7 Suplemen Terbaik untuk Wanita Menurut Para Ahli

0

Saat keseharian menjadi lebih sibuk, kadang tidak punya waktu untuk mendapatkan semua nutrisi yang dibutuhkan oleh wanita. Atau dalam hal lain, kita mungkin suka memilih makanan atau memiliki batasan makanan yang menghalangi kita untuk mendapatkan semua vitamin dan nutrisi yang direkomendasikan yang secara alami ditemukan dalam makanan tertentu. Bagi mereka yang asupan makanannya dibatasi oleh diet atau waktu, kami melansir EatThis yang membahasnya dengan ahli diet Amanda Sevilla, RDN, dan Lauren Hoover, RD, untuk mengetahui apa saja jenis suplemen terbaik untuk wanita.

Jika kamu ingin tahu lebih banyak tips tentang suplemen mana yang direkomendasikan saat ini, teruslah membaca 7 suplemen terbaik untuk wanita, menurut ahli:

1. Omega-3 DHA

ads by posciety

img: medicalnewstoday.com

Omega-3 DHA (docosahexaenoic acid) adalah asam lemak yang bisa kamu dapatkan dari beberapa jenis ikan berminyak. Menurut Sevilla, omega-3 DHA adalah “sangat penting untuk kesehatan jantung, serta kesehatan otak.” Ada banyak penelitian di luar sana yang mendukung hal ini juga, terutama dalam hal mencegah penyakit kardiovaskular dan menunda gejala penyakit Alzheimer.

Menurut Klinik Cleveland, omega-3 DHA tidak hanya membantu mengurangi resiko penyakit kardiovaskular, tetapi juga menurunkan risiko kematian jika kamu telah didiagnosis menderita penyakit jenis ini. Bagi ibu hamil, mengonsumsi suplemen omega-3 DHA juga telah diketahui dapat meningkatkan kesehatan janin.

2. Protein

img: everydayeasyeats.com

Bagi wanita, mendapatkan protein yang cukup sepanjang hari sangat penting untuk kesehatan secara keseluruhan. “Wanita sering tidak mengkonsumsi protein yang optimal untuk kebutuhan mereka,” kata Hoover, “dan untuk beberapa wanita, sulit untuk mencapai asupan protein yang murni dari sumber makanan secara optimal. Jika kita tidak mendapatkan cukup protein dalam makanan kita sehari-hari, kita mungkin mengalami efek negatif seperti penipisan rambut, kehilangan massa otot, dan sistem kekebalan yang melemah.”

Hoover merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen protein jika kamu merasa tidak mendapatkan makanan yang cukup protein. “Memasukkan suplemen protein, dalam bentuk shake atau bubuk siap minum, bisa menjadi cara yang nyaman untuk mendapatkan protein ekstra dalam makanan,” kata Hoover.

3. Folat

img: id.theasianperant.com

Jika kamu belum pernah mencoba mengonsumsi suplemen folat, kamu mungkin ingin mencobanya. “Folat adalah vitamin B yang sering direkomendasikan untuk suplemen prenatal,” kata Sevilla, “dan asupan folat yang cukup, penting untuk pengembangan sistem saraf yang sempurna untuk bayi dan perkembangan tabung saraf.”

Tidak hanya itu, The National Institutes of Health mengatakan bahwa folat sangat penting bagi wanita di usia subur, bahkan jika mereka tidak hamil. Suplemen ini dapat membantu mengurangi peradangan, menurunkan resiko penyakit kardiovaskular dan stroke, membantu menunda gejala Alzheimer, dan bahkan melawan depresi.

4. Magnesium

img: bulletproof.com

Magnesium dapat ditemukan dalam gandum, biji-bijian, dan berbagai jenis kacang-kacangan. Jika kamu tidak sering mengonsumsi makanan kaya magnesium, mungkin ada baiknya kamu mencoba menambahkan dengan suplemen. Menurut Sevilla, magnesium membantu tubuh kita dengan kontraksi otot. “Magnesium tidak hanya direkomendasikan untuk atlet, tetapi juga untuk wanita pra-menopause karena dapat membantu (mengatasi) kram,” kata Sevilla.

