7 Manfaat Tomat, Ternyata Dapat Stabilkan Irama Jantung

Tomat (Solanum lycopersicum syn. Lycopersicum esculentum) dalam bahasa Inggris disebut Tomato merupakan tumbuhan dari keluarga Solanaceae, asli Amerika Tengah dan Amerika Selatan, dari Meksiko sampai Peru. Kata “tomat” berasal dari kata dalam bahasa Nahuatl, tomatl (diucapkan: to.mat).

Tomat adalah tumbuhan yang memiliki siklus singkat, tanaman tomat dapat tumbuh tingginya sekitar 1 sampai 3 meter. Tumbuhan tomat memiliki buah yang berwarna hijau, kuning, dan merah. Tomat mempunyai batang dan daun yang tidak bisa dikonsumsi, karena batang dan daun tomat masih sekeluarga dengan terung dan kentang yang mengandung Alkoloid, sehingga tidak bisa dikonsumsi.

Tomat mengandung nutrisi yang tinggi yaitu beberapa antioksidan seperti vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, vitamin B1 (Thiamine), vitamin B2 (Riboflavin), vitamn B3 (Niacin), vitamin B5 (Panthothenic acid), vitamin B6 (Pyridoxine), vitamin B9 (Folat), vitamin B12, Cholin, zat besi, Zinc, Sodium, Likopen, Kalium/Potasium, Beta-Karoten, Naringenin, dan Asam Glorogenik. Nutrisi yang terkandung dalam tomat tentunya sangat bermanfaat bagi tubuh, berikut adalah manfaat tomat untuk kesehatan.

Manfaat Tomat  

  • Mengatasi stomatitis

Vitamin C tinggi yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk mengatasi stomatitis atau sariawan.

  • Kesehatan kulit

Likopen dan vitamin C yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk mencegah jaringan yang rusak akibat sinar matahari dan sinar UV serta mencegah kulit keriput dan juga kulit kendur, sehingga tomat ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

  • Membantu menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A pada tomat bermanfat untuk membantu menjaga kesehatan mata, antioksidan dapat menangkal radikal bebas dan mencegah terjadinya rabun senja serta degenerasi pada mata.

  • Melancarkan sistem pencernaan

Serat yang terkandung dalam tomat bermanfaat untuk membantu merangsang gerakan peristaltik dalam otot pencernaan dan melepas cairan lambung sehingga meningkatkan kesehatan pada pencernaan secara menyeluruh.

  • Untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah

Kandungan kalium dan kandungan likopen yang ada dalam tomat efektif untuk menurunkan kadar kolesterol buruk (LDL) dan juga bermanfaat untuk menjaga kestabilan irama pada jantung.

  • Membantu menjaga berat badan

Tomat mengandung rendah kalori, karbohidrat, lemak, tetapi tinggi nutrisi yang lain sehingga bermanfaat untuk membantu menjaga berat badan.

  • Menjaga kesehatan tulang

Likopen yang terkandung dalam tomat selain bermanfaat untuk menjaga kesehatan pada jantung juga bermanfaat untuk menjaga kesetan tulang, seperti untuk menegah perkembangan osteoporosis.

Loading...

POS Lainnya:
Komentar
Memuat...

Situs ini menggunakan Cookie untuk meningkatkan pengalaman setiap pengunjung SETUJU & TUTUP Lihat Privasi