7 Manfaat Aloe Vera untuk Menenangkan Kulit yang Terbakar Sinar Matahari

0

Banyak dari kita sudah tidak asing lagi dengan aloe vera atau lidah buaya untuk perawatan kulit. Selain terkenal dapat melembabkan, sehingga dijadikan bahan baku dalam banyak kosmetik kecantikan, aloe vera ternyata juga dapat menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari.

Karena aloe vera adalah tanaman obat tropis yang telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati kondisi kulit, seperti luka dan luka bakar. Tanaman ini sangat efektif untuk meredakan luka bakar sehingga terkadang disebut sebagai “tanaman luka bakar”.

Inilah 7 manfaat aloe vera untuk menenangkan kulit yang terbakar sinar matahari:

ads by posciety

  1. Menyembuhkan luka bakar tingkat pertama dan kedua

Ada cukup banyak penelitian yang menunjukkan bahwa gel bening yang mengisi daun tebal tanaman lidah buaya ini dapat digunakan untuk membantu proses penyembuhan kulit terbakar sinar matahari. Beberapa studi penelitian yang lebih tua telah menunjukkan bukti bahwa aloe vera bermanfaat dalam menyembuhkan luka bakar tingkat pertama hingga kedua, yang meliputi sengatan matahari ringan hingga sedang.

Untuk lebih jelasnya mengenai luka bakar, termasuk sengatan matahari, dapat diklasifikasikan berdasarkan tingkat keparahannya:

  • Luka bakar tingkat pertama hanya mengenai lapisan luar kulit dan menyebabkan nyeri ringan, kemerahan, dan bengkak.
  • Luka bakar tingkat dua menyebabkan kerusakan pada lapisan kulit yang lebih dalam dan menyebabkan kulit melepuh dan putih berkilau.
  • Luka bakar tingkat tiga menyebabkan kerusakan pada semua lapisan kulit.
  • Luka bakar tingkat empat merusak kulit dan mungkin melibatkan sendi dan tulang.

Penting untuk diingat: luka bakar tingkat tiga dan empat adalah keadaan darurat medis dan perlu dirawat di rumah sakit. Jangan mencoba mengobati luka bakar tingkat tiga dan empat dengan aloe vera di rumah, ya.

  1. Dalam studi yang lebih baru, senyawa dalam lidah buaya yang disebut aloin ditemukan sebagai zat yang bertanggung jawab atas manfaat anti-inflamasi tanaman. Lidah buaya juga dapat membantu melembabkan kulit dan mencegah pengelupasan yang terkadang terjadi pada kulit yang terbakar sinar matahari.
  2. Sunburn terjadi ketika radiasi ultraviolet (UV), baik dari matahari atau sumber buatan seperti tanning bed, merusak DNA di dalam sel-sel kulit. Sel-sel mati dalam proses yang dikenal sebagai apoptosis. Kematian sel yang cepat mengaktifkan sistem kekebalan untuk melepaskan protein inflamasi. Pembuluh darah melebar untuk meningkatkan aliran darah yang membawa sel-sel kekebalan ke kulit yang rusak. Proses inflamasi ini membuat kulit menjadi merah, iritasi, dan nyeri. Dengan mengoleskan aloe vera dapat mengurangi dampak kemerahan dan mengurangi rasa nyeri ini.
  3. Dalam sebuah penelitian kecil, para ilmuwan menemukan bahwa 97,5% gel aloe vera dapat mengurangi kemerahan pada kulit yang disebabkan oleh paparan sinar UV. Para peneliti juga menemukan bahwa aloe vera mungkin lebih efektif daripada petroleum jelly dan antibiotik sulfadiazin perak topikal dalam menyembuhkan luka bakar.
  4. Jika kamu ingin menggunakan produk aloe vera untuk meredakan gejala kulit terbakar, sebaiknya gunakan losion pelembab yang mengandung aloe vera. Karena melembabkan kulit secara keseluruhan dapat membantu penyembuhan. Jika menggunakan gel aloe vera, hindari yang mengandung alkohol karena dapat mengeringkan kulit yang lembut.
  5. Selain menenangkan, sifat anti-inflamasi, aloe vera juga digunakan untuk meringankan luka, radang dingin, dermatitis, gangguan kulit, dan luka bakar akibat terapi radiasi.
  6. Menenangkan kulit yang terbakar memang kegunaan aloe vera yang paling banyak dikenal, selain membantu mendinginkan kulit, tanaman ini juga dapat membantu menyembuhkan lepuh kulit yang terbakar sinar matahari jika diaplikasikan sebelum berkembang.

Selanjutnya, apakah aloe vera dapat menyebabkan alergi pada kulit? Ada kemungkinan kecil mengalami reaksi alergi terhadap aloe vera atau bahan lain yang digunakan dalam lotion atau gel aloe vera. Secara umum, kamu beresiko lebih tinggi mengalami reaksi alergi terhadap aloe vera jika kamu juga alergi terhadap bawang putih, bawang merah, atau tulip.

Karena itu, sebelum kamu mengaplikasikan aloe vera ke area kulit yang lebih luas, lakukan uji alregi di sebagian area kecil di kulitmu dan tunggu satu atau dua jam untuk melihat apakah kulitmu mengalami reaksi. Jika ternyata kamu memiliki reaksi alergi terhadap aloe vera, hentikan penggunaan segera.

Meskipun aloe vera dapat membantu menenangkan kulitmu setelah mengalami luka bakar, perlu diingat bahwa sengatan matahari menyebabkan kerusakan besar pada kulit dan DNA-mu. Karena mencegah sengatan matahari tetap lebih penting. Saat kamu pergi ke luar ruangan yang terpapar sinar matahari yang kuat (di siang hari), ingatlah untuk melindungi kulitmu dengan tabir surya, topi, kacamata hitam, dan pakaian, dan tetap berada di tempat teduh jika memungkinkan.

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya