7 Tips untuk Menjadikan CV Kamu Lebih Bernilai

0

Memiliki CV atau resume yang bagus adalah salah satu dari beberapa hal penting yang akan meningkatkan peluangmu untuk dipilih dalam perekrutan. Dengan meningkatnya jumlah lulusan, persaingan untuk banyak posisi pekerjaan juga meningkat secara drastis. Jadi memiliki CV dan profil berkualitas tinggi adalah yang paling penting.

Sekarang ini, banyak alat dan program aplikasi online memiliki berbagai template dan format yang dapat disesuaikan dengan keperluanmu. Namun tidak peduli berapa banyak format yang ada, mungkin ada beberapa value yang perlu disebutkan secara umum di CV terbaik (walaupun susunannya bervariasi).

Jadi, dikutip dari GeeksForGeeks, inilah 7 cara untuk menambah value di CV kamu yang akan membuatnya jauh lebih berharga.

ads by posciety

1. Sertifikasi Online

Sertifikasi online ditawarkan oleh sejumlah besar platform kursus saat ini. Meski beberapa dari situs itu berbayar, tetapi ada beberapa yang lain ditawarkan secara gratis. Berdasarkan zona nyaman atau bidangmu, kamu dapat memilih beberapa kursus online yang relevan yang akan membantumu menunjukkan keterampilan terbaikmu atau keterampilan yang kamu sukai.

Sekalipun kamu harus memilikinya, penting juga agar kamu tidak memiliki sertifikasi online terlalu banyak. Biasanya dianjurkan memiliki 4 sertifikasi online untuk jumlah maksimum. Memiliki terlalu banyak sertifikat online tidak hanya mengurangi ruang yang tersisa untuk mengisi hal lainnya di CV-mu, tetapi juga meningkatkan keraguan dalam pikiranmu soal percaya diri untuk dapat menampilkan setiap keterampilan yang disebutkan dalam sertifikasi tersebut.

Karena itu, pilih saja sertifikat yang kamu minati dan kamu merasa cukup percaya diri untuk menunjukkan keterampilan yang kamu capai.

2. Keterampilan Khusus Pekerjaan

Ada banyak keterampilan yang dimiliki oleh semua pelamar dan ada keterampilan lain yang disebutkan secara khusus untuk pekerjaan tertentu. Ini adalah keterampilan khusus pekerjaan dan memiliki kemampuan setidaknya sedikit di bidang pekerjaan itu mungkin cukup untuk meningkatkan peluangmu untuk lolos.

Jadi selalu baca kualifikasi yang dibutuhkan untuk pekerjaan itu secara menyeluruh dan lengkap. Cobalah untuk menganalisis keterampilan umum dan yang khusus. Selanjutnya adalah memilah keterampilan khusus tersebut berdasarkan kemampuan yang kamu yakin miliki dengan percaya diri. Setelah membuat analisis itu, tulislah keterampilan itu di CV-mu.

3. Pengalaman Kerja

Sekarang, ini adalah salah satu bagian yang banyak dari kita sebagai mahasiswa baru ingin mengosongkannya. Namun dalam banyak kasus, bagian yang satu ini ternyata bisa menjadi penyelamat. Jadi kamu tidak boleh membiarkan bagian ini kosong.

Ada banyak kesempatan untuk mendapatkan pengalaman kerja dan akhirnya kamu dapat mengisi bidang ini. Peluang itu tersedia baik online maupun offline. Peluang offline mungkin menjadi sukarelawan di organisasi nirlaba, mengikuti magang jangka pendek, menjadi anggota aktif badan siswa, dan lain-lain. Sedangkan peluang online mencakup konten pendidikan sukarela di situs seperti GitHub dan IEEE, Magang Digital, menyelesaikan proyek, dan lain-lain.

Jadi, pastikan kamu memanfaatkan salah satu peluang tersebut untuk mengisi bagian itu pada saat kamu melamar dan itu akan menyelesaikan langkah besarmu verikutnya untuk menambah nilai pada CV-mu.

4. Prestasi dan Penghargaan

Ini adalah salah satu bagian yang menarik untuk diisi dibandingkan dengan beberapa bagian lainnya. Prestasi dan Penghargaan tentu akan menunjukkan keahlianmu di tingkat yang berbeda. Ini telah menjadi salah satu cara terbaik untuk menunjukkan keahlianmu kepada calon pemberi kerja. Ketika kamu menunjukkan bakatmu sebagai sesuatu yang lebih baru, itulah caramu membuat kesan pertama yang sangat baik.