Penelitian juga menunjukkan bahwa selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, magnesium juga dapat membantu kesehatan mental kita. Sebuah studi tahun 2013 di Pharmacological Reports mengungkapkan bahwa magnesium dapat membantu pasien yang didiagnosis depresi, biasanya suplemen ini diberikan bersama antidepresan.

5. Kalsium

img: americanbonehealth.com

Kalsium adalah bagian penting dari diet kita, terutama seiring bertambahnya usia. “Saya merekomendasikan suplemen (kalsium) untuk wanita yang lebih tua untuk membantu mencegah keropos tulang terkait usia,” kata Hoover. Kalsium tidak hanya membantu menjaga kesehatan tulang, tetapi juga membantu menjaga kesehatan saraf dan otot kita.

Menurut Mayo Clinic, wanita antara usia 19-50 tahun direkomendasikan untuk mendapatkan setidaknya 1.000 miligram kalsium setiap hari, dengan 1.200 miligram untuk wanita di atas usia 50 tahun. Untuk wanita yang tidak toleran laktosa, vegan, atau tidak menyukai produk dairy, mendapatkan kalsium sebanyak ini dalam sehari bisa lebih sulit. Jika kamu mengalaminya, cobalah beberapa suplemen kalsium yang berbeda untuk dikonsumsi.

6. Vitamin D

img: newscientist.com

Berbicara tentang kesehatan tulang, vitamin D adalah suplemen penting lainnya bagi para wanita. “Wanita lebih beresiko patah tulang, terutama pasca-menopause karena estrogen adalah bagian penting dari kesehatan tulang,” kata Sevilla, “dan suplemen vitamin D dapat membantu memperkuat tulang kita.”

Penelitian masih dilakukan untuk mempelajari lebih banyak lagi manfaat mengonsumsi vitamin D, tetapi penelitian telah membuktikan bahwa vitamin D dapat membantu fungsi kekebalan tubuh, pencegahan beberapa jenis kanker, dan menjaga kehamilan yang sehat. Tidak hanya itu, vitamin D juga dapat membantu meredakan depresi, terutama jika penderita depresi hanya mendapatkan sedikit sinar matahari. Jadi, pastikan kamu mendapatkan asupan Vitamin D yang cukup.

7. Multivitamin

img: aladokter.com

Tidak banyak alasan untuk mengabaikan manfaat multivitamin yang terpercaya, terutama bagi wanita. “Carilah multivitamin yang mencakup vitamin C, kalsium, zat besi, magnesium, dan potasium,” kata Hoover, “dan cari juga mikronutrien esensial, seperti thiamin, riboflavin, niacin, B6, B12, folat, selenium, beta-karoten, vitamin E, K dan D.”

Harvard Health merekomendasikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengonsumsi multivitamin untuk menentukan kombinasi suplemen mana yang terbaik untuk kesehatanmu. Ada vitamin tertentu yang mungkin kamu butuhkan secara pribadi lebih dari yang lain, terutama tergantung pada tahap kehidupanmu. Misalnya, wanita yang belum dan sudah menopause mungkin memerlukan vitamin yang berbeda. “Jika Anda pra-menopause, carilah multivitamin yang mengandung zat besi dalam jumlah yang lebih tinggi,” kata Hoover.

Sekarang, kita telah mengetahui 7 suplemen terbaik untuk wanita, menurut ahli. Ada yang manfaatnya untuk kesehatan tulang, otot, memelihara kesuburan, hingga dapat meningkatkan kesehatan janin bagi wanita hamil. Sebagai catatan, jangan lupa mengkonsultasikan dengan dokter terlebih dulu mana jenis suplemen yang kamu butuhkan. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya