7 Skill Freelance yang Paling Banyak Dicari di 2021

Apakah kamu tertarik dengan pekerjaan Freelance? Ini adalah jenis pekerjaan yang tidak terikat waktu dan tempat, namun tetap dapat menambah uang sakumu. Untuk itu, kamu perlu tahu apa saja keterampilan freelance apa yang paling diminati saat ini. Freelancing merupakan salah satu ide bisnis sampingan tercepat untuk memulai, dan salah satu segmen pekerjaan dengan pertumbuhan tercepat, terutama di Amerika.

Tetapi jika kamu tidak memiliki keterampilan yang dapat langsung menjadi freelancer, mungkin ini akan membuat frustasi untuk mengetahui dari mana harus memulainya. Kabar baiknya adalah kamu memiliki kemampuan untuk mempelajari keterampilan baru! Dan dengan kamu mempelajari keterampilan baru, itu mungkin juga sesuatu yang akan membayarmu dengan baik, bukan?

Nah, berikut ini adalah 7 skill freelance yang paling banyak dicari di 2021:

1. Pembuatan dan Pengeditan Video

Tidak diragukan lagi, sebagai bentuk pemasaran konten, video sedang sangat meningkat. Tahukah kamu, bahwa orang-orang menghabiskan 2,6 kali lebih banyak waktu di situs dengan menonton video.

Karena semakin banyak bisnis yang menyadari nilai video untuk mendorong penjualan, permintaan akan skill ini diperkirakan terus meningkat.

Kamu mungkin sudah menjadi konsumen dari konten video, dan jika kamu tertarik untuk membantu bisnis dan brand untuk membuat video hebat, ini adalah keterampilan lepas yang bagus untuk dipelajari. Plus, ini adalah kesempatan untuk melatih kreativitas di arena yang berkembang pesat.

2. Penulis

Ketahuilah fakta ini, setiap situs web membutuhkan konten—dan penulis lepas siap memenuhi kebutuhan itu!

Kabar baiknya adalah kamj mungkin sudah tahu cara menulis, jadi kamu tidak memulai dari awal di pekerjaan ini. Namun, ada keterampilan tertentu untuk menulis konten online yang disukai pembaca dan mesin pencari.

Karena ini adalah industri yang sangat luas, mungkin akan lebih baik untuk “mencermati” jenis klien tertentu, atau jenis tulisan tertentu yang kamu kuasai.

Seperti yang kamu lihat dari data Google Trends berikut ini, ada lonjakan permintaan di tahun 2020.

img: sidehustlenation

3. Jasa SEO

SEO (search angine optimization atau optimasi mesin pencari) dilakukan denhan mengembangkan proses strategis di sekitarnya. Seorang yang ahli dalam SEO akan tahu bagaimana cara membuat konten yang berperingkat baik di Google. (Meskipun algoritmanya terus berkembang).

Secara alami, setiap bisnis di dunia ingin berada di puncak hasil pencarian untuk kata kunci target mereka, yang berarti permintaan bantuan SEO yang selalu meningkat. Dan karena hasil teratas itu bisa berarti uang yang serius, ini adalah keterampilan lepas yang dapat membayarmu dengan sangat baik.

4. Desain Grafis

Desain grafis adalah keahlian yang dapat digunakan dalam berbagai proyek. Ini termasuk membuat visual untuk konten blog, gambar media sosial, desain situs web, dan pembuatan infografis, dan banyak lagi.

Jenis pekerjaan ini paling cocok untuk orang-orang artistik yang memiliki perhatian besar terhadap detail.

Di bidang pekerjaan ini, klien tidak akan terlalu peduli dengan riwayat pekerjaanmu seperti halnya portofoliomu. Lakukan beberapa pekerjaanmu sendiri dan publikasikan di situs web portofolio seperti Dribbble atau UpWork sehingga kamu dapat menunjukkan kepada klien potensial bahwa kamu menguasai skill ini.

Kita adalah makhluk visual, dan desainer yang telah membuat banyak gambar dan iklan yang mengisi feed media sosial kita setiap hari. Perusahaan terus berinvestasi dalam desain yang menarik, dan industri desain diproyeksikan tumbuh 3% setiap tahun selama beberapa tahun ke depan.

5. Pengembangan web

Pengembangan web atau web development sangat diminati saat ini dan akan terus berlanjut selama orang memiliki situs web. Faktanya, ada bukti kuat bahwa pengembang web tidak cukup untuk memenuhi permintaan yang ada.

Jadi, jika kamu menyukai pekerjaan teknis dan pemecahan masalah, skill freelance yang satu ini mungkin cocok untukmu.

6. Pemasaran Media Sosial

Dengan rata-rata pengguna Internet menghabiskan lebih dari 2 jam sehari di media sosial, tidak heran banyak bisnis menginvestasikan sumber daya mereka untuk memakai jasa pemasaran media sosial.

Jika kamu kecanduan Facebook, Twitter, Pinterest, LinkedIn, Instagram, Tiktok, atau apapun aplikasi populer lainnya, kamu sudah setengah jalan ke sana. Sekarang tiketnya adalah untuk membantu bisnis dan brand menumbuhkan audience dan penjualan mereka melalui saluran ini. Pelajari bagaimana caranya, maka kamu akan dapat menghasilkan uang tambahan.

7. Asisten Virtual

Asisten virtual adalah profesional administrasi jarak jauh yang membantu bisnis dengan berbagai tugas.

Banyak yang memakai jasa asisten virtual untuk menyelesaikan proyek penelitian, menjalankan laporan mingguan, memformat konten situs web, dan banyak lagi. Para klien juga menyewa asisten virtual untuk membantu menjalankan kampanye iklan dan mengelola live-chat dengan pelanggan.

Permintaan akan asisten virtual siap untuk bertumbuh dalam dekade mendatang karena lebih banyak perusahaan membuka kesempatan untuk pekerjaan jarak jauh. Sudah ada jutaan profesional administrasi, seperti di Amerika, dan jenis pekerjaan ini dapat digunakan oleh hampir semua bisnis di seluruh dunia.

Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mulai mempelajari salah satu skill freelance yang paling banyak diminati ini? Dan jika kamu sudah berpengalaman, apakah ada perubahan dari permintaan skill freelance sekarang ini? Silahkan tulis di komentar, semoga bermanfaat!

FreelanceKerja
Komentar (0)
Tambah Komentar