5. Keterampilan Kepemimpinan

Sekarang, ini adalah salah satu bagian langka di mana kamu dapat mengekspresikan dedikasi, semangat, dan keterampilan manajemenmu yang sangat diminati baik itu organisasi apa pun.

Ada banyak cara untuk menunjukkan dirimu sebagai pemimpin baru. Sebagai siswa, kamu dapat mengoordinasikan badan kemahasiswaan, duta perusahaan, memimpin acara seperti lokakarya, kontes, dan sebagainya untuk menetapkan dirimu sebagai seorang pemimpin. Disarankan untuk memanfaatkan setiap kesempatan untuk membuktikan kemampuan ini.

Menjadi sukarelawan juga merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan keterampilan kepemimpinanmu. Ada banyak organisasi mulai dari Google hingga TEDx yang menawarkan peluang menjadi sukarelawan. Jadi, cobalah untuk memanfaatkan setiap kesempatan yang melibatkan keterampilan kepemimpinanmu untuk membawa CV-mu ke tingkat berikutnya.

6. Profil LinkedIn

Ini telah menjadi senjata rahasia yang telah dimanfaatkan oleh banyak karyawan, fresh graduate, dan bahkan profesional. Sebuah platform yang telah mempengaruhi jutaan karyawan untuk beberapa waktu terakhir. Linkedin berbeda dalam banyak hal dari media sosial lain, tidak hanya dari konten yang disediakan tetapi juga kemudahan dalam menjaga hubungan dekat dengan suatu organisasi atau perusahaan.

Linkedin dapat digunakan untuk menerima pemberitahuan pekerjaan, berbicara dengan perekrut pekerjaan, mencari posisi, mendapatkan pemberitahuan untuk event, dan sebagainya. Ribuan pekerjaan diposting setiap hari.

Tapi inilah bagian pentingnya, membuat profil yang menonjol. Membuat profil yang menonjol di Linkedin akan menarik calon pemberi kerja untuk menemukan kandidat yang tepat untuk memberikan peluang karir. Jadi, buatlah profil dan memperbaruinya dengan detail terbaru dan membuatnya lengkap dan menonjol. Terakhir, tautkan itu di CV-mu.

7. Tiga P

Tiga P adalah proyek, publikasi, dan paten. Ini adalah beberapa cara paling penting dan sangat efektif untuk membuat dampak yang cepat. Tiga P mendemonstrasikan penerapan keterampilan yang diperoleh secara praktis. Dan pengetahuan praktis ini menjadi atribut nomor satu yang dinanti-nantikan oleh perusahaan mana-pun dalam diri pelamar atau pencari kerja.

  • P (Proyek). Ini sangat dinilai baik dalam perspektif online maupun offline. Banyak platform online menawakan tempat untuk mengunggah proyek semacam itu seperti Github, ini dianggap sebagai salah satu cara terbaik yang harus dilakukan. Kamu juga dapat menyimpan proyekmu secara online dan memberikan tautan langsung ke halaman di Linkedin.
  • P (Publikasi). Yang kedua ini relatif sulit untuk diisi. Sebuah publikasi melibatkan kegiatan seperti menulis makalah ilmiah atau jurnal dan mempublikasikannya di situs-situs seperti IEEE, CSI, Springer, IOSR, dan sebagainya, menulis blog di situs web resmi atau bahkan menerbitkan artikel.
  • P (Paten). Yang terakhir ini paling sulit untuk diisi. Paten adalah lisensi resmi untuk produk yang kamu miliki sendiri dan melarang orang lain untuk menggunakannya. Jadi jika kamu dapat mengisi ini maka itu berarti kamu berada jauh di depan banyak pelamar lain. Namun, dua P pertama tadi juga sama efektifnya dengan cara ini.

Oleh karena itu, tunjukkan keterampilan kepemimpinanmu serta keterampilan lain dan tunjukkan area di mana kamu telah menerapkannya. Pastikan bagian penting seperti pengalaman kerja, prestasi, dan penghargaan di CV-mu tidak kosong. Buatlah profil Linkedin yang bagus jika kamu belum melakukannya dan terakhir, coba isi salah satu dari tiga P tadi. Semoga berhasil!

Artikel Lainnya
Komentar

Email kamu tidak akan dibagikan kepada siapapun

Website ini menggunakan cookie untuk pengalaman yang lebih baik Setuju & Tutup Selengkapnya