7 Tips Desain Ruangan Agar Kamu Menjadi Lebih Produktif

0

Bangun, bersiap-siap, membuat kopi dan pergi untuk melakukan pekerjaan di rumahmu sendiri. Kedengarannya seperti surga, bukan? Tidak diragukan lagi, ada keuntungan untuk bekerja dari rumah. Diantaranya, tidak menghabiskan waktu di perjalanan, tentunya gangguan yang jauh lebih sedikit, dan kontrol yang lebih besar atas lingkungan kerjamu. Tapi itu juga memerlukan strategi agar kamu dapat bekerja dengan cara yang paling efisien, dan bagaimana ruang kerja mu dapat membantunya.

Melansir dari Times of San Diego, mungkin sebagian besar dari kita akan memilih kantor terpisah daripada kombinasi kamar tidur dengan ruang kerja. Tetapi ketika itu tidak memungkinkan, menciptakan ruang kerja khusus di kamar tidur bisa menjadi solusi terbaiknya. Agar menjadi produktif di lingkungan sekondusif mungkin, maka diperlukan perencanaan. Untuk itu, inilah 7 tips desain ruangan agar menjadi lebih produktif:

1. Meja Menghadap ke Luar

ads by posciety

img: indofurnia.com

Menghadapkan meja kerjamu ke dinding atau jendela adalah langkah yang cerdas. Dengan memunggungi tempat tidur, maka kamu tidak akan terlalu terganggu oleh pikiran tentang tidur nyenyak ketika kamu sedang bekerja.

Meja trestle terlihat cantik dan bagus untuk ruang yang luas, meski tidak memiliki penyimpanan yang sama seperti kebanyakan meja lainnya. Jika sebagian besar pekerjaan dan dokumenmu itu online, maka kamu mungkin tidak memerlukan banyak penyimpanan dan cocok dengan meja seperti ini.

2. Tempatkan Kursi dengan Benar

img: dekoruma.com

Kursi yang kamu duduki saat bekerja membuat perbedaan besar bagi kesehatan dan kenyamanan dirimu. Jika kamu tidak berencana menggunakan kursi terlalu sering, kamu akan memiliki lebih banyak ruang untuk estetika sebagai perhatian utama. Dengan kata lain, kamu mungkin ingin menggunakan kursi yang mendukung dan nyaman, dan menyukai kursi dari variasi ergonomis yang dirancang dengan baik.

3. Pisahkan Area

img: apartmenttherapy.com

Penting untuk menjaga perbedaan antara area kerja dan area relaksasi. Jika kamu memiliki ruangan, menjaga jarak fisik antara tempat tidur dan meja adalah solusi termudah.

Ada juga strategi yang dapat kamu gunakan untuk membuat perbedaan antara bekerja dan beristirahat. Ini semua tergantung mana paling cocok untukmu, tetapi menjaga waktu kapan mulai bekerja dan selesainya secara teratur dapat membantu, seperti menghindari membuka email setelah jam kerja agar beristirahat lebih efektif. Menggunakan tirai atau layar adalah cara lain yang efektif untuk memisahkan area kerja dan ruang tidur.

4. Gunakan Furnitur Serbaguna

img: invisionapp.com

Jika kamu bekerja dengan ruang yang sangat terbatas, kamu mungkin ingin menggunakan meja kerja berdampingan dengan tempat tidur. Namun, ini bisa beresiko dalam hal penggabungan dua bagian hidupmu; waktu bekerja dan waktu istirahat. Hal-hal kecil yang dapat kamu lakukan untuk membantu termasuk menutup laptop atau mematikan komputer ketika kamu sudah selesai, dan membereskan semua kertas dan item yang berhubungan dengan pekerjaan sampai kamu menggunakannya sebagai ruang kerja lagi. Cara lain, yaitu dapat penggunaan papan gabus sebagai papan inspirasi juga, lalu kamu bisa menghapusnya setelah selesai.

5. Dekorasi dengan Sesuai

img: designideaguides.com

Meskipun tujuanmu mungkin untuk memisahkan kedua area tersebut, faktanya ruang kerjamu akan berdampak pada nuansa dan estetika kamar tidurmu. Karena itu, memilih meja dan kursi yang tidak terlalu kontras dengan bagian ruangan lainnya akan membantu menciptakan rasa kohesi atau menciptakan rasa kesatuan dengan estetika.

Menyatukan warna dari sisa ruangan melalui seni yang ditempatkan di atas meja atau ornamen yang dipilih dengan cermat akan membantunya menyatukan aliran ruangan. Ini juga akan membantu memberikan semangat dan inspirasi di lingkungan kerjamu.

6. Ruang Penyimpanan yang Memadai

img: pinterest.com

Pastikan kamu memiliki penyimpanan yang cukup. Jumlah file kertas, alat tulis, dan bagian terkait pekerjaan lainnya yang kamu butuhkan jelas akan bergantung pada jenis pekerjaan yang kamu lakukan. Jika kamu ingin tampil minimalis, kamu dapat memindai semua dokumen penting ke komputer dan membuang dokumen aslinya (hanya setelah kamu mencadangkan—ke beberapa lokasi). Jika semua dokumen itu tidak dapat dihindari, miliki kombinasi rak dan penyimpanan file untuk menjaga semuanya agar tetap teratur dan mudah ditemukan.

7. Pencahayaan yang Baik

img: quickenloans.com

Tidak ada yang lebih melemahkan semangat daripada mencoba bekerja di ruang yang gelap, atau ruang dengan lampu neon. Pencahayaan yang tepat penting untuk mata, produktivitas, dan etika bekerja. Jika ada jendela di kamar tidurmu, letakkan meja kerjamu di dekatnya dan manfaatkan cahaya alami yang indah dengan membiarkan tirai terbuka penuh, atau setengah terbuka jika terlalu silau.

Jika tidak ada jendela, pilih lampu overhead yang terang namun hangat, lampu meja, atau keduanya. Kamu sebaiknya menghindari pencahayaan yang menyebabkan silau pada layar komputermu. Pencahayaan dari belakang layar bisa menjadi salah satu cara untuk menghindari silau.


Nah, itu dia 7 tips ruangan agar menjadi lebih produktif, khususnya bagi kamu yang bekerja dari rumah. Apakah ada dari tips diatas yang telah kamu lakukan untuk ruang kerjamu? Atau adakah tips lain yang kamu rekomendasikan? Tulis di komentar, ya. Semoga bermanfaat!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya