyarakat.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya