Sereh Adalah Kolesterol Sehat, Berikut Ini 7 Manfaat Daun Sereh Bagi Kesehatan Tubuh

Serai atau yang biasa disebut daun sereh merupakan tumbuhan anggota suku rumput-rumputan yang umumnya dimanfaatkan sebagai bumbu dapur untuk mengharumkan makanan atau masakan. Secara umum, sereh dibagi menjadi 2 jenis yaitu sereh dapur (lemongrass) dan sereh wangi (sitronella), kedua sereh tersebut memiliki aroma yang berbeda.

Serai atau sereh merupakan tanaman herbal dari keluarga rumput Poaceae, tanaman ini berasal dari daerah tropis Asia. Tanaman sereh ini berbatang kasar, berumbai dengan daun tengah yang tumbuh pada tandan yang tebal juga tumbuh dengan tandan serta tingginya sekitar 3 meter.

Selain digunakan sebagai bumbu dapur, serai atau sereh memiliki banyak kandungan yang bermanfaat untuk tubuh. Kandungan yang ada pada serai atau sereh diantaranya; minyak atsiri yang terdiri dari sitronelol, a-pinen, sitrat, kamfen, sabinen, mirsen, felandren beta, p-simen, limonen, terpinol, geraniol, borneol, farnesol, metilheptenon, geranilformat, dan lainnya.

Manfaat Serai  

  • Sebagai Detoksifikasi

Serai atau sereh bermanfaat begai detoksifikasi, karena sifat diuretiknya. Detoksifikasi akan membantu kelancaran fungsi pada berbagai organ dalam tubuh, termasuk hati dan ginjal serta akan membantu menurunkan kadar asam urat.

  • Sebagai Aromatherapy

Kandungan senyawa sehat yang terdapat pada sereh seperti nerol, sitronelol, myrcene, dan metil heptenone mempunyai sofat insektisida, anti-jamur dan antiseptik sehingga dapat digunakan sebagai aromatherapy karena adanya efek terapeutik yang dapat membantu menyegarkan tubuh dan juga merevitalisasi.

  • Menurunkan Berat Badan

Citral yang terkandung dalam serai atau sereh efektif mencegah akumulasi lemak yang ada di dalam perut dan mempromosikan pengguanaan energi yang tersimpan sehingga efektif untuk menurunkan berat badan.

  • Membantu Mengobati Diabetes Tipe 2

Penelitian telah menunjukkan bahwa serai atau sereh dapat membantu menjaga tingkat insulin dan meningkatkan toleransi glukosa darah dalam tubuh, sehingga bermanfaat untuk membantu mengobati diabetes tipe 2.

  • Sebagai Kolesterol Sehat

Sifat anti-hiperlipidema dan hiperkolesterolemia pada sereh atau serai menduking kadar kolesterol yang sehat, penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi serai atau sereh dengan rutin akan memberikan haril signifikan dalam mempertahankan tingkat sehat trigliserida dan mengurangi kolesterol LDL dalam tubuh.

  • Mengatasi Insomnia

Serai atau sereh bermanfaat untuk menenangkan otot dan juga saraf, sehingga dapat membantu untuk mendorong agar tidur nyenyak.

  • Mengurangi Hingga Mencegah Infeksi

Sifat antiseptik pada serai atau sereh ini bermanfaat untuk mengurangi hingga mencegah terjadinya infeksi, efektif mengobati luka, kurap, infeksi saluran kemih dan infeksi lainnya.

tunggu sebentar...

POS Lainnya:
trackback
Berikut Ini Beberapa Makanan yang Dapat Membantu Turunkan Kolesterol

[…] mengurangi kandungan lemak jahat karena memiliki serat yang cukup baik. Kandungan seratnya dapat menyerap kolestrol yang ada di dalam aliran […]

trackback
7 Manfaat Bawang Putih, Diantaranya Dapat Cegah Kolesterol

[…] didalam tubuh seseorang. Dengan cara mengkonsumsi bawang putih 600mg bawang putih setiap hari dapat mengurangi kolesterol seseorang secara drastis. Bawang putih juga dapat mengurangi lemak dan dapat menurunkan 12% jumlah […]

trackback
7 Manfaat Buah Zuriat, Terutama Meningkatkan Kesuburan

[…] Kandungan vitamin C yang tinggi yang ada dalam buah zuriat bermanfaat untuk melindungi dan membunuh kuman-kuman yang dapat menyerang kesehatan tubuh. […]

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